OJK: Saling Jaga Kitabisa Urus Perizinan, Snack Video Beroperasi Lagi

Dinar | Rabu, 5 Mei 2021 19:33
OJK: Saling Jaga Kitabisa Urus Perizinan, Snack Video Beroperasi Lagi

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Satgas Waspada Investasi meminta Kitabisa mengurus izin usaha Saling Jaga.

Dream – Selain memblokir pinjol dan investasi ilegal, Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menemukan kegiatan penghimpunan dana Saling Jaga dari Kitabisa.com belum mendapatkan izin usaha. Satgas menduga kegiatan itu adalah perasuransian.

“ Sebagaimana dimaksud dalam UU No.40 Tahun 2014 tentang Perasuransian, sehingga harus mendapatkan izin usaha perasuransian dari OJK,” kata Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam Lumban Tobing, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu 5 Mei 2021.

Satgas Waspada Investasi bersama pengurus Kitabisa.com sepakat untuk menghentikan program Saling Jaga sampai memperoleh izin kegiatan usaha perasuransian dari OJK.

Satgas Waspada Investasi mempersilakan masyarakat yang ingin bertanya tentang fintech lending atau ingin investasi. Masyarakat juga bisa melaporkan fintech lending dan investasi bodong yang bisa merugikan masyarakat.

Masyarakat bisa menghubungi Satgas Waspada Investasi melalui Kontak OJK 157 atau WA 08115715715.

“ Pihak Satgas Waspada Investasi yang terdiri dari 13 kementerian dan lembaga akan terus melakukan patroli siber rutin yang frekuensinya akan terus ditingkatkan sejalan dengan masih banyaknya temuan fintech lending dan penawaran investasi ilegal melalui berbagai saluran teknologi komunikasi di masyarakat,” kata dia.

2 dari 2 halaman

Snack Video Kantongi Izin Usaha

Sejak tahun 2018 sampai  April 2021, Satgas sudah menutup sebanyak 3.193 fintech lending ilegal. Sementara dari 26 entitas investasi yang ditemukan pada April.

Puluhan investasi bodong itu yaitu 11 money game, 3 investasi cryptocurrency, 1 sistem pembayaran tanpa izin, 2 pembiayaan tanpa izin, dan 9 kegiatan lainnya.

Tongam juga mengatakan bahwa Snack Video telah mendapatkan izin usaha sehingga aplikasi ini tak lagi diblokir.

“ Informasi mengenai daftar perusahaan yang tidak memiliki izin dari otoritas berwenang dapat diakses melalui Investor Alert Portal pada www.sikapiuangmu.ojk.go.id,” kata dia.

Join Dream.co.id