Tren Aneh Sewa Mobil, Buat Tidur dan Makan

Dinar | Jumat, 12 Juli 2019 07:45
Tren Aneh Sewa Mobil, Buat Tidur dan Makan

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Fakta ini membuat operator rental mobil geleng-geleng kepala.

Dream - Operator sewa mobil di Jepang mengernyit. Ada tren yang terbilang aneh belakangan ini tentang sewa mobil.

Dikutip dari Oddity Central, Jumat 12 Juli 2019, sewa mobil merupakan cara yang sangat efisien dan nyaman untuk pergi dari titik A ke B. Jasa rental menyukai jarak yang ditempuh selama mungkin karena di sana mereka mendapatkan uang.

Operator penyewaan mobil di Jepang baru-baru ini mengamati tren yang sangat aneh. Sejumlah besar klien mereka menyewa mobil tetapi mencatat jarak tempuh yang sangat rendah atau sama sekali tidak mengendarai mobil.

Namun, kini mereka terheran-heran karena kliennya menyewa mobil, tapi tidak mengendarainya. Ada apa ini? Operator mobil ini melakukan survei dan menemukan hal yang menarik.

Ternyata, hasilnya…

2 dari 6 halaman

Digunakan untuk Tidur dan `Numpang Nelpon`?

Salah satu operator rental mobil di Jepang, NTT Docomo Inc, mengatakan bahwa 1 dari 8 penggunanya menyewa mobil untuk keperluan lain selain mengemudi.

Sebagian besar responden mengatakan mereka menyewa kendaraan untuk tidur atau istirahat.

Ada juga yang menggunakannya sebagai tempat yang tenang dan nyaman untuk menelepon teman, keluarga, dan mitra bisnis.

" Biasanya satu-satunya tempat saya bisa tidur siang saat mengunjungi klien saya adalah warnet di depan stasiun, tetapi menyewa mobil untuk tidur hanya beberapa ratus yen, hampir sama dengan tinggal di warnet,” kata salah seorang pria di Tokyo, Jepang.

Ada juga yang meyewa mobil untuk makan siang, nonton TV, memakai kostum Halloween, dan “ olahraga” wajah.

3 dari 6 halaman

Sewanya `Murah`

NTT Docomo, kepada Asahi Shibun, mengatakan keuntungan sewa mobil adalah harganya terjangkau dan mudah diakses. Biaya sewa selama 30 menit hanya 400 yen (Rp52.103).

Lalu, mobilnya yang disewa bervariasi dan bisa diakses melalui smartphone. Jadi, penyewa mencari tempat makan atau tidur siang dengan menyewa mobil.

“ Mobil bisa digunakan untuk ruang pribadi. Penggunaan yang lebih dari yang diharapkan,” kata salah seorang pejabat Docomo.

4 dari 6 halaman

Malah Ada yang Dijadikan Ruang Kerja

Selain NTT Docomo, operator berbagi mobil lainnya, Times24 juga melaporkan temuan yang serupa. Dalam surveinya, pelanggan menyewa kendaraan untuk tidur atau digunakan sebagai ruang kerja.

Ada juga yang menggunakan untuk menyimpan tas dan barang-barang lainnya.

Operator layanan berbagi mobil, Orix Auto Corp., mengkonfirmasi, mereka juga memperhatikan bahwa banyak dari mobilnya dihidupkan dengan “ tidak ada jarak yang ditempuh”, tetapi tidak akan mengungkapkan bagaimana kendaraan itu sebenarnya digunakan.

" Kami tidak memiliki gagasan yang jelas bagaimana mereka benar-benar menggunakan kendaraan kami," kata seorang petugas hubungan masyarakat Orix kepada Asahi Shimbun.

" Satu-satunya hal yang dapat kami katakan adalah bahwa data menunjukkan sejumlah orang menyewa mobil tanpa mengendarainya,” tambah perusahaan.

Tren yang tidak biasa dapat ditelusuri kembali setelah tsunami 2011, ketika orang mulai menyewa mobil hanya untuk mengisi daya ponsel mereka.

Meskipun sebagian besar klien masih menggunakan mobil sewaan untuk mengemudi, jumlah mereka yang menggunakannya untuk tujuan lain perlahan-lahan meningkat.

5 dari 6 halaman

Survei: Pria Lebih Nyaman Sewa Mobil daripada Wanita

Dream – Masyarakat Indonesia tentu tak asing dengan bisnis rental mobil. Di musim mudik seperti tahun lalu, bisnis rental mobil biasanya panen. Banyak orang yang tak memiliki kendaraan menggunakan jasa yang mereka tawarkan. 

Beragam jenis mobil ditawarkan pada masyarakat mulai dari city car sampai SUV.

Berbicara rental mobil, ternyata pria lebih nyaman menggunakan kendaraan rental daripada wanita.

Dilansir dari Auto Evolution, Selasa 21 Agustus 2018, sebuah studi dari perusahaan rental mobil, Rhino Car Hire, belum lama ini melakukan studi tentang kepercayaan diri pria dan wanita tentang sewa mobil dan meneliti 5 ribu pengendara.

Hasilnya, 4 dari 5 pria merasa nyaman menggunakan mobil rental daripada wanita.

Data tersebut menunjukkan bahwa pelanggannya mayoritas pria, yaitu 82 persen pria dan 18 persen wanita. Sebagian besar pelanggan wanita yang menyewa mobil di Rhino Car Hire berasal dari Spanyol 31 persen, Selandia Baru 30 persen, dan Perancis 24 persen.

6 dari 6 halaman

Wanita Takut Pakai Mobil Orang?

Marketing Manager di Rhino Car Hire, Phil Partridge, mengatakan pria mengemudi bersama pasangan dan keluarganya. Kaum adam ini juga merasa nyaman jika menggunakan kendaraan yang bukan miliknya.

“ Kami mempertimbangkan apakah laki-laki cenderung mengemudi dengan keluarga atau pasangan dan mungkin memiliki kepercayaan diri yang lebih besar untuk mengendarai kendaraan asing di jalan yang bukan miliknya,” kata Partridge.

Kalau wanita, bagaimana? Partridge mengatakan perempuan cenderung tidak nyaman mengendarai mobil rental. Alasannya, mobil itu bukan miliknya, atau tak dikenalnya sama sekali.

Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham
Join Dream.co.id