Bukan Menikah, Ini Jalan Keluar Saat Jenuh Bekerja

Dinar | Selasa, 19 Maret 2019 10:15
Bukan Menikah, Ini Jalan Keluar Saat Jenuh Bekerja

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Yakin dengan menikah kamu takkan lagi pusing dengan persoalan hidup?

Dream – Ketika sudah capek dan lelah bekerja, rasanya segala sesuatu terasa berat. Untuk menjalani hari-hari dan rutinitas, di pikiran yang terbanyak hanya beban dan tekanan.

Jika kondisinya sudah begini, bayangan langsung mengarah pada celetukan, ketika sudah lelah bekerja rasanya ingin menikah saja.

Dikutip dari Fimela, Selasa 19 Februari 2019, menikah bukanlah satu-satunya solusi yang ada saat lelah melanda. Ada jalan keluar yang lebih baik daripada itu.

Ketika sudah jenuh dengan rutinitas pekerjaan, mungkin kini saatnya membuat perubahan baru atau mencoba karier baru yang lebih baik.

Memasuki dunia kerja memang membuat seseorang dihadapkan dengan berbagai macam rutinitas dan tantangan. Ada kalanya rasa jenuh menghadang. Rasa ingin berhenti bekerja dan beristirahat seperti solusi paling tepat. 

Pilihan langsung berhenti kerja tanpa punya rencana apa-apa bukan jalan keluar yang tepat. Bukannya membaiknya, keadaannya malah aka makin memburuk.

Terobosan yang harus kamu lakukan adalah membuat perubahan di dalam karier. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan terlebih dahulu untuk membuat perubahan dalam karier atau pekerjaan kita.

Berikut ini adalah rinciannya.

2 dari 5 halaman

Izinkan Diri untuk Istirahat Sejenak

Sudah cukup lama bertahan dan banyak hal yang diperjuangkan. Mungkin selama ini kita terlalu keras pada diri sendiri.

Sekarang saatnya untuk istirahat. Izinkan diri untuk melepas lelah dan penat. Jernihkan pikiran. Mungkin kamu bisa berlibur atau hang out dengan teman-teman dekat.

Buatlah diri merasa nyaman terlebih dahulu. Tubuh dan pikiran kita juga berhak istirahat agar tak gampang sakit.

3 dari 5 halaman

Minta Saran dan Masukan dari Sahabat

Saat ini, mungkin kita sedang bingung. Ingin melepas pekerjaan yang dimiliki sekarang, tapi belum punya “ pegangan”. Mau terus bertahan di pekerjaan yagn semakin lama menjenuhkan, malah jadi siksaaan.

Cobalah cari saran dan masukan dari orang-orang yang dipercaya. Misalnya, ke sahabat dekat yang sudah paham betul dengan sepak terjang membangun karier.

Kita bisa dapat pencerahan soal perubahan apa yang diinginkan dalam karier saat ini.

4 dari 5 halaman

Buat Daftar Pekerjaan Baru yang Ingin Dicoba

Apa saja kelebihan dan kompetensi yang dikantongi? Pengalaman karier apa yang membuatmu bahagia? Pekerjaan apa yang membuat kita bersemangat menyambut hari?

Fokuskan itu pada satu titik tentang pekerjaan baru yang akan dirintis.

Contohnya, kalau sekarang sudah sangat jenuh bekerja sebagai karyawan dan ingin menjadi pemilik bisnis, cobalah fokus dengan bisnis yang ingin dibangun. Dari sini, kita bisa mencari berbagai bekal dan modal untuk mengambil langkah pertama.

Buatlah satu pilihan dan fokus untuk membuat langkah-langkah penting yang perlu diambil. Anggap saja mulai lagi dari nol. Kalau ada impian dan karier baru yang lebih menjanjikan untuk diusahakan, pasti akan ada banyak jalan dan peluang baru yang bisa dicoba.

5 dari 5 halaman

Siap Mental Hadapi Perubahan

Mental juga perlu dipersiapkan dengan matang ketika akan melakukan perubahan pekerjaan ini. Bisa jadi akan ada orang-orang yang meragukann keputusanmu.

Mungkin ada yang menyayangkan keputusanmu melepas pekerjaan yang sekarang demi yang baru.

Tapi, selama hati dan pikiran sudah mantap ketika mengambil keputusan, cobalah untuk terus berjalan memperjuangkan keputusan yang sudah diambil. 

Umroh Bareng Pasangan, Foto Sweet Selebritis Saat di Mekkah
Join Dream.co.id