Sering Dapat SMS Penawaran Pinjaman? Awas Penipuan

Dinar | Jumat, 16 Oktober 2020 13:13
Sering Dapat SMS Penawaran Pinjaman? Awas Penipuan

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Banyak sekali SMS blast yang berisi penawaran pinjaman.

Dream – Sahabat Dream, di era ini, promosi dagangan, baik produk maupun jasa, diberikan melalui digital. Salah satunya adalah SMS blast.

Yang ditawarkan pun beragam, mulai dari diskon makanan dan minuman, potongan harga pembelian barang di toko, sampai pinjaman.

Yang terakhir ini tak jarang membuat orang kesal. Mengapa, ya, aku sering dapat SMS yang menawarkan pinjaman?

Jika kamu sering mendapatkan SMS ini, hati-hati. Ada bahaya di balik SMS yang berisi penawaran pinjaman.

2 dari 3 halaman

Apa Itu?

Ternyata, bahaya di balik SMS penawaran pinjaman adalah penipuan. Jika kamu tak berhati-hati, bisa saja kamu terjerat dalam penipuan pinjaman. Amit-amit, jangan sampai kena.

Perlu kamu ketahui bahwa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melarang pelaku jasa keuangan menawarkan produk/layanan keuangan kepada konsumen, melalui sarana komunikasi pribadi tanpa persetujuan konsumen.

 

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Hijab Bisnis© Shutterstock

“ Pelaku Jasa Keuangan DILARANG melakukan penawaran produk dan/atau layanan kepada Konsumen dan/atau masyarakat melalui sarana komunikasi pribadi tanpa persetujuan Konsumen,” dikutip dari Peraturan OJK No.1/POJK.07/2013 Tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan, pasal 19, dikutip dari akun Instagram @ojkindonesia, Jumat 16 Oktober 2020.

Jika menerima penawaran ini, lebih baik kamu langsung mengeceknya. Kamu juga bisa mengecek tawaran pinjaman yang diterima ke Kontak OJK 157. 

Join Dream.co.id