5 Cara Cerdas Dapat Modal Buat Bisnis Pemula

Dinar | Selasa, 16 Juni 2020 09:12
5 Cara Cerdas Dapat Modal Buat Bisnis Pemula

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Cara mana yang kamu banget?

Dream – Bagi seseorang yang ingin menekuni bisnis sendiri biasanya menunda impiannya tersebut saat berpikir masalah modal. Sering kali ada anggapan bisnis hanya bisa berjalan saat kamu berkantong tebal. 

Memulai bisnis memang membutuhkan dana. Mulai dari membeli barang-barang kebutuhan produksi, tes pasar, hingga membuat makanan tester untuk yang ingin membuka bisnis kuliner.

Lalu haruskan rencana memiliki bisnis sendiri dibatalkan karena modal yang cekak?

Mengutip laman lpdb.id, Selasa 16 Juni 2020, sebetulnya ada lima cara yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan pendanaan. Perrtama, cobalah meminjam dana “ IMF”. Eits IMF di sini bukan lembaga Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) yang memberi pinjaman ke negara-negara di dunia ya.

Istilah IMF di sini adalah Istri, Mertua, Family. Kamu bisa meminjam uang dari keluarga terdekat untuk memulai usaha.

Keluarga adalah cara termudah dalam mengakses modal. Jika kebetulan keluarga punya dana berlebih, tak ada salahnya menawarkan kerja sama dengan skema hasil yang menguntungkan.

2 dari 4 halaman

Dana Sahabat

Sama halnya dengan IMF, dana sahabat artinya kamu bisa meminjam modal dari teman. Kamu bisa dekati mereka dan utarakan maksudmu.

Tipsnya, jangan langsung mengutarakan kamu ingin meminjam, tetapi menjalin kerja sama sebuah bisnis. Jelaskan juga skema bisnis yang akan dilakulan tadi.

Dengan begitu, kemungkinan modal cair cukup besar.

3 dari 4 halaman

Lembaga Keuangan

Cara ini lazim dilakukan oleh pebisnis. Meminjam dana ke bank untuk mendapatkan modal mebawa risiko tersendiri.

Kamu harus serius dan disiplin dalam hal pembayaran. Terlambat sedikit, denda akibatnya. Jika mangkir membayar, kamu langsung di-blacklist dan tidak bisa meminjam modal di bank lain karena nama tercatat di Bank Indonesia.

Ada alternatif lain untuk mengakses dana selain bank, yakni lewat Lembaga Pengola Dana Bergulir KUMKM yang dikelola Kementerian Koperasi. LPDB KUMK menawarkan kemudahan proses aplikasi dan bunga yang relatif rendah. Untuk info lebih lengkap silakan kunjungi www.danabergulir.com.

4 dari 4 halaman

Jangan Lupa Pakai Dua Cara Ini Untuk Mulai Bisnis

Jual Franchise

Punya usaha bagus tetapi belum cukup modal? Kamu bisa menjualnya dengan sistem franchise. Kamu harus membuat konsep, proyeksi, manajemen, dan panduan opersional bisnis yang menarik agar bisnis mendapat bayak pembeli. Nah, jika modal sudah terkumpul, kamu bisa mengembangkan bisnis tersebut lebih besar lagi.

Jual Kreativitas

Kamu termasuk orang yang kreatif? Manfaatkan ini untuk menciptakan ide-ide bisnis yang belum terpikirkan oleh orang lain.

Dengan ide brilian, tidak menutup kemungkinan investor tertarik untuk memodali Anda menjalankan bisnis tersebut, atau membeli ide bisnis.

Join Dream.co.id