Seleksi CPNS 2020 Ditiadakan, Penerimaan Tahun 2021 Masih Dikaji

Dinar | Selasa, 7 Juli 2020 12:33
Seleksi CPNS 2020 Ditiadakan, Penerimaan Tahun 2021 Masih Dikaji

Reporter : Syahid Latif

Seleksi CPNS dan program kedinasan tahun 2021 masih dalam pengkajian. Pemerintah harus menghitung ulang kebutuhan setelh dampak wabah Covid-19

Dream - Pemerintah kemungkinan takkan menggelar Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk formasi tahun ini dan 2021. Namun pemerintah masih mencari peluang untuk membuka rekrutmen di tahun 2021.

" Info dari BKN (Badan Kepegawaian Negara) 2021 ada tes CPNS," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo dikutip Dream dari Liputan6.com, Selasa, 7 Juli 2020. Sayang, Tjahjo belum kapan perkiraan pelaksanaan CPNS 2021 akan digelar.

Sebelumnya Menteri PANRB di kompleks Gedung DPR/MPR sempat menyatakan penerimaan CPNS dalam dua tahun ini akan ditiadakan. Pemerintah hanya akan membuka rekrutmen kedinasan terprogram seperti Akpol dan Akmil.

Terkait seleksi CPNS formasi 2019, yang pelaksanaannya terhambat akibat pandemi Corona, pemerintah memastikan akan tetap melanjutkan proses rekrutmen. Rencanya penyelenggaraan tes akan kembali dilanjutkan pada Agustus 2020.

Secara proyeksi, kegiatan tes lanjutan dari Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS tersebut bakal dilaksanakan hingga awal Oktober 2020.

 

2 dari 3 halaman

Fokus Selesaikan Seleksi CPNS 2019

Namun Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan hingga saat ini belum ada tanggal pasti kapan pelaksanaan SKB CPNS akan kembali digelar.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama BKN Paryono mengatakan, pihaknya saat ini tengah fokus untuk menyelesaikan proses tes SKD sekolah kedinasan yang dilaksanakan sejak 1 Juli 2020.

" Kalau tanggalnya belum sih. Kita sedang fokus untuk SKD Sekolah Kedinasan. Kalau sekedar ancar-ancar pelaksanaan SKB sekitar akhir Agustus sampai awal Oktober," jelas Paryono kepada Liputan6.com

 

3 dari 3 halaman

Ada Peluang Rekrutmen 2021 Masih Digelar

Terkait formasi 2021, Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji menyampaikan, pemerintah masih mengkaji soal kembali dibukanya penerimaan calon abdi negara pada tahun tersebut. Kajian juga dilakukan untuk penyelenggaraan seleksi sekolah kedinasan.

" Untuk 2021 masih akan dibahas. Kemungkinan masih ada. (Kalau sekolah kedinasan?) Semua masih open untuk dibahas," ujar Atmaji kepada Liputan6.com.

Atmaji menjelaskan, wabah virus corona (Covid-19) yang muncul di Indonesia sejak awal Maret 2020 telah membuat pemerintah memikirkan ulang kebutuhan akan aparatur sipil negara (ASN) atau CPNS ke depannya.

" Pasca pandemi ini kami harus mereview ulang sistem kerja dan kebutuhan ASN ke depan. Sehingga perlu perhitungan yang cermat baik jumlah maupun kualifikasi yang dibutuhkan semua sektor dan daerah," tutur dia.

Join Dream.co.id