Selain Melatih Otak, 5 Permainan Ini Bisa Mengasah Skill Kerja

Dinar | Selasa, 23 Maret 2021 11:48
Selain Melatih Otak, 5 Permainan Ini Bisa Mengasah Skill Kerja

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Yang nomor 4 lagi ramai dibicarakan.

Dream – Keterampilan kerja bisa ditingkatkan dengan berbagai cara. Salah satunya melalui permainan asah otak. Permainan ini melibatkan pikiran dan membuat daya ingat kuat.

Tak hanya itu, kreativitas pun meningkat dan reaksi atas sesuatu pun cepat.

Tak jarang permainan asah otak bisa membawa mood menjadi positif. Semua kemampuan itu bisa mendukung tugas individu sehari-hari.

Lantas, apa saja permainan asah otak yang bisa meningkatkan keterampilan kerja?

2 dari 6 halaman

Teka-Teki Silang

Dikutip yang Karir.com, Selasa 23 Maret 2021, pertama adalah teka-teki silang. Permainan ini menguji sejauh mana kemampuan verbal.

Selain itu, permainan ini juga merupakan ajang pembuktian pengetahuan yang dimiliki. Jika berhasil mengisi semua kotak yang tersedia, berarti kamu memang memiliki kekayaan wawasan dan kosa kata.

Seiring dengan peningkatan perbendaharaan kata, maka keterampilan kerja dalam hal komunikasi pun terasah. Hal ini akan mendukungmu untuk melakukan pekerjaan sehari-hari khususnya yang berhubungan dengan penyampaian ide secara tertulis.

Selain itu, kamu juga terlatih untuk memikirkan solusi berdasarkan petunjuk-petunjuk. Kebiasaan berpikir jernih dapat membantumu dalam proses penyelesaian masalah di tempat kerja.

3 dari 6 halaman

Sudoku

Kedua, sudoku. Permainan ini adalah salah satu game yang terkenal. Kamu akan ditantang untuk mengisi kotak kosong dengan angka berdasarkan aturan tertentu.

Permainan asah otak ini bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, membiasakan berpikir secara logis, hingga berlatih bekerja dengan cepat.

 Sudoku
© Dream

Dengan mengasah keterampilan kerja seperti berpikir logis, analisis dan memahami pola, maka kemampuan problem solving di tempat kerja pun akan semakin baik.

Keahlian yang satu ini perlu dimiliki pekerja di setiap level, pada semua sektor industri. Individu yang mampu memecahkan masalah sendiri akan menjadi karyawan yang dapat diandalkan.

4 dari 6 halaman

Puzzle

Ketiga, ada puzzle. Saat menyusun potongan-potongan gambar kecil untuk menjadi puzzle yang utuh, kemampuan dalam memperhatikan hal detail akan terlatih.

Keterampilan kerja ini tentu saja berguna untuk mendukungmu melakukan tugas kantor seperti menyusun strategi atau membuat laporan. Jika jeli dalam melihat peluang atau menemukan kesalahan saat mengoreksi dokumen, hasil pekerjaan akan lebih sempurna.

Selain itu, permainan asah otak ini juga dapat mengasah kemampuan untuk fokus, konsentrasi, hingga mempertajam daya ingat jangka pendek. Apabila puzzle dimainkan secara berkelompok, games ini juga dapat meningkatkan kemampuan berkolaborasi dan bekerja sama.

5 dari 6 halaman

Catur

Keempat, catur. Belakangan ini permainan ini menjadi viral karena Dewa Kipas, Dadang Subur, yang menang melawan pemain di platform permainan catur. Bicara soal catur, permainan ini mengasah otak kiri dan kanan.

Saat bermain, kamu harus berpikir logis sekaligus kreatif. Mula-mula kamu harus mengingat bagaimana pola langkah setiap bidak. Seiring permainan berjalan, Sahabat Dream akan tertantang untuk membuat strategi agar bisa menang.

 

 Catur
© Dream

 

Lagi-lagi, permainan asah otak ini juga dapat mendorong peningkatan kemampuan problem solving di tempat kerja dan kehidupan sehari-hari. Keterampilan ini bisa diaplikasikan ketika menghadapi situasi tak terduga. Sebagai contoh, saat pekerjaan berjalan tak sesuai rencana, kamu harus bisa memadukan logika dan kreatif dalam mencari jalan keluar.

6 dari 6 halaman

Board Game

Board game adalah permainan yang komponennya terdiri dari lembaran persegi (bisa berbentuk papan), dan bidak-bidak. Selain catur, permainan lain yang termasuk board game adalah monopoli, ludo, halma, hingga ular tangga.

Permainan ini juga bagus untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Selain itu, kamu juga dapat mengasah keterampilan kerja lainnya seperti komunikasi dan kolaborasi bila permainan dilakukan Bersama dengan tim.

Berbagai jenis games yang disebutkan di atas memang baik untuk mengasah keterampilan kerja. Namun, bukan berarti kamu boleh tenggelam dalam permainan sampai lupa waktu. Bermainlah saat waktu senggang atau saat akhir pekan.

Dengan permainan asah otak, stres akibat pekerjaan akan berkurang. Pada akhirnya, hal ini akan mendorong peningkatan produktivitas kerja. Jadi, yang mana permainan favoritmu untuk mengasah otak, Sahabat Dream?

Join Dream.co.id