Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Hore.. Naik Bus TransJakarta Gratis Selama Selama Arus Balik, Cek Rutenya

Hore.. Naik Bus TransJakarta Gratis Selama Selama Arus Balik, Cek Rutenya TransJakarta Menyediakan Layanan Gratis Selama Arus Balik Lebaran 2019.

Dream – PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) mengantisipasi arus balik Lebaran 2019 dengan cara yang bakal menyenangkan para penumpangnya. Perusahaan transportasi ini menggratiskan layanan transportasi selama tiga hari.

Layanan transportasi itu berlaku untuk Pulogebang-Pulogadung dan beroperasi selama 24 jam.

“Layanan gratis ini hadir untuk mendukung kegiatan arus balik dengan angkutan pendukung untuk aksesbilitas masyarakat,” kata Direktur Utama TransJakarta, Agung Wicaksono, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Sabtu 8 Juni 2019.

Agung mengatakan layanan ini merupakan penugasan dari Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta kepada Transjakarta dalam rangka kegiatan arus balik mudik gratis angkutan Lebaran Tahun 2019/1440H Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Sebelumnya untuk memfasilitasi masyarakat akan kembali ke kampung halaman masing-masing, Transjakarta juga mengoperasikan rute tambahan ke Pulogebang, yakni Lebak Bulus – Pulogebang (11E), Pasar Minggu – Pulogebang (11F), Pinang Ranti – Pulogebang (11H) dan Tanjung Priok – Pulogebang (10E).

Keempat rute tersebut beroperasi mulai Rabu, 29 Mei 2019 hingga 13 Juni 2019 dengan jam operasi pada pukul 05:00 WIB sampai dengan 22:00 WIB

“Bus diberangkatkan setiap 30 menit dengan melalui jalur tol untuk mempercepat waktu perjalanan,” kata dia.

TransJakarta Coba Bus Listrik Lokal & Eropa, Ini Kehebatannya

Dream – PT Transportasi Jakarta berencana menguji sepuluh bus listrik selama enam bulan. Bus-bus yang dijajal ini merupakan produksi dalam negeri, Eropa, dan Tiongkok.

Bus-bus listrik itu diklaim punya sejumlah keunggulan. Antara lain rendah emisi. Selama ini emisi menjadi isru penting dalam bidang transportasi, maklum kendaraan menyumbang 60 persen emisi karbon ke lingkungan.

Dan, kendaraan dengan bahan bakar listrik disebut-sebut sebagai jawaban karena bisa mengurangi emisi yang menjadi salah satu biang terjadinya penamasan global.

“Kelebihannya jelas ini rendah emisi, zero emisi,” kata Direktur Utama TransJakarta, Agung Wicaksono, di Jakarta International Expo (JI Expo) Kemayoran, Jakarta, Kamis 21 Maret 2019.

Keunggulan lain, tambah dia, biaya perawatannya rendah. Tapi, harga beli bus listrik lebih tinggi daripada yang konvensoional.

“Komponen yang dimiliki bus listrik sendiri menunjukkan lebih rendah keperluan perawatan dan biaya operasi, sehingga biaya jangka panjang akan keseluruhan biaya pengelolaan biaya rendah," kata dia.

Selain itu, yang menjadi tantangan dalam uji coba bus listrik selain regulasi itu yakni infrastruktur tempat mengisi daya. Kemudian mengenai kemampuan para teknisi dalam perawatan bus listrik.

Mei 2019, TransJakarta Uji Coba Bus Listrik

Dream – PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) berencana untuk menguji coba bus listrik pada Mei 2019. Perusahaan transportais ini menggandeng beberapa pihak untuk mengetes armada bertenaga listrik itu.

Direktur Utama TransJakarta, Agung Wicaksono, mengatakan penyedia bus kendaraan harus bekerja sama dengan operator. Keduanya bisa bekerja sama dengan Agen Pemegang Merek (APM) atau pihak-pihak yang akan melakukan perawatan dan pemeliharaan.

“Nah, ini sedang proses. Infonya, penyedia mengatakan bulan Mei bisa tersedia,” kata Agung di Jakarta International Expo (JI Expo) Kemayoran, Jakarta, Kamis 21 Maret 2019.

 

TransJakarta bakal menguji coba bus listrik.

 

Dia mengatakan uji coba akan berlangsung selama enam bulan. Pihaknya ingin mengetahui kualitas bus listrik, seperti ketahanan baterai. Rencananya, akan ada 10 bus listrik yang akan diuji coba.

Nantinya, uji coba bus listrik ini akan dilakukan di luar koridor. Sebab, bus memiliki spesifikasi low entry atau pintu masuknya di bawah. Sementara, untuk memasuki halte Transjakarta itu spesifikasi pintu masuknya tinggi.

Penyandang disabilitas dipermudah naik bus.

"Apakah misalkan di jalur feeder non-BRT (Buss Rapid Transit), tapi juga dalam waktu dekat kita harapkan akan ada men-supply yang high deck, yang BRT untuk lebih tinggi sehingga bisa digunakan di koridor," kata dia.

Ini Spesifikasinya

Selain kursi penumpang biasa, bus ini juga menyediakan tempat duduk khusus bagi penyandang disabilitas di bagian tengah. Pengguna kursi roda dipermudah masuk ke dalam bus karena kendaraan ini memiliki alat tambahan agar kursinya bisa masuk.

Baterai bus 85 ribu watt ini bisa diisi maksimal 4 jam. Untuk pengisian penuh, kendaraan ini bisa melaju sejauh 200-250 km.

Baterai bus listrik TransJakarta

 

Secara tampilan, bus listrik ini tidak jauh berbeda dengan bus Transjakarta pada umumnya dengan menyediakan pegangan untuk berdiri dan di sampingnya masing-masing ada dua kursi berderet hingga bagian belakang.

Ada kursi yang bisa dilipat untuk penyandang disabilitas.

Agung mengatakan pemerintah segera menyiapkan regulasi tentang kendaraan listrik. “Kami dapat informasi peraturan presiden (Perpres) sedang disiapkan. Nanti Perpres itu sudah terbit, akan lebih tegas lagi komitmen pemerintah,” kata dia. 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Penumpang Boleh Buka Puasa di MRT dan Transjakarta, Simak Aturannya!

Penumpang Boleh Buka Puasa di MRT dan Transjakarta, Simak Aturannya!

Simak aturan buka puasa di armada Transjakarta maupun MRT.

Baca Selengkapnya
Mudik Gratis Jasa Raharja Dibuka untuk Bus hingga Kereta Api, Ini Cara Daftar dan Rutenya

Mudik Gratis Jasa Raharja Dibuka untuk Bus hingga Kereta Api, Ini Cara Daftar dan Rutenya

PT Jasa Raharja menargetkan sebanyak 80.215 pemudik

Baca Selengkapnya
Daftar Lengkap Nama Halte Baru TransJakarta

Daftar Lengkap Nama Halte Baru TransJakarta

Ada perubahan nama untuk sejumlah halte TransJakarta

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Mirip Galeri Seni, Sejumlah Halte Transjakarta Dihiasi Karya Seniman Dunia

Mirip Galeri Seni, Sejumlah Halte Transjakarta Dihiasi Karya Seniman Dunia

Kolaborasi PT Transjakarta dan City Vision menyulap halte Bus BRT mirip galeri seni.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Saat Panggilan Alam Tiba!

NOTED KAK! Saat Panggilan Alam Tiba!

Sahabat Dream Pernah gak sih mood bikin konten lagi bagus tiba-tiba `panggilan alam` datang. Auto menghilang deh.

Baca Selengkapnya