Pertarungan Baru Samsung Versus Apple Kembali Pecah

Dinar | Selasa, 14 April 2015 16:02
Pertarungan Baru Samsung Versus Apple Kembali Pecah

Reporter : Ramdania

Dua perusahaan gadget besar memulai persaingannya dengan meluncurkan dua produk secara bersamaan. Siapa yang menang?

Dream - Dua musuh bebuyutan di dunia telepon pintar, Apple dan Samsung kembali terlibat perang gadget. Kedua raksasa teknologi itu meluncurkan produk-produk andalannya pada hari yang sama pekan lalu.

Jika Samsung merilis dua smartphone andalannya, Galaxy S6 dan variannya, Galaxy S6 Edge, Apple meluncurkan Apple Watch, sebuah jam tangan pintar yang bisa terhubung dengan iPhone.

Selain bisa didapatkan di Korea Selatan yang merupakan rumah Samsung, Galaxy S6 dan S6 Edge juga dipasarkan di Eropa, Amerika Serikat dan kawasan Asia Pasifik seperti Australia, Singapura dan India.

Seperti dikutip dari Gulf News, Selasa 14 April 2015, di tengah menurunnya pendapatan di beberapa kuartal secara berturut-turut serta booming penjualan iPhone 6, Samsung berharap peluncuran dua Galaxy terbaru itu mampu membalikkan situasi.

Namun, Galaxy S6 diprediksi bakal bersaing ketat dengan Apple Watch yang bisa terhubung dengan iPhone secara nirkabel untuk membuat pesan dan panggilan serta menjalankan aplikasi.

Selain Samsung, Motorola dan LG sebenarnya pernah meluncurkan jam tangan pintar tetapi gagal di pasar. Namun untuk kasus Apple Watch, pengamat yakin akan mendapat tempat di hati penggemar berkat kualitas desain dan aplikasinya yang bersifat universal.

Mulai Jumat pekan lalu, Apple sudah mulai menerima pesanan awal untuk Apple Watch baik di Apple Store fisik di beberapa wilayah tertentu maupun yang versi online. Apple membanderol Apple Watch mulai dari US$ 349, dengan versi emas edisi terbatas seharga US$ 10.000.

Harga ritel Galaxy S6 sekitar US$ 800 di Korea Selatan, sedangkan S6 Edge sekitar US$ 887, selisihnya sangat jauh dari rivalnya Apple Watch. Untuk casing Galaxy S6, Samsung sudah mulai meninggalkan plastik dan menggantinya dengan bahan metal dan kaca.

Sementara itu, S6 milik Samsung mendapatkan ulasan yang positif dari pakar teknologi. Wall Street Journal menyebut seri Galaxy S6 sebagai 'ponsel yang paling indah yang pernah dibuat Samsung'.

Selain bersaing dengan Apple, Samsung juga berhadapan dengan Lenovo dan Xiaomi, dua perusahaan smartphone dari Tiongkok yang akhir-akhir ini menggerogoti Samsung untuk segmen pasar menengah dan bawah. (Ism)

Ria Irawan Larang Rano Karno Jenguk Dirinya, Kenapa?
Join Dream.co.id