Cuma Duduk Bisa Dapat Penghasilan, Begini Triknya

Dinar | Jumat, 17 Januari 2020 10:12
Cuma Duduk Bisa Dapat Penghasilan, Begini Triknya

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Terlebih dahulu kamu harus pahami ilmua.

Dream - Tahun baru, resolusi baru, dan pencapaian baru. Tak sedikit orang memiliki resolusi baru pada tahun ini tentang pendapatan.

Salah satu harapan yang diinginkan hampir semua orang mungkin pendapatan bertambah tanpa perlu bekerja keras. Impiannya uang akan terus mengalir meski tak melakukan apa-apa.

Meski terdengar mustahil, ada sebetulnya solusi untuk mewujudkan impian tersebut. Tentu saja semua diawali dengan kerja keras. Tak mungkin dong uang datang begitu saja.

Dikutip dari laman Sikapi Uangmu, Kamis 17 Januari 2020, istilah uang datang sendiri tanpa bekerja sering disebut dengan pendapatan pasif. Agar bisa mendapatkan pemasukan tambahan ini, kamu perlu melakukan persiapan yang baik.  

Pendapatan pasif ini biasanya datang lewat beragam investasi yang kamu tanam. Salah satu yang sudah populer adalah berinvestasi saham, reksa dana, properti atau emas.

Mau coba cara yang lebih kekinian?

2 dari 6 halaman

Sudah Kenal Equity Crowd Funding?

Pada dasarnya equity crowdfunding hampir sama di pasar modal. Ada penerbit saham, penyelenggara urun dana, dan investor. Bedanya, penawaran saham di equity crowdfunding dilakukan oleh penerbit untuk menjual saham secara langsung kepada pemodal melalui sistem elektronik secara online. Kemudian, diberikan kucuran dana.

Penerbit adalah perusahaan rintisan atau UMKM dengan jumlah modal tak lebih dari Rp30 miliar. Perusahaan ini juga harus berbentuk perseroan terbatas (PT) dan bukan perusahaan yang dikendalikan, baik langsung maupun tidak langsung oleh suatu kelompok usaha atau konglomerasi. 

Pihak penerbit akan melakukan penawaran saham perusahaannya melalui penyelenggara layanan urun dana. Setelah itu, pemodal dapat membeli saham perusahaan yang saat itu ditawarkan. Penawaran saham setiap penerbit melalui layanan urun dana ini berbeda dengan penawaran umum yang sebagaimana tercantum di Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal.

Hal tersebut dikarenakan penawaran saham dilakukan melalui penyelenggara yang telah memperoleh izin dari OJK dan penawaran saham dilakukan dalam jangka waktu paling lama 12 bulan dengan total dana yang dihimpun melalui penawaran saham paling banyak Rp10 miliar.

Perbedaan lainnya, berdasarkan POJK Nomor 37/POJK.04/2018 tentang Layanan Urun Dana Melalui Penawaran Saham Berbasis Teknologi Informasi (Equity Crowdfunding), setiap pemodal yang penghasilan sampai dengan Rp500 Juta per tahun, memiliki batas maksimal investasi pemodal tersebut adalah 5 persen dari jumlah pendapatan per tahun.

Setiap pemodal dengan penghasilan lebih dari Rp500 Juta per tahun, maka batas maksimal investasi pemodal tersebut adalah 10 persen dari jumlah pendapatan per tahun.

3 dari 6 halaman

Harus Pintar-pintar Memilih

Jenis usaha penerbit bermacam-macam, kebanyakan adalah usaha yang ada di sekitar kita bahkan yang sering kita beli atau gunakan. Jadi harusnya lebih mudah untuk kita menganalisis pertumbuhan usaha tersebut, apakah menguntungkan atau tidak.

Jika menguntungkan tentu kamu berpeluang untuk mendapatkan dividen dari pertumbuhan perusahaan tersebut. Jadi, harus pintar-pintar menganalisis dan melihat peluang yang ada, ya, supaya keuntungan yang didapat bisa jadi passive income.

Ingat, investasi equity crowdfunding adalah investasi jangka panjang. Jangan lupa, pilihlah equity crowdfunding yang terdaftar di OJK. Hal ini bertujuan untuk melindungimu dari investasi bodong.

4 dari 6 halaman

Emas Sering Dijadikan Investasi Jangka Panjang, Ini Alasannya

Dream - Emas menjadi salah satu instrumen investasi yang sering dilirik masyarakat. Beberapa pertimbangan yang dipakai yaitu nilai yang cenderung stabil dan mudah dicairkan. 

Demikian halnya dalam ekonomi syariah. Emas kerap digunakan untuk menjaga nilai kekayaan. Manfaat emas dapat dirasakan dalam jangka panjang. 

 Emas Sering Dijadikan Investasi Jangka Panjang, Ini Alasannya © Dream

" Secara jangka pendek, belum tentu emas akan menguntungkan karena harga beli dan jual ada selisihnya. Namun, emas lebih cocok untuk investasi jangka panjang karena nilainya yang tahan inflasi dan cenderung naik," kata Kepala Divisi Inovasi Produk Keuangan Syariah Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS), Yosita Nur, dikutip dari Merdeka.com.

5 dari 6 halaman

Literasi Masyarakat terhadap Investasi Emas Diperlukan

Tetapi, diperlukan literasi yang cukup pada masyarakat sebelum berinvestasi emas. Salah satu manfaatnya, masyarakat bisa mengetahui tempat jual beli emas yang aman dan minim risiko.

“ Ini yang menjamin keamanannya dalam berinvestasi. Sebagai investor, kita harus tahu tempat jual beli emas yang aman dan minim risiko, bisa membedakan emas palsu atau tidak, dan legalitas tempat penjual emas,” kata dia.

Yosita mengapresi lembaga keuangan seperti PT Pegadaian (Persero) dan fintek yang meluncurkan produk-produk keuangan mempermudah masyarakat berinvestasi emas. Produk-produk tersebut memungkinkan masyarakat bisa memiliki emas tanpa menunggu punya banyak uang.

" Selama ini konsepnya kalau beli emas kan mahal, dan butuh tempat untuk menyimpan fisiknya. Dengan adanya fitur tabungan emas, kita bisa melihat harganya secara real time, masyarakat jadi bisa punya akses untuk investasi emas dan tidak perlu menunggu uang banyak terlebih dahulu," kata dia.

6 dari 6 halaman

5 Keuntungan Investasi Deposito, Nomor 3 Bikin Ngiler

Dream - Deposito masih menjadi salah satu produk investasi yang diminati masyarakat. Biasanya, produk perbankan ini dipilih karena memberikan keuntungan yang lebih besar dibandingkan tabungan. 

Nasabah juga memiliki despotio karena dianggap lebih aman karena dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Satu alasan lain adalah pemilik deposito harus patuh dengan jangka waktu pencairan yang sudah dipilihnya. 

Tak mengherankan jika deposito sering dijadikan cara awal untuk memulai belajar berinvestasi.

Sebetulnya banyak keuntungan lain dari deposito yang jarang diketahui publik. Mengutip laman Cek Aja, Jumat 22 November 2019, berikut lima keuntungan deposito yang perlu kamu ketahui.

 

 5 Keuntungan Investasi Deposito, Nomor 3 Bikin Ngiler © Dream

 

Pertama, deposito bisa diambil perorangan atau lembaga.

Deposito berjangka diterbitkan atas nama perorangan atau lembaga. Instrumen ini bisa diterbitkan dalam valuta asing.

Kedua, jangka waktunya bervariasi.

Kamu bisa memilih menyimpan deposito untuk jangka waktu 1, 2, 3, 6, 12, atau 18 bulan. Perlu diingat, deposito berjangka waktu ini punya jatuh tempo untuk pengambilan dan uangnya hanya boleh diambil saat jatuh tempo tiba.

Ketiga, marjin keuntungannya lebih besar dari tabungan.

Deposito sebetulnya bentuk lebih baru dari tabungan. Bedanya, dana di deposito dikunci sampai jatuh tempo sesuai kesepakatan. Kalau mau, ini bisa dimasukkan ke dalam dana pokok untuk periode deposito berikutnya.

Keempat, diperpanjang otomatis.

Deposito juga bisa diperpanjang secara otomatis dengan sistem Automatic Roll Over (ARO). Produk keuangan ini akan diperpanjang otomatis setelah jatuh tempo sampai pemiliknya mencairkan depositonya.

Kelima, ada pinalti.

Ini yang harus kamu hindari jika benar-benar ingin menjadi investor. Deposito mensyaratkan penalti jika uang yang disimpan diambil sebelum jatuh tempo. 

Besaran penalti deposito beragam mulai dari 1-3 persen dari nominal dana pokok.

Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak
Join Dream.co.id