Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

RI-Malaysia Bentuk Pusat Pasar Modal Syariah Dunia

RI-Malaysia Bentuk Pusat Pasar Modal Syariah Dunia Bursa Efek Indonesia (Dream.co.id)

Dream - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Bursa Malaysia menjalin kerja sama membentuk pasar Pusat Pasar Modal Syariah Dunia. Nota kesepahaman ini bertujuan untuk membangun kerja sama yang mendukung pasar modal syariah di kedua negara.

Tujuan dari pembentukan Pusat Pasar Modal Syariah Dunia ini adalah menjadi pusat sekuritisasi dan instrumen syariah di pasar global. Selain itu, tujuan pembentukan lainnya adalah menjadi rujukan utama dalam pengembangan efek syariah dunia, serta menjadi pusat riset maupun pengembangan struktur mikro pasar modal syariah global.

Lebih jauh, kedua pihak berharap kerja sama ini bisa melahirkan pusat pengembangan sumber daya manusia yang profesional di industri pasar modal syariah dunia dan menjadi gerbang utama penerbitan efek syariah di pasar global.

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Tito Sulistio, mengatakan kerja sama ini merupakan langkah lanjutan yang akan bermanfaat bagi kedua negara yang diharapkan dapat membuat Indonesia dan Malaysia secara bersama-sama dapat menjadi pasar modal syariah terkemuka di dunia.

"Kami berharap kerja sama ini dapat terus mengembangkan instumen untuk pasar modal syariah secara bersama-sama sehingga dapat menjadi acuan di tinggal global," kata Tito dalam acara penandatangan nota kesepahaman BEI dengan Bursa Malaysia di sela-sela acara "12th World Islamic Economic Forum", Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta, Selasa 2 Agustus 2016.

Sementara itu, Chief Executive Officer Bursa Malaysia Berhad, Tajuddin bin Atan, mengatakan pihaknya menyambut baik kerja sama itu. Dengan MoU ini, Tajuddin mengatakan kedua bursa bisa bekerja sama dalam memperkaya penawaran di pasar modal dan memperluas kegunaan dan persediaan produk dan likuiditas produk syariah.

"Dalam meningkatkan keunggulan pasar modal syariah, saya optimistis kerja sama ini dapat mendukung pertumbuhan dari pasar modal syariah untuk Malaysia dan Indonesia baik melalui perkembangan produk ataupun promosi pasar," kata dia.

Tajuddin mengatakan Indonesia merupakan mitra dagang ketujuh terbesar dan ketiga di antara negara-negara di kawasan Asia Tenggara pada 2015 serta hubungan bilateral yang baik dan peluang bisnis yang semakin menjanjikan di antara kedua negara. Dengan jumlah penduduk di kedua negara yang hampir mencapai 300 juta jiwa, perjanjian kedua negara ini berpotensi memberikan banyak manfaat, khususnya bagi investor ritel dan institusi.

Sekadar informasi, sekadar informasi, berdasarkan laporan dari State of the Global Islamic Economy 2015, pada tahun 2014 pasar keuangan syariah global diestimasikan memiliki aset US$1,81 triliun. Dari jumlah tersebut, sebanyak US$295 miliar merupakan nilai outstanding sukuk dengan pertumbuhan rata-rata 6 persen setiap tahunnya.

Nilai aset pasar keuangan syariah global di 2014 tersebut mengalami kenaikan 9,69 persen jika dibandingkan dengan US$1,65 triliun di 2013. Dengan semakin tumbuhnya pasar keuangan syariah di seluruh dunia, aset pasar keuangan syariah global diperkirakan akan tumbuh menjadi US$3,24 triliun di 2020 mendatang.

Dari total aset pasar keuangan syariah global, dua negara di Asia Tenggara masuk ke dalam 10 negara dengan pasar keuangan syariah terbesar di dunia. Malaysia saat ini merupakan pasar keuangan syariah terbesar di dunia dan Indonesia dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia dan total populasi sekitar 250 juta penduduk berpotensi menjadi pasar keuangan syariah terbesar di dunia di masa depan. (Sah)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
15 Pasar Jalanan Paling Tua di Dunia, Ada yang Umurnya Ribuan Tahun

15 Pasar Jalanan Paling Tua di Dunia, Ada yang Umurnya Ribuan Tahun

Semua orang tentu pernah melihat atau bahkan pergi mengunjungi pasar jalanan. Yuk, simak pasar jalanan apa saja yang paling tua di dunia!

Baca Selengkapnya
Sepanjang 2023, Pemerintah Sukses Musnahkan Barang Impor Ilegal Senilai Rp174 Miliar

Sepanjang 2023, Pemerintah Sukses Musnahkan Barang Impor Ilegal Senilai Rp174 Miliar

Kementerian Perdagangan mengumumkan bahwa ratusan miliar barang impor ilegal telah dimusnahkan sepanjang tahun lalu.

Baca Selengkapnya
5 Negara dengan Tarif Pajak Tertinggi di Dunia, Ada yang `Sumbang` Separuh Penghasilan Buat Negara

5 Negara dengan Tarif Pajak Tertinggi di Dunia, Ada yang `Sumbang` Separuh Penghasilan Buat Negara

Berikut ini lima negara yang dinilai menetapkan tarif pajak tertinggi di dunia

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
DRESS IT! Tips Gantung Jeans yang Benar

DRESS IT! Tips Gantung Jeans yang Benar

Bagaimana cara Sahabat dream, selama ini menggantung celana jeans? Pernah coba gaya berbeda seperti tutorial menggantung jeans ini belum?

Baca Selengkapnya