Shopee Klaim 97% Produknya Didominasi Penjual Usaha Lokal

Dinar | Selasa, 20 April 2021 17:47
Shopee Klaim 97% Produknya Didominasi Penjual Usaha Lokal

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Kepercayaan masyarakat terhadap produk lokal mulai meningkat.

Dream – Pandemi COVID-19 sangat berdampak terhadap perekonomian Indonesia. Berbagai upaya perlu dilakukan agar perekonomian nasional bisa bangkit. Salah satunya dengan mengembangkan, menyebarluaskan, dan mencintai produk lokal.

Direktur Eksekutif Shopee, Handhika Jahja, mengakui produk lokal mulai berkembang bahkan bisa bersaing dengan luar negeri. Masyarakat semakin percaya bahwa produk lokal bisa menyaingi produk mancanegara dan juga tidak kalah bagus.

Produk-produk lokal, mulai dari alat kecantikan, fashion, hingga peralatan rumah tangga sudah banyak diciptakan dan diperkenalkan kepada masyarakat luas.

“ Kita lihat brand-brand lokal ini sangat tinggi potensinya dari sisi kualitas, harga, dan dari sisi peningkatan penjualannya yang sangat tinggi akhir-akhir tahun ini,” kata dia dalam media gathering Shopee secara virtual baru-baru ini.

Handhika mengatakan dukungan ini tidak hanya memajukan produk karya lokal di Tanah Air, tetapi juga mendorong perputaran roda ekonomi Indonesia, khususnya di tengah pandemi.

2 dari 3 halaman

Hadirkan Fitur Pilih Produk Lokal

Untuk mendukung produk dan produsen lokal, Shopee sebagai salah satu e-commerce di Indonesia menghadirkan fitur #ShopeePilihLokal, yang dapat menjadi wadah khusus untuk produk lokal agar lebih banyak dibeli dan di perhatikan oleh masyarakat Indonesia.

Adanya fitur terbaru ini diharapkan meningkatkan daya tarik masyarakat terhadap produk lokal serta kesadaran akan pentingnya peran masyarakat dalam pergerakan perekonomian Indonesai yang lebih baik. Shopee turut serta dalam merealisasikan program pemerintah untuk menndorong keberlangsungan pelaku usaha lokal di Indonesia.

“ Program #ShopeePilihLokal yang sejalan dengan program pemerintah Bangga Buatan Indonesia, diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi pelaku usaha lokal menunjukan karyanya dan mempermudah masyarakat mengenal lebih jauh ragam produk lokal berkualitas,” jelas Handhika.

Produk lokal saat ini sangat berpotensi berkembang dan mulai banyak diminati masyarakat, tercermin dari antusias dan animo masyarakat yang tinggi terhadap pelaku usaha, dimana penjualan usaha lokal mendominasi hingga 97 persen penjualan barang.

Pengguna atau masyarakat memanfaatkan produk lokal untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka, mulai dari kebutuhan primer hingga sekunder, seperti serum pakaian, sepatu, hijab, serum wajah, lipstik, rak buku, lampu dekorasi, dan lainnya.

3 dari 3 halaman

Masyarakat Sulit Percaya Produk Lokal

Para pelaku bisnis lokal mengakui terkadang sulit masyarakat untuk mempercayai kualitas produk mereka. Namun adanya fitur terbaru dari Shopee diharapkan membuat anggapan tersebut bisa hilang dan semakin banyak produk lokal dibeli serta dikonsumsi masyarakat.

Founder Somethinc, Irene Ursula, mengatakan mendapatkan kepercayaan masyarakat terhadap produk lokal tidaklah mudah.

“ Dengan adanya #ShopeePilihLokal, fitur ini sangat memberikan kemudahan bagi kami para pelaku usaha lokal yang masih merintis khususnya dalam pemberian eksposur yang luar biasa, sehingga kami bisa fokus meningkatkan kualitas dan inovasi produk,” kata dia.

Cofounder JINISO, Dian Fiona, mengharapkan fitur ini bisa menggerakkan roda perekonomian lebih baik. “ Adanya wadah ini, masyarakat juga lebih mudah mengenal dan menemukan wadah yang didedikasikan untuk semua rangkaian produk lokal,” kata Dia.


(Laporan: Josephine Widya) 

Join Dream.co.id