Ssstt... Kamu Bisa Diterima Kerja dalam 30 Detik

Dinar | Senin, 17 Februari 2020 09:24
Ssstt... Kamu Bisa Diterima Kerja dalam 30 Detik

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Mau tahu caranya?

Dream - Saat melamar pekerjaan, curriculum vitae atau CV merupakan benda yang wajib kamu punya. Dokumen ini berisi informasi yang lengkap dari pelamar.

Mulai dari nama lengkap sampai pengalaman profesional harus ada di dalam CV.

Semua informasi penting itu harus dimasukkan ke dalam CV. Meskipun seharusnya dibuat terbatas, kamu sebaiknya bisa membuat CV semenarik mungkin dengan desain yang cocok. Dengan begitu, perekrut tak bingung membacanya.

Pada dasarnya, perekrut hanya memerlukan waktu 30 detik untuk membaca CV yang dikirimkan. Lalu, mereka memutuskan apakah kamu lolos ke babak selanjutnya atau tidak. Kalau CV yang dikirimkan memenuhi syarat, kamu akan diundang ke tahap selanjutnya.

Lantas apa saja yang harus dimasukkan ke dalam CV? Berikut ini adalah rinciannya, dikutip dari Merdeka.com, Senin 17 Februari 2020.

2 dari 6 halaman

Pekerjaan Terakhir dan Data

Pekerjaan Terakhir

Tuliskan singkat pekerjaan terbarumu di CV yang dikirimkan. Terutama, kalau yang terakhir ini sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perekut.

Setelah lolos ke tahap interview, ceritakan pengalaman di pekerjaan terakhir. Tekankan pada kontribusimu dalam pekerjaan tersebut dna pencapaiannya. Jangan lupa ceritakan secara singkat.

Data

Perekrut kurang mengerti gambaran yang telah dilakukan di pekerjaanmu yang lalu. Gambarkan dengan data atau angka.

Misalnya, saya bisa membuat produk A sebanyak 1.500 unit dalam dua bulan. Atau memproduksi video iklan berdurasi 3 menit dalam 2 minggu.

3 dari 6 halaman

Lamaran Singkat dan Padat

Sekarang posisikan kamu adalah perekrut apakah kamu bisa menerima informasi yang mendetail dari CVmu? CV yang singkat dan padat akan lebih menarik jika hanya dibuat dalam satu halaman saja.

Berbeda dengan orang yang sudah memiliki banyak pengalaman kerja atau sudah lama bekerja.

Secara teknis, format CV sebaiknya dikirimkan dengan format .pdf.

Jika kamu sudah membuat dengan format Words segera ubah dengan mesin pengubah format Words menjadi format .pdf.

4 dari 6 halaman

Bagaimana yang Belum Punya Pengalaman?

Jika belum pernah bekerja, kamu bisa menggantinya dengan latar belakang pendidikan dan soft skill atau ilmu non akademis yang sudah diraih.

Tak dipungkiri juga banyak perusahaan atau tempat kerja yang mencari calon karyawannya dari segi pendidikan.

Tidak menutup kemungkinan juga perusahaan yang mencari calon karyawan dari banyaknya pengalaman yang dimiliki oleh calon karyawan.

Selama masih ada waktu kamu bisa menambah kegiatan non-akademis yang menjadi favoritmu atau mendaftar untuk menjadi panitia suka rela yang dapat kamu kerjakan, tanpa mengharapkan gaji tapi harapkan untuk mendapat banyak pengalaman.

5 dari 6 halaman

Ingin CV Laris Dilirik Perusahaan? Kuasai 4 Software Digital Ini

Dream - Persaingan dunia kerja bagi para fresh graduate setiap tahunnya semakin ketat. Setiap kandidat sudah mempersiapkan diri dengan berbagai keahlian terutama kemampuan di bidang IT yang memang sedang digandrungi perusahaan.

Kamu yang sedang mencari kerja tentu tak bisa menguasai semua keahlian perangkat lunak dalam waktu singkat. Mengutip laman Karir.com, Rabu 12 Februari 2020, setidaknya kamu wajib menguasi empat software berikut ini untuk memikat perekrut.

Sofwarte pertama: data processing dan spreadsheet

Program yang biasa digunakan untuk tugas ini diantara Microsoft Excel, Google Sheets, R, dan masih banyak lagi pilihan software yang bisa kamu pilih. Menguasai software ini bisa menjadi sebuah keuntungan tersendiri.

Hampir semua pekerjaan yang ada saat ini menggunakan aplikasi pengolah data. Bisa dibilang dengan menguasai software ini sudah setengah menguasai pekerjaan yang akan dilakukan.

 

 Ingin CV Laris Dilirik Perusahaan? Kuasai 4 Software Digital Ini© Dream



Kedua, cloud computing

Kecanggihan perkembangan teknologi cloud computing menghadirkan beragam software yang bisa kamu nikmati. Salah satu yang bisa jadi pilihan adalah Google Suite. Layanan ini memberikan berbagai jenis layanan cloud untuk berbagai software, mulai dari dokumen sampai foto.

Dengan meningkatnya mobilitas pekerja saat ini, menggunakan Google Suites menjadi sebuah solusi agar kita bisa membagikan file dan pekerjaan dengan mudah. Cukup dengan membagikan akses kepada tim, maka hasil pekerjaan sudah bisa diketahui dengan cepat.

6 dari 6 halaman

Video dan Image Editor dan Periklanan

Ketiga, video dan image editor

Kebutuhan konten digital yang meningkat mengharuskan perusahaan mencari talenta berkualitas yang bisa mengoperasikan kedua jenis software ini. Software Adobe Photoshop dan Premiere menjadi pilihan terbaik dan termudah untuk digunakan.

Selain menggunakan kedua software diatas, kamu juga bisa menggunakan web platform seperti Canva atau Pixlr untuk mengedit foto dan gambar. Dengan menguasai kedua jenis software ini, kamu juga bisa memperluas keahlian di berbagai bidang digital seperti Content Strategist, Digital Marketing atau Freelance Graphic Design.

Kamu akan mendapat nilai plus jika mampu mengoperasikan peralatan kamera. Jadi tidak ada salahnya untuk mulai menguasai peralatan dan juga software-software tersebut.

Keempat, digital paid advertising.

Untuk menggunakan teknologi ini memang membutuhkan pengalaman dan modal yang tidak sedikit. Keahlian ini dijamin kamu bakal menjadi kandidat yang banyak dicari perusahaan.

Contoh aplikasi yang banyak digunakan untuk Digital Paid Advertising adalah Google Adwords dan juga Facebook Ads. Kebutuhan talent untuk kedua platform ini bisa dibilang cukup tinggi mengingat pemasaran digital di Indonesia terus berkembang beberapa tahun terakhir ini.

Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak
Join Dream.co.id