Sempat Gagal, Donita Mati-matian Kuliah demi Sang Ayah

Dinar | Kamis, 8 Juli 2021 18:13

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Sang ayah berpesan begini kepada Donita agar tetap mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.

Dream – Sebagian orang mengidamkan bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Sayang, keinginan itu terpaksa pupus karena terganjal biaya. Hal ini juga turut dialami oleh Donita Nugroho.

Pada Kamis 8 Juli 2021, Donita berkisah mati-matian untuk bisa kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN). Dia belajar giat agar bisa lolos ujian masuk PTN.

“ Waktu itu, ikutan SPMB untuk masuk PTN. Selain bagus, PTN juga murah,” kata Donita dalam konferensi pers “ Peluncuran Asuransi Syariah PRUCerah”.

Sayangnya, saat dia duduk di bangku kelas 3 SMA, sang ayah meninggal dunia. Saat itu juga, dia dihadapkan dua pilihan, yaitu lanjut untuk ikut kuliah atau tidak.

“ Kalau enggak lanjut, aku sudah setengah mati (supaya bisa masuk kuliah), sudah usaha,” kata dia.

Sempat Gagal, Donita Mati-matian Kuliah demi Sang Ayah
Donita Bercerita Pernah Gagal Masuk Kuliah Karena Terganjal Biaya.
2 dari 3 halaman

Tetap Kuliah

Alhasil, Donita memutuskan untuk mengadu nasib ke Jakarta. Wanita kelahiran Bandung ini mendapatkan pekerjaan.

Alhamdulillah, dapat pekerjaan. Bisa syuting tanpa testing,” kata dia.

Setelah lima tahun menjalani profesinya sebagai aktris, Donita memutuskan untuk kuliah. Almarhum ayahnya berpesan kepada Donita agar tetap kuliah. Menurut sang ayah, ibu adalah sekolah pertama bagi anak-anaknya.

“ Walaupun nanti memutuskan jadi ibu rumah tangga, kuliah itu buat diri kamu dan anak-anak. Ibu itu adalah madrasah pertama (bagi anak-anaknya),” ujar Donita sambil mengenang petuah sang ayah.

3 dari 3 halaman

Harus Dapat Beasiswa!

Selama kuliah, Donita harus membagi waktu antara syuting dengan jadwal kelasnya. Tak hanya itu, dia juga mengejar nilai yang bagus agar bisa mendapatkan beasiswa.

“ Sementara mama aku itu, even aku sudah kuliah dan cari uang sendiri, (berpesan agar), nilai kamu harus bagus sendiri,” kata dia.

Inilah yang membuat Donita harus maksimal soal pendidikan. Dikatakan bahwa mahasiswa bisa mendapatkan beasiswa jika IPK-nya di atas 3,5.

Donita juga berkisah, selama mendapatkan beasiswa, uang kuliahnya digunakan oleh sang ibu untuk membiayai orang yang kurang beruntung seperti dirinya lima tahun yang lalu.

“ Mama aku bilang, ‘Kalau nggak bisa kuliah, patah hatinya kayak gimana. Kamu harus beasiswa untuk membantu orang lain,” kata dia.

Join Dream.co.id