Rp400 M Demi Mencari Lahan Pemakaman di Ibukota

Dinar | Senin, 8 Januari 2018 15:29
Rp400 M Demi Mencari Lahan Pemakaman di Ibukota

Reporter : Syahid Latif

Dari rencana pembebasan lahan 794 Ha, lahan pemakaman yang sudah dibebaskan sudah mencapai 611 Ha.

Dream - Jakarta terancam menghadapi masalah baru. Bukan kemacetan yang memang sudah jadi menu sehari-hari, ibukota negara ini ternyata memiliki masalah keterbatasan lahan pemakaman.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melaporkan lahan pemakaman yang harus dibebaskan untuk kebutuhan pemakaman penduduk ibukota mencapai 794 hektare. Dari kebutuhan tersebut, areal yang sudah tersedia baru mencapai 611 hektare, kurang 183 hektare.

Menghadapi kekurangan lahan tersebut, Dinas Kehutanan DKI Jakarta mengaku telah mengalokasikan anggaran Rp400 miliar untuk pengadaan lahan makan tahun 2018.

Dana tersebut belum menyertakan luas lahan pemakaman yang akan dibebaskan. Luas lahan akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran.

Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta, Djafar Muchlisin mengatakan nilai lahan di setiap daerah berbeda-beda.

" Kami anggarkan Rp 400 miliar tahun ini untuk beli lahan makam. Tapi untuk luasan kita tidak bisa tentukan," ujar Djafar seperti dikutip dari laman beritajakarta.id.

Menurut Djafar, hampir setiap tahun Pemprov terus menambah lahan pemakaman. Harapannya target luas lahan 794 hektare dapat tercapai.

Selain membeli lahan, tahun ini Dinas Kehutanan juga melakukan pematangan lahan di beberapa lokasi. Khususnya di lokasi-lokasi yang lahannya telah dibebaskan pada tahun-tahun sebelumnya.

" Karena memang ada lahan yang kondisinya masih rawa," tandasnya.

(Sah)

Terkait
Komentar
Beri Komentar
Prabowo: Kalau Gak Ada Perbedaan, Buat Apa Ribut
Join Dream.co.id
Kondisi Korban Ledakan di Lokasi Debat Capres