Sosok Pria Ini Ternyata Pengisi Suara Iklan-iklan Terkenal, Pernah Dengar?

Dinar | Senin, 6 Juli 2020 07:12
Sosok Pria Ini Ternyata Pengisi Suara Iklan-iklan Terkenal, Pernah Dengar?

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Siapakah dia?

Dream – Iklan menjadi salah satu cara untuk mempromosikan produk. Ada beragam aspek yang perlu diperhatikan dalam iklan, misalnya suara unik yang bakal menarik perhatian orang yang mendengarkannya.

Jika kamu melihat iklan di televisi atau mendengarnya di radio, mungkin akan mendengar suara pengisi yang sama. Pengisi suara iklan ini dituntut tak hanya bicara, tapi juga memberikan kesan menarik perhatian.

Salah satu pengisi suara iklan adalah Bimo Kusumo Yudo. Dikutip dari akun Instagramnya, @bimoky, Senin 6 Juli 2020, Bimo mengunggah video TikToknya di Instagram.

Dalam video berdurasi 38 detik, dia mengunggah tiga jenis suara voice over (VO), yaitu tone up, tone middle, dan tone deep. Ketiga jenis suara ini digunakan untuk mengisi suara iklan beragam jenis, mulai dari mie instan sampai sampo.

“ Naaah ini baru bener gak kepotong nih, udah ya lunas janji saya ya bikin “ check check check” di tiktok. Udah pada familiar lah ya sama iklan-iklan yang saya isi suaranya?” tulis @bimoky.

2 dari 6 halaman

Warganet Kagum

Unggahan ini membuat warganet kagum. Banyak netizen mengacungi jempol suaranya yang digunakan untuk VO iklan.

“ Wadaaaw kalau suara gua mah tone suara cempreng mas hahha,” tulis @gaung.kosong.

“ Wagilaseh eargasm banget suaranya,” tulis @yusufantastic.

“ Keren, mas Bim. Sehat dan sukses selalu,” tulis @kokoheza.

3 dari 6 halaman

Gaji Voice Over Talent, Ngoceh 15 Menit Dapat Rp15 Juta

Dream - Perkembangan pendidikan dan gaya hidup masyarakat membuat banyak orang tak hanya bercita-cita menjadi karyawan kantoran atau pegawai negeri sipil. Peluang menjalani profesi apapun kini semakin terbuka dan bisa dijalankan secara mandiri.

Di antara beragam profesi yang sedang booming itu kamu mungkin pernah mendengar tentang pekerjaan sebagai Voice Over (VO) Talent. Profesi ini bertambah terkenal setelah peselancar sosial media ramai membicarakan video viral tentang dua orang yang menirukan suara awak kabin maskapai Garuda Indonesia.

Profesi VO talebt sebetulnya bukan hal yang baru. Voice Over Talent adalah profesi pengisi suara untuk kebutuhan iklan, dokumenter atau beragam media lain yang membutuhkan suara. Namun kamu jangan salah membedakan VO talent dengan profesi dubber yang sekilas terlihat mirip.

Dubber lebih banyak berkaitan dengan profesi pengisi suara untuk sebuah karakter buatan. Salah satu contoh mudahnya adalah film animasi. 

 

4 dari 6 halaman

Gaji Besar Cuma Kerja 15 Menit

Tahukah Sahabat Drea, bahwa profesi Voice Over Talent tak hanya menyenangkan karena kita menjalani pekerjaan sesuai dengan minat yang disukai. Kabar baiknya, profesi ini juga menjanjikan secara finansial.

Putri Saud, seorang gadis yang masih berstatus mahasiswi sempat berbagi cerita panjang lebar tentang profesi voice over talent saat diundang sebagai bintang tamu Dream Ngobras (Ngobrol Siang Santai-Santai) yang tayang di live Instagram Dreamcoid baru-baru ini.

Putri membocorkan dia pernah mendapatkan honor sangat besar kala menerima job mengisi suara. Yang mengejutkan honor itu diperoleh setelah Putri mengejutkan proyek hanya dalam waktu 15 menit 

“ Misalnya untuk isi dokumenter, 15 menit dikali Rp1 juta. Ya, sudah, ngoceh 15 menit dapat Rp15 juta,” ungkap Putri Saud, Voice Over Talent saat diwawancara Dream melalui Instagram Live, Jakarta, Selasa 9 Juni 2020.

 

5 dari 6 halaman

Gaji VO Talent Bahasa Asing Lebih Mengiurkan

Putri menuturkan, salary yang diterima orang yang berprofesi di bidang VO Talent biasanya dihitung berdasarkan durasi per ment.

Penghasilan VO talent akan semakin besar jika dia mendapatkan tawaran pekerjaan yang memintanya untuk berbicara dalam bahasa asing. 

“ Beda (gajinya). Lebih tinggi yang bahasa Inggris” ungkap Putri sambil tersenyum.

Menurut wanita yang baru berusia 25 tahun itu, perbedaan penghasilan itu dikarenakan seorang VO Talent dituntut untuk bisa berbahasa asing dengan baik dan benar.

6 dari 6 halaman

Tips Bisa Menjadi VO Talent

Untuk kamu yang ingin menjadi Voice Over Talent sebaiknnya mulai melatih suara kamu dalam berbicara terutama dalam hal intonasi. Syarat ini penting dimiliki agar bahasa yang diucapkan terdengar jelas.

Kamu juga harus rutin berlatihan berbicara dengan intonasi yang benar untuk meningkatkan kualitas dan memperkaya kemampuan.

“Dalam satu kalimat saja, intonasinya bisa beda-beda. Kalau dalam bahasa Indonesia sih, gitu. Kalau bahasa Inggris nggak terlalu bisa diutak-atik,” sambungnya.

Satu tips lainnya adalah kamu perlu melatih pemengalan dan penekanan kata, artikulasi serta teknik lainnya agar lebih berkualitas.

      View this post on Instagram      

A post shared by Dream.co.id (@dreamcoid) on

 

Join Dream.co.id