Solusi Hindari Risiko Finansial dari Penyakit Kritis

Dinar | Rabu, 11 Desember 2019 18:37
Solusi Hindari Risiko Finansial dari Penyakit Kritis

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Penyakit kritis timbul dari gaya hidup tak sehat dan bisa berujung kepada masalah keuangan.

Dream - Kebanyakan masyarakat Indonesia harus diakui masih menjalani pola hidup yang tak sehat. Kebiasaan merokok, makan makanan cepat saji, dan minum minuman beralkohol masih sering dilakukan. 

Gaya hidup tak sehat itu masih ditambah lagi dengan kebiasaan buruk seperti jarang berolahraga dan sedikit tidur.

Pola hidup tak sehat ini memicu berbagai penyakit kritis, seperti kanker dan jantung. Tapi, masyarakat Indonesia belum memahami penyakit kritis dan cenderung mengabaikannya.

Menurut data Globocan tahun 2018, diperkirakan ada 18,1 juta kasus kanker baru. Biaya perawatan untuk penyakit ini tak sedikit. Pasien kanker harus merogoh kocek sekitar Rp102 juta-Rp106 jutaan per bulan.

Selain biaya pengobatan, pasien penyakit kritis dan keluarganya juga memiliki beban finansial lainnya, seperti biaya perawatan lanjutan pada saat pemulihan, biaya yang muncul dari pendamponhan keluarga, biaya transportasi, konsumsi, dan kebutuhan sehari-hari.

Tergerak dengan keinginan membantu para pengidap penyakit serius, Presiden Direktur AXA Financial Indonesia, Niharika Yadav, mengatakan perusahaan menawarkan solusi perlindungan penyakit kritis. Perusahaan ini merilis inovasi produk asuransi kritis, AXA Critical Elite Solution.

“ Meningkatnya risiko penyakit kritis ditambah randahnya kesadaran akan pencegahan serta perencanaan keuangan untuk biaya pengobatan, AXA melihat adanya kebutuhan produk stand-alone asuransi penyakit kritis dengan fleksiblitas sesuai kebutuhan nasabah,” kata Niharika di Jakarta, Rabu 11 Desember 2019.

Niharika mengatakan, produk ini menawarkan program 5-10-5. Pembayaran premi dilakukan selama 5 tahun dan dikembalikan dalam waktu tahun ke-10. Produk ini menawarkan fleksibilitas di mana nasabah bisa memilih manfaat perlindungan sampai tahun ke-15 dan mendapatkan pengembalian semua premi yang telah dibayar/diperpanjang hingga tahun ke-30.

“ Dengan adanya program ini diharapkan dapat menjadi solusi finansial kepada pasien penyakit kritis serta keluarga mereka yang menanggung banyak beban keuangan lainnya, seperti biaya perawatan selama masa pemulihan,” kata dia.

(Laporan: Shania Suha Marwan)

2 dari 6 halaman

Intip Ekosistem Kerja Bergaya Milenial ala AXA Mandiri dan AXA

Dream – AXA Mandiri dan AXA menciptakan ekosistem kerja yang inovatif dan inspiratif. Perusahaan asuransi ini ingin membantu generasi milenial dalam mengembangkan karier di dunia asuransi.

Beragam inisiatif dilakukan agar generasi Y bisa nyaman bekerja, sekaligus mendapatkan kesempatan berkembang dan berekspresi.

“ Tak hanya itu, kami juga memberikan pengembangan karier yang berkelanjutan, sehingga industri asuransi menjadi pilihan yang menjanjikan untuk generasi milenial dalam bekerja,” ujar Country CEO AXA di Indonesia, Julien Steimer, dalam “ Employee Branding” di Jakarta, Senin 9 September 2019.

Steimer menjelaskan pola pengembangan SDM di perusahaan diarahkan lewat beragam kegiatan seperti pengembangan diri, gathering, dan sharing session.

 

 Intip Ekosistem Kerja Bergaya Milenial ala AXA Mandiri dan AXA© Dream

 

Beragam program ini dikemas untuk menciptakan suasana kerja yang produktif dan membangun kreativitas dan stabilitas psikologis karyawan.

Selain program tersebut, AXA Mandiri juga membuat kebijakan yang fleksibel untuk para pegawainya. Setiap pekerja bisa mendapatkan waktu kerja yang fleksibel, kode berpakaian yang dinamis dan waktu cuti yang beragam.

AXA Mandiri dan AXA juga memberikan informasi mengenai budaya kerja dan peluang berkarier di perusahaan asuransi melalui video seri.

Video tersebut berisikan gambaran budaya kerja yang kondusif dan dinamis untuk mendukung kreativitas dan pola pikir karyawan. Video ini tayang di bioskop-bioskop Jakarta.

(Sah, Laporan: Alfisalima Puteri)

3 dari 6 halaman

Gandeng MUI, AXA Mandiri Sosialisasi Asuransi Syariah

Dream – PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) menggandeng para pendakwah untuk memberikan edukasi tentang asuransi syariah pada masyarakat. Program ini dibuat dengan menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“ Kami berharap dengan kegiatan ini akan mendorong pemahaman masyarakat terhadap asuransi syariah, serta memberikan maslahat bagi umat dalam mendapatkan hidup yang lebih baik,” kata Director of In Branch Channel AXA Mandiri, Henky Octavianus, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Selasa 25 September 2018.

Menurut Henky, program edukasi serupa pernah dilakukan kepada para dai dan ulama. Kini, peserta literasi dan edukasi dilakukan kepada para daiah (pendakwah wanita) dan mahasiswa.

Kegiatan yang digelar dalam program Satu Juta Umat Mandiri ini merupakan dukungan AXA Mandiri dalam mendukung peningkatan literasi keuangan syariah, terutama asuransi syariah.

 Gandeng MUI, AXA Mandiri Sosialisasi Asuransi Syariah© Dream

Berdasarkan survei terakhir Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di tahun 2016, tingkat literasi asuransi syariah baru mencapai 2,5 persen dari 8 persen masyarakat yang sudah terliterasi keuangan syariah secara keseluruhan. Temuan ini menunjukan literasi keuangan syariah di sektor perasuransian masih terbilang rendah dan menjadi tantangan dalam peningkatan produk dan layanan keuangan di Indonesia khususnya asuransi syariah.

“ Sebagai organisasi yang mewadahi para ulama di Indonesia, kerja sama dengan MUI sangatlah efektif untuk menjangkau komunitas muslim hingga memperluas literasi asuransi syariah ke berbagai lapisan masyarakat,” kata Henky.

Tak hanya memberikan edikasi, AXA Mandiri juga memberikan asuransi jiwa syariah kepada para dai dan daiah anggota MUI. Pemberian asuransi jiwa ini merupakan apresiasi kepada para pedakwah dalam meningkatkan literasi keuangan syariah kepada masyarakat.

“ AXA Mandiri akan memberikan perlindungan jiwa dengan masa pertanggungan selama 1 tahun kepada para dai dan daiah anggota MUI,” kata Henky.

Sekjen MUI, Anwar Abbas, mengapresiasi kerja sama dengan AXA Mandiri untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap asuransi syariah.

“ Melalui sosialisasi ini, ke depannya, kami ingin masyarakat Muslim semakin paham keberadaan dan pentingnya asuransi syariah. Memahami produk syariah secara benar, akan memberikan lebih banyak pilihan terhadap kebutuhan proteksi dan juga investasi,” kata Anwar.(Sah)

4 dari 6 halaman

Bantu Siapkan Warisan, AXA Mandiri Luncurkan MEP Syariah

Dream - Warisan merupakan hal penting bagi setiap keluarga, terutama para Muslim. Tetapi, butuh persiapan yang matang agar warisan benar-benar menjadi manfaat bagi anak dan cucu.

Menyadari hal itu, perusahaan asuransi PT AXA Mandiri Financial Service meluncurkan produk asuransi syariah terbarunya, Asuransi Mandiri Elite Plane (MEP) Syariah. Lewat produk ini, AXA Mandiri menawarkan program perlindungan jiwa dan investasi jangka panjang

" Asuransi MEP Syariah juga dapat membantu masyarakat, khususnya keluarga Muslim yang #RencanakanLebih hidupnya dengan cara mengelola risiko dengan prinsip-prinsip syariah," kata President Director AXA Mandiri, Jean Phillipe Vandenschrick, di Jakarta, Rabu 17 Januari 2018.

Tak hanya itu, kata Vandenschrick, produk asuransi syariah ini bisa membantu masyarakat untuk mempersiapkan warisan yang terbaik untuk keluarga.

Director of In Branch Channel AXA Mandiri, Tisye Diah Retnojati, mengatakan MEP Syariah merupakan produk asuransi unit link yang memiliki beragam fitur manfaat. Produk ini bisa dimanfaatkan oleh peserta mulai usia 15 hari sampai 70 tahun dengan minimum kontribusi sebesar Rp25 juta per tahun.

Asuransi ini menyediakan manfaat santunan dasar hingga 50 kali dari total kontribusi yang telah dibayarkan jika meninggal dunia. Juga ada santunan asuransi yang diberikan bagi peserta meninggal dunia karena kecelakaan saat umroh atau haji.

Tisye mengatakan salah satu keunggulan MEP Syariah adalah fitur loyalty bonus berupa tambahan unit investasi sebesar 10 persen dari total kontribusi tahun pertama. Bonus ini diberikan kepada peserta di tahun ke-5 dan ke-6 sejak tanggal berlakunya polis dan akan meningkat menjadi 15 persen pada tahun polis ke-7 dan ke-8.

" Tambahan unit ini diberikan kepada peserta selama polis masih aktif dan sesuai dengan ketentuan polis. Selain itu, pada sisi investasi, peserta juga dapat mengalihkan jenis investasi tanpa dikenakan ujrah pengalihan dana investasi," kata dia.

Tisye mengatakan MEP Syariah juga menyediakan manfaat asuransi tambahan seperti perlindungan kecelakaan, kesehatan, serta prima sejahtera plus syariah, juga santunan asuransi jika peserta didiagnosis menderita salah satu dari 33 penyakit kritis.

Direktur Dirstribution and Services PT Bank Syariah Mandiri (BSM), Edwin Dwidjajanto, mengatakan produk asuransi syariah ini bisa didapatkan melalui kantor cabang BSM.

" Ke depan, harapannya masyarakat bisa memanfaatkan produk asuransi syariah untuk proteksi diri dengan aset," kata Edwin.

5 dari 6 halaman

AXA Mandiri Sumbangkan Dana Tabarru Rp642 Juta

Dream – PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) menyumbangkan dana Rp642 juta hasil surplus underwriting atau kumpulan dana dari pemegang polis syariah (dana tabarru) ke Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). 

“ Selama tahun 2016, nilai total surplus underwriting yang berhasil diperoleh AXA Mandiri mencapai lebih dari Rp642 juta,” kata President Director AXA Mandiri, Jean Philippe Vandenshchrick, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, ditulis Kamis 15 Juni 2017.

Jean Phillipe menjelaskan penyerahan dana melalui kerja sama dengan Baznas ini, selain merupakan wujud nyata komitmen AXA Mandiri dalam menjalankan amanah para nasabah asuransi syariah, juga merupakan sebuah kegiatan yang sejalan dengan tujuan perusahaan yaitu “ empower people to live better life" .

“ Kami serahkan dana tersebut kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), guna mendukung progam peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program-program yang dikelola oleh BAZNAS,” kata dia.

Ketua Umum BAZNAS,  Bambang Sudibyo mengatakan kerjasama ini sangat penting bagi upaya peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat. Bambang juga mengharapkan agar kerjasama ini dapat berjalan secara berkelanjutan, sehingga dapat menjadi contoh nyata bagi sektor swasta lain untuk melakukan kegiatan positif yang serupa.

Sebagian dana dari Axa Mandiri nantinya akan digunakan untuk menyediakan paket Ramadhan berisi bahan makanan untuk kebutuhan sehari-hari hingga hari raya yang akan diserahkan kepada masyarakat di sekitar AXA Tower Kuningan.

“ Kami terus mendukung komitmen AXA Mandiri untuk menyalurkan sebagian surplus underwriting demi kesejahteraan umat. Dana tabarru produk asuransi syariah ini jelas bermanfaat bagi masyarakat yang menerima,” kata dia.

Sementara itu, Director of In-Branch Channel AXA Mandiri, Tisye Diah Retnojati, menambahkan bahwa dana surplus underwriting didapatkan dari hasil selisih dari total kontribusi para peserta asuransi syariah ke dalam dana tabarru setelah dikurangi pembayaran santunan atau klaim, kontribusi reasuransi dan penyisihan teknis, dalam satu periode tertentu.

Melalui produk asuransi syariah, AXA Mandiri berusaha untuk memenuhi kebutuhan perlindungan yang dikelola dengan prinsip syariah bagi keluarga muslim.

Pada tahun 2015 AXA Mandiri telah menyediakan perlindungan asuransi syariah melalui lebih dari 20 ribu polis asuransi dan pada tahun 2016 meningkat menjadi lebih dari 33 ribu polis asuransi syariah.

“ Sementara dari sisi pendapatan premi, di tahun 2015 kami mencatatkan pendapatan premi sebesar lebih dari Rp342 miliar yang meningkat 17 persen menjadi lebih dari Rp399 miliar di tahun 2016,” tambah Tisye.

Saat ini AXA Mandiri memiliki beberapa produk asuransi syariah seperti Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas Syariah, Asuransi Mandiri Proteksi Kesehatan Syariah, Mandiri Rencana Sejahtera Syariah dan lain-lain yang dipasarkan melalui Bank Syariah Mandiri. 

Direktur PT Bank Syariah Mandiri (BSM), Edwin Dwidjajanto, menambahkan dengan jumlah nasabah lebih dari 6 juta, ketersediaan infrastruktur IT serta 765 kantor cabang, BSM memiliki nasabah potensial bagi pemasaran produk AXA Mandiri.

“ Bagi kami, kerja sama BSM-AXA Mandiri merupakan wujud sinergi antar perusahaan anak Mandiri Group, serta bentuk dukungan BSM atas program Pemerintah dalam peningkatan keuangan syariah Indonesia,” kata Edwin.(Sah)

6 dari 6 halaman

Bantu Siapkan Warisan, AXA Mandiri Luncurkan MEP Syariah

Dream - Warisan merupakan hal penting bagi setiap keluarga, terutama para Muslim. Tetapi, butuh persiapan yang matang agar warisan benar-benar menjadi manfaat bagi anak dan cucu.

Menyadari hal itu, perusahaan asuransi PT AXA Mandiri Financial Service meluncurkan produk asuransi syariah terbarunya, Asuransi Mandiri Elite Plane (MEP) Syariah. Lewat produk ini, AXA Mandiri menawarkan program perlindungan jiwa dan investasi jangka panjang

" Asuransi MEP Syariah juga dapat membantu masyarakat, khususnya keluarga Muslim yang #RencanakanLebih hidupnya dengan cara mengelola risiko dengan prinsip-prinsip syariah," kata President Director AXA Mandiri, Jean Phillipe Vandenschrick, di Jakarta, Rabu 17 Januari 2018.

Tak hanya itu, kata Vandenschrick, produk asuransi syariah ini bisa membantu masyarakat untuk mempersiapkan warisan yang terbaik untuk keluarga.

Director of In Branch Channel AXA Mandiri, Tisye Diah Retnojati, mengatakan MEP Syariah merupakan produk asuransi unit link yang memiliki beragam fitur manfaat. Produk ini bisa dimanfaatkan oleh peserta mulai usia 15 hari sampai 70 tahun dengan minimum kontribusi sebesar Rp25 juta per tahun.

Asuransi ini menyediakan manfaat santunan dasar hingga 50 kali dari total kontribusi yang telah dibayarkan jika meninggal dunia. Juga ada santunan asuransi yang diberikan bagi peserta meninggal dunia karena kecelakaan saat umroh atau haji.

Tisye mengatakan salah satu keunggulan MEP Syariah adalah fitur loyalty bonus berupa tambahan unit investasi sebesar 10 persen dari total kontribusi tahun pertama. Bonus ini diberikan kepada peserta di tahun ke-5 dan ke-6 sejak tanggal berlakunya polis dan akan meningkat menjadi 15 persen pada tahun polis ke-7 dan ke-8.

" Tambahan unit ini diberikan kepada peserta selama polis masih aktif dan sesuai dengan ketentuan polis. Selain itu, pada sisi investasi, peserta juga dapat mengalihkan jenis investasi tanpa dikenakan ujrah pengalihan dana investasi," kata dia.

 

 Bantu Siapkan Warisan, AXA Mandiri Luncurkan MEP Syariah© Dream

 

Tisye mengatakan MEP Syariah juga menyediakan manfaat asuransi tambahan seperti perlindungan kecelakaan, kesehatan, serta prima sejahtera plus syariah, juga santunan asuransi jika peserta didiagnosis menderita salah satu dari 33 penyakit kritis.

Direktur Dirstribution and Services PT Bank Syariah Mandiri (BSM), Edwin Dwidjajanto, mengatakan produk asuransi syariah ini bisa didapatkan melalui kantor cabang BSM.

" Ke depan, harapannya masyarakat bisa memanfaatkan produk asuransi syariah untuk proteksi diri dengan aset," kata Edwin.

[crosslink_1]

Join Dream.co.id