100 Ribu Barang di Lapak Tokopedia Ludes dalam 1 Jam Selama Ramadan 2021

Dinar | Kamis, 20 Mei 2021 12:48

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Kategori ini paling diminati masyarakat.

Dream – Aktivitas belanja online masyarakat Indonesia selama menjalani Ramadan tahun ini 2021 cukup mencengangkan. Platform e-Commerce, Tokopedia bahkan mencatat 100 ribu barang di lapak mitra usahanya ludes hanya dalam waktu satu jam selama Puasa kemarin.

Tokopedia melaporkan ternyata peningkatan transaksi untuk beberapa kategori produk, salah satunya adalah kategori fesyen Muslim dan parsel. Sejumlah barang lain yang mengalami kenaikan transaksi adalah perabotan dan perlengkapan rumah tangga, kesehatan dan perawatan tubuh serta fashion.

“ Khusus untuk kategori Fashion Muslim, transaksinya meningkat hampir empat kali lipat dibandingkan rata-rata bulanan 2021,” ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, keterangan tertulis Tokopedia, dalam keterangan tertulisnya.

Khusus untuk transakai kategori parcel, dilaporkan transaksinya meroket lebih dari tiga kali lipat selama kampanye “ Parsel Ramadan” dibandingkan dengan bulan sebelum kampanye. Dibutuhkan lebih dari dua tahun seorang kasir untuk menyelesaikan seluruh pesanan parsel yang dijual di Tokopedia.

“ Secara umum, lebih dari 100 ribu produk berbeda terjual dalam 1 jam lewat Tokopedia selama Ramadan 2021,” kata dia.

100 Ribu Barang di Lapak Tokopedia Ludes dalam 1 Jam Selama Ramadan 2021
Apa Saja Produk Yang Paling Banyak Diminati Masyarakat Di Tokopedia? (Foto: Tokopedia)
2 dari 3 halaman

Donasi, Zakat, dan Wakaf Juga Naik

Tokopedia juga mempermudah masyarakat membeli produk bersertifikat halal melalui ekosistem Tokopedia Salam. Rendang Den Lapeh, salah satu pegiat usaha makanan halal, turut mencatat peningkatan transaksi hampir enam lipat selama Ramadan 2021 dibandingkan Ramadan 2020 lalu.

Kemudahan ini adalah hasil kolaborasi Tokopedia dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) selaku otoritas penerbit sertifikat halal resmi dari pemerintah dan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH).

Selama Ramadan 2021, semangat masyarakat dalam berbagi dari rumah terus meningkat, terlihat dari jumlah Zakat, Donasi dan Wakaf yang terkumpul di platform Tokopedia mencapai Rp13 miliar. Masyarakat juga bisa beribadah lewat fitur Al-Qur’an Digital dan Jadwal Sholat di Tokopedia Salam.

“ Sejak pertama diluncurkan, pengguna aktif bulanan Jadwal Sholat meningkat hampir 12 kali lipat, sedangkan pengguna aktif bulanan Al-Quran Digital melonjak lebih dari 35 kali lipat,” kata Ekhel.

3 dari 3 halaman

Acara Ramadan Tokopedia Jadi Favorit, Pengiriman Instan Jadi Primadona

Tokopedia WIB TV Show Spesial Ramadan Extra yang diselenggarakan pada tanggal 23 April 2021 dan diisi oleh penampilan artis nasional seperti Iwan Fals, NOAH, Afgan serta artis internasional seperti The Boyz dan brand ambassador Tokopedia, BTS, telah disaksikan oleh setengah dari penonton TV di seluruh Indonesia.

“ Data internal kami juga menunjukan bahwa dibutuhkan lebih dari 600 ribu pesawat untuk mengangkut jumlah pengunjung Tokopedia di bulan Ramadan 2021,” kata Ekhel.

Selain itu, pengiriman barang melalui Sameday dan Instant menjadi andalan masyarakat saat berbelanja kebutuhan Ramadan. “ Jika diakumulasi, pengguna dapat menghemat waktu pengiriman hingga 24 ribu tahun berkat layanan ini,” kata dia.

© Dream
Join Dream.co.id