Bangku Sekolah Penghambat Kesuksesan Bisnis?

Dinar | Rabu, 30 Mei 2018 07:19
Bangku Sekolah Penghambat Kesuksesan Bisnis?

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Pendapat ini disampaikan oleh salah satu miliarder.

Dream – Ada nasihat unik dari miliarder muda, Tim Chen, untuk kamu yang ingin merintis bisnis. Tim menyarankan untuk mempelajari banyak hal di luar sekolah.

Dia malah menyebut sekolah menjadi kendala kalau berbicara mendirikan perusahaan sukses.

“ Masalahnya, sekolah bisa mempersempit parameter kesuksesanmu,” kata Chen dikutip dari CNBC, Rabu 30 Mei 2018.

Dia mengatakan, pendidikan di sekolah terlalu menitikberatkan pada bagaimana menyelesaikan tes dan mengesampingkan kemampuan siswa untuk berpikir kreatif.

Cofounder dan CEO NerdWallet ini justru berkata, orang-orang yang cerdas menjadi pengusaha yang buruk saat terjun ke dunia bisnis. Tak hanya itu, mereka yang cerdas di sekolah cenderung menjadi pemecah masalah yang buruk ketika berbisnis.

“ Sekolah bisa menjadi pemberi nilai terburuk di dunia,” kata dia.

Sebab, kata Chen, para siswa dilatih untuk melihat kesuksesan terbatas pada ujian di kertas hitam putih. Padahal, sebaiknya para siswa dilatih untuk memandang kegagalan sebagai peluang untuk belajar.

“ Jika menganggap kegagalan sebagai sesuatu yang menarik dan penasaran mencari penyebabnya, kamu akan tumbuh menjadi lebih baik,” kata dia.

Jika memulai bisnis dan melihat banyak kegagalan seperti kegagalan ujian, ya, sudah. Kamu akan “ tamat”. Itu artinya, kamu sendiri yang menggagalkan diri sendiri.

Komentar serupa juga dilontarkan oleh orang-orang sukses lainnya. Sebut saja pendiri Virgin Group, Richard Branson. Branson mengkritik pedoman ujian sekolah yang tidak fleksibel.

“ Anak-anak diajarkan untuk lulus ujian daripada memahami konsep dan memperluas pikiran mereka,” kata dia.

Bos Berkshire Hathaway, Warren Buffet, dan pendiri Apple, Steve Wozniak, juga bersikeras bahwa ada banyak hal yang bisa dipelajari di luar kampus.

“ Pendidikan terbaik yang bisa kamu dapatkan adalah berinvestasi pada diri sendiri. Tapi, ini tidak selalu berarti perguruan tinggi atau universitas,” kata Buffet. (ism)

Jokowi Menanggapi Desakan Pembentukan TGPF kerusuhan Bawaslu
Join Dream.co.id