Perempuan Hadapi Tantangan Lebih Besar Selama WFH Saat Pandemi

Dinar | Jumat, 23 April 2021 14:12
Perempuan Hadapi Tantangan Lebih Besar Selama WFH Saat Pandemi

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Bekerja sebagai pegawai dan ibu harus dilakoni bersamaan oleh seorang perempuan selama menjalani WFH.

Dream – Perempuan yang bekerja dari rumah selama pandemi COVID-19 memiliki tantangan yang besar. Apalagi, bagi mereka yang sudah menikah dan memiliki anak.

“ Kami tidak punya survei gender tapi dari berbagai masukan atau cerita perusahaan rekanan banyak yang menyebut pekerja perempuan yang bekerja dari rumah penuh tantangan,” kata Country Manager , Faridah Lim dalam Media Gathering Jobstreet : Patner Karier Kini dan Nanti, Jakarta, dikutip dari Merdeka.com, Jumat 23 April 2021.

Faridah mengatakan pekerjaan perempuan harus diselesaikan di tempat yang sama. Tak hanya itu, mereka harus membagi diri untuk mengerjakan pekerjaan rumah dan kantor.

“ Tantangannya membagi waktu antara pekerjaan rumah dan kantor, terutama bagi yang baru punya anak atau anaknya masih sekolah,” kata dia.

Perhatian pekerja perempuan ini akan bercabang dan menjalankannya di tempat yang sama. Hambatan koneksi dan perlengkapan kerja seperti laptop atau komputer juga sering kali terjadi.

“ Kalau bekerja dari rumah perhatian akan terbagi. Apalagi anak juga sekolah dari rumah. Ada yang rebutan koneksi internet, komputer dan lain-lain,” kata dia

2 dari 2 halaman

Terjadi di Pekerja Milenial

Kondisi ini kata Farida sangat mungkin terjadi bagi pekerja perempuan dari kalangan milenial. Terutama yang baru saja melahirkan. Mereka harus membagi waktunya juga dengan jadwal pemberian ASI eksklusif.

“ Level milenial ini juga tantangannya besar,” kata doa.

Untuk itu, kata Farida, manajemen waktu menjadi sangat penting. Selain itu dia juga menyarankan pekerja perempuan memiliki rumah khusus atau bekerja di kamar dengan mengunci pintu agar bisa fokus saat bekerja.

“ Terpenting ini bagaimana mengatur waktu, punya space atau kunci kamar atau ruangan biar tidak diganggu saat bekerja,” kata dia.

Join Dream.co.id