Profil Putri Tanjung, 'Squad Milenial' Jokowi Termuda Putri Miliarder RI

Dinar | Jumat, 22 November 2019 14:12

Reporter : Mutia Nugraheni

Presiden Jokowi bahkan sangat kaget saat tahu usia Putri.

Dream - Mengenakan kemeja putih dengan celana hitam fit semata kaki, Putri Tanjung duduk santai bersama dengan enam staf khusus lain yang ditunjuk Jokowi. Boleh dibilang mereka adalah " Squad Milenial" sang Presiden.

Terobosan kaum muda memang sangat dibutuhkan oleh negara ini. Di antara 7 staf khusus tersebut, Putri adalah yang termuda. Perempuan lulusan Academy of Art di San Fransisco ini kelahiran 22 September 1996. Presiden Jokowi bahkan sangat kaget saat tahu usia Putri.

" Putri Indahsari Tanjung, umur masih sangat muda 23 tahun. Saya kaget 23 tahun," ujar Jokowi di Istana, Jakarta, Kamis, 21 November 2019 kemarin.

Nama Putri Tanjung tak bisa dilepaskan dari nama besar ayahnya, Chairul Tanjung. Biasa disapa CT, Chairul adalah pengusaha sukses yang sempat menjadi Menteri Koordinator Perekonomian di era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono.

Chairul Tanjung juga menjadi salah satu langganan penghuni daftar orang terkaya Indonesia dan dunia. 

 

Profil Putri Tanjung, Squad Milenial Jokowi Termuda Putri Miliarder RI
Putri Tanjung (Foto: Instagram Putri Tanjung)
2 dari 6 halaman

Tak Pernah Bekerja di Perusahaan Ayahnya

Faktanya sampai saat ini Putri tak pernah bekerja sekali pun di perusahaan ayahnya. Ia memilih untuk membuat perusahan sendiri dan kini menjabat sebagai CEO Creativepreneur dan Chief Officer Kreatif. Creativepreneur adalah penyedia event untuk menyebarkan virus entrepreneur bagi anak muda.

 Putri Tanjung© Foto: Instagram @putri_tanjung

Sederet acara seminar bisnis dan kreatif telah dilakukan Putri bersama timnya. Penunjukkannya sebagai salah satu staf khusus Presiden, tak dipungkiri membuatnya bangga sekaligus haru.

Hal tersebut disampaikan Putri Tanjung melalui sebuah unggahan di Instagram Story di akun Instagram pribadi sesaat setelah ia diumumkan sebagai salah satu staf khusus Presiden.

" Terharu. Terima kasih banyak teman teman untuk respond yang sangat positif dan supportnya. Insya Allah akan menjalankan amanah sebaik mungkin," tulis Putri.

Selamat bekerja, Putri!

Sumber: Liputan6.com

3 dari 6 halaman

Putri Tanjung Sempat Ogah Jadi Penerus Bisnis Chairul Tanjung

Dream – Putri Indahsari Tanjung, anak dari miliarder Indonesia, Chairul Tanjung mengaku sempat berpikir akan menolak tawaran mengelola raksasa bisnis perusahaan ayahnya. Sebaliknya, Putri ingin memiliki perusahaan yang jauh lebih besar dari orang terkaya ke-7 versi Forbes tersebut. 

 Putri Tanjung Sempat Ogah Jalankan Perusahaan Sang Ayah?© MEN

Pengakuan itu disampaikan Putri ketika menjadi bintang tamu di saluran Youtube Raffi Ahmad, RANS Entertainment, dikutip Dream, Rabu 6 Februari 2019.

“ Kalau misalnya, nih, tahun ini, dua tahun ini, bokap lo bilang ‘Lo pegang Trans TV, Trans 7 langsung’, siap nggak?” tanya Raffi Ahmad kepada Putri.

Jika ditanya soal kesiapan, Putri mengatakan,tidak akan pernah siap untuk menjalankan perusahaan media sang ayah.

“ Cuma, mau nggak mau gue harus nyemplungin diri gue aja sih,” kata dia.

Sebelum rencana meneruskan bisnis sang ayah muncul, Putri mengaku jika awalnya dia enggan mengelola perusahaan ayahnya.

“ Bokap gue pernah bilang dulu, tuh, gue nggak mau masuk perushaan bokap gue. Sampai sekarang belum (mau),” kata dia.

4 dari 6 halaman

Mengapa?

Ada dua alasan Putri enggan bekerja di perusahaan sang ayah. Pertama, dia sudah punya perusahaan sendiri. Kedua, dia ingin mengalahkan sang ayah.

 Pesona Putri Tanjung, Anggota Termuda Stafsus Jokowi© MEN

“ Gue mau perusahaan gue lebih hebat daripada perusahaan bokap gue,” kata dia.

Namun, lanjut Putri, lama-lama dia sadar menjalankan perusahaan sang ayah bukanlah pilihan, melainkan tanggung jawab. Sebagai seorang anak, wanita belia ini merasa harus membantu CT.

“ Gue harus ngebantu bokap gue karena tanggung jawab itu juga. Alhamdulillah, gue juga punya passion di industri itu,” kata dia.

5 dari 6 halaman

Putri Orang Terkaya ke-7 Indonesia Jual Pembatas Buku Demi Uang Jajan

Dream – Tak hanya mendapatkan tekanan karena berstatus anak miliarder, Putri Indahsari Tanjung juga mendapatkan didikan yang keras dari orang tuanya ketika masih kecil. Sang ayah, Chairul Tanjung (CT), mengajarkan kedisiplinan kepada Putri.

 Putri Tanjung Ungkap Masa Lalu Sang Ayah© MEN

Salah satu didikan miliarder yang masuk 10 orang terkaya di Indonesia adalah soal pengaturan uang jajan.

“ Bokap mendidik gue keras, dalam arti disiplin. Dari kecil, gue dikasih uang jajan setengah dari teman-teman gue,” kata Putri kepada Raffi Ahmad, dikutip dari channel Youtube RANS Entertainment, Rabu 6 Februari 2019.

Di hadapan Raffi, Putri harus memutar otak untuk mendapatkan uang tambahan. Dia pernah menjual pembatas buku untuk mendapatkan tambahan uang jajan.

Hal ini dilakukan ketika dia ingin menyantap makanan yang sama dengan teman-temannya.

“ Tapi, ya, gue jualnya ke bokap gue, ke nyokap gue juga. Tapi, harus ada effort,” kata dia.

6 dari 6 halaman

Diajarkan Bisnis Sedari Kecil

Mendengar penuturan Putri, Raffi bertanya kepada dia. Ayah Rafathar Malik Ahmad ini bertanya apakah wanita berusia 22 tahun ini sudah diajarkan bisnis sedari kecil.

“ Jadi, lo diajarin dagang sejak kecil? Sudah diajarin bisnis?” tanya Raffi.

“ Bener,” jawab Putri.

Founder Creativepreneur Event Creator ini mengaku punya passion yang sama dengan sang ayah. Dia ingin menjadi seorang pengusaha seperti CT.

“ Sama kayak bokap gueGue ada di industri kreatif. Alhamdulillah banget ada di PT Creativepreneur Event Creator,” kata dia.

Join Dream.co.id