Viral ID Pelanggan Diblokir Saat Mau Bayar Tagihan Listrik, Ini Kata PLN

Dinar | Sabtu, 6 Juni 2020 10:15
Viral ID Pelanggan Diblokir Saat Mau Bayar Tagihan Listrik, Ini Kata PLN

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Berbagai sarana call center PLN sulit diakses.

Dream – Pelanggan pascabayar PT PLN (Persero) tengah uring-uringan. Sejak kemarin para penggunan setrum dari perusahaan pemerintah ini tak bisa membayar tagihan listrik untuk penggunaan selama bulan Mei 2020.

Sejumlah pelanggan juga mengeluhkan nomor pelanggan mereka yang diblokir PLN saat hendak membayar tagihan melalui aplikasi mobile banking.

Beberapa pelanggan lain kaget saat melihat jumlah tagihan listrik Juni 2020. Biaya yang seharunya dikeluarkan masyarakat ini ternyata melejit sangat tinggi.

Pemberitahuan pemblokiran ini tak hanya terjadi di mobile banking, tetapi juga pembayaran online, seperti e-commerce. Masalah pemblokiran ini menjadi warganet Twitter bertanya-tanya.

“ @pln_123, kenapa saya diblokir? Tolong cek DM,” tulis @adiepratamap_.

“ @pln_123 mau bayar listrik tapi, kok, nggak bisa terus, malah yang diblokir, mohon cek DM, ya,” cuit @mialestari_.

Dream sempat mencoba mengakses tagihan listrik seperti yang dikeluarkan banyak pelanggan. Metode pembayaran dilakukan melalui fasilitas mobile banking setelah memasukkan nomor ID pelanggan.

Benar saja muncul tulisan berisi pengumumkan ID pelanggan telah diblokir. Pelanggan diharapkan untuk menghubungi PLN.

 ID pelanggan diblokir.© Istimewa

Sayangnya saat mencoba mengubungi nomor call center PLN untuk meminta penjelasan pemblokiran, tak ada pihak yang menjawab panggilan tersebut. Sejumlah sarana call center PLN seperti VoiP serta Virtual Assistant PLN sudah dicoba dikontak namun tak ada satupun yang berhasil.

2 dari 2 halaman

Ada Gangguan Sistem

Maraknya pengaduan pemblokiran nomor pelanggan listrik, PLN buka suara. BUMN setrum ini menyebut ada gangguan sistem pembayaran.

“ Hari ini sedang ada gangguan dalam hal pembayaran listrik,” kata petugas CS PLN ketika dihubungi, Jumat 5 Juni 2020.

Dikatakan bahwa perusahaan pelat merah ini telah menerima aduan yang serupa. Jika ada pelanggan yang mendapatkan pemberitahuan bahwa nomor ID-nya diblokir, itu bukan berarti yang bersangkutan punya tagihan listrik.

Petugas ini menyebut sistem pembayaran akan kembali normal pada Sabtu 6 Juni 2020. “ Informasinya, besok sudah mulai normal,” kata dia.

Pagi ini Dream sempat kembali mencoba membayar tagihan PLN melalui aplikasi mobile banking BCA. Hasilnya, nomor pelanggan masih dinyatakan diblokir pihak PLN(Sah)

Join Dream.co.id