Menkeu Sri Mulyani Beber Hasil Kerja Pemulihan Ekonomi Selaa Pandemi Covid-19

Dinar | Rabu, 15 Desember 2021 06:36

Reporter : Alfi Salima Puteri

Pertumbuhan angkatan kerja naik sebesar 1,4 persen.

Dream - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melaporkan upaya pemulihan ekonomi yang dijalankan pemerintah semenjak puncak pandemi Covid-19 telah membuahkan hasil. Laju pengangguran di Indonesia dilaporkan telah berkurang sebanyak 670 ribu orang di 2021 ini.

“ Ini sudah turun lagi dari kondisi puncak waktu di tengah Covid-19 tahun lalu yaitu pada bulan Agustus 2020. Penurunan 0,58 persen dari sisi jumlah pengangguran yang berkurang sekitar 670 ribu orang,” ungkap Sri Mulyani dalam webinar Hadapi bersama Perubahan Iklim dan strategi Hijau, dikutip dari Merdeka.com, Selasa, 14 Desember 2021.

Sri Mulyani mengakui pemulihan ekonomi sudah seharusnya bisa dirasakan pada level konkrit dan tak sebatas angka statistik semata. Program yang dibuat pemerintah harus bisa dirasakan dalam bentuk penciptaan kesempatan kerja baru.

Selain menurunnya angka pengangguran, Menkeu juga melaporkan penyerapan tenaga kerja mengalami kenaikan sekitar 2,6 juta orang selama periode pemulihan ekonomi tahun 2021 ini. Sementara pertumbuhan angkatan kerja naik sebesar 1,4 persen.

Menkeu Sri Mulyani Beber Hasil Kerja Pemulihan Ekonomi Selaa Pandemi Covid-19
Foto: Sri Mulyani/Shutterstock
2 dari 4 halaman

Angka Kemiskinan Menurun

Sementara, angka kemiskinan nasional pada Maret 2021 tercatat 10,14 persen atau 27,5 juta jiwa. Angka tersebut membaik dibandingkan September tahun 2020 yang mencapai 10,19 persen atau 27,6 juta jiwa.

“ Penurunannya belum terlalu dalam. Oleh karena itu, Presiden dan kabinet sekarang memberikan perhatian khusus untuk kabupaten kabupaten dan daerah yang memiliki kantong kemiskinan absolut,” jelasnya Sri Mulyani.

Pemerintah juga berjanji akan terus menggunakan instrumen APBN baik berupa pajak seperti insentif atau pajak yang ditanggung pemerintah (DTP), maupun dari sisi instrumen belanja dalam bentuk hibah, subsidi dan dukungan belanja lainnya.

3 dari 4 halaman

3.365 Pinjol Ilegal Ditutup dalam 3 Tahun Terakhir

Dream - Satgas Waspada Investasi menutup 3.365 perusahaan pinjaman online (pinjol) ilegal dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

" Selama periode 2018 hingga 2021 Satgas Waspada Investasi menutup sebanyak 3.365 pinjam online ilegal di Indonesia," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di sela-sela acara Opening Ceremony The 3rd Indonesia Fintech Summit 2021, akhir pekan kemarin.

Dulu Hidup Pas-pasan, Kini Sri Mulyani Langganan Jadi Wanita Paling Berpengaruh Dunia

Menurutnya, data tersebut menjadi tantangan serius bagi para pelaku industri yang memiliki komitmen tinggi untuk menjaga nama baik industrinya. Sehingga, dituntut cakap dalam memperkuat mitigasi risiko maupun pengawasan.

" Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan teknologi digital harus diikuti dengan pengaturan dan pengawasan yang proper dan appropriate. Namun, tetap melindungi konsumen dan tidak mengerdilkan industri fintech itu sendiri," ujar Bendahara Negara ini menegaskan.

4 dari 4 halaman

Terlebih, lembaga fintech kini mampu menjadi sumber alternatif pembiayaan bagi pelaku UMKM. Menginga, ketentuan syarat maupun proses pencairan dana yang lebih efisien dan mudah.

Untuk itu, pemerintah bersama regulator terkait terus berupaya melahirkan berbagai kebijakan yang dapat menstimulus kelangsungan ekonomi digital. Dengan begitu, diharapkan dapat memperkuat perekonomian Indonesia pasca pandemi Covid-19.

Sri Mulyani Optimis Pendapatan Nasional Tembus Rp1.916 T Akhir Tahun

" Ini sebagaimana yang di sampaikan bapak presiden (Jokowi) dalam berbagai kesempatan agar menekankan light and touch (sentuhan lembut) dari sisi regulasi," imbuhnya.

(Sumber: Merdeka.com)

Join Dream.co.id