Putri Tanjung Sempat Ogah Jadi Penerus Bisnis Chairul Tanjung

Dinar | Rabu, 6 Februari 2019 19:15

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Dia juga merasa tak siap ketika ditanya tentang kesiapannya menjalankan perusahaan Chairul Tanjung.

Dream – Putri Indahsari Tanjung, anak dari miliarder Indonesia, Chairul Tanjung mengaku sempat berpikir akan menolak tawaran mengelola raksasa bisnis perusahaan ayahnya. Sebaliknya, Putri ingin memiliki perusahaan yang jauh lebih besar dari orang terkaya ke-7 versi Forbes tersebut. 

Pengakuan itu disampaikan Putri ketika menjadi bintang tamu di saluran Youtube Raffi Ahmad, RANS Entertainment, dikutip Dream, Rabu 6 Februari 2019.

“ Kalau misalnya, nih, tahun ini, dua tahun ini, bokap lo bilang ‘Lo pegang Trans TV, Trans 7 langsung’, siap nggak?” tanya Raffi Ahmad kepada Putri.

Jika ditanya soal kesiapan, Putri mengatakan,tidak akan pernah siap untuk menjalankan perusahaan media sang ayah.

“ Cuma, mau nggak mau gue harus nyemplungin diri gue aja sih,” kata dia.

Sebelum rencana meneruskan bisnis sang ayah muncul, Putri mengaku jika awalnya dia enggan mengelola perusahaan ayahnya.

“ Bokap gue pernah bilang dulu, tuh, gue nggak mau masuk perushaan bokap gue. Sampai sekarang belum (mau),” kata dia.

Putri Tanjung Sempat Ogah Jadi Penerus Bisnis Chairul Tanjung
Putri Indahsari Tanjung Menyebut Sempat Tak Mau Menjalankan Usaha Sang Ayah. (Foto: Akun Instagram @putri_tanjung)
2 dari 7 halaman

Mengapa?

Ada dua alasan Putri enggan bekerja di perusahaan sang ayah. Pertama, dia sudah punya perusahaan sendiri. Kedua, dia ingin mengalahkan sang ayah.

“ Gue mau perusahaan gue lebih hebat daripada perusahaan bokap gue,” kata dia.

Namun, lanjut Putri, lama-lama dia sadar menjalankan perusahaan sang ayah bukanlah pilihan, melainkan tanggung jawab. Sebagai seorang anak, wanita belia ini merasa harus membantu CT.

“ Gue harus ngebantu bokap gue karena tanggung jawab itu juga. Alhamdulillah, gue juga punya passion di industri itu,” kata dia.

3 dari 7 halaman

Putri Orang Terkaya ke-7 Indonesia Jual Pembatas Buku Demi Uang Jajan

Dream – Tak hanya mendapatkan tekanan karena berstatus anak miliarder, Putri Indahsari Tanjung juga mendapatkan didikan yang keras dari orang tuanya ketika masih kecil. Sang ayah, Chairul Tanjung (CT), mengajarkan kedisiplinan kepada Putri.

Salah satu didikan miliarder yang masuk 10 orang terkaya di Indonesia adalah soal pengaturan uang jajan.

“ Bokap mendidik gue keras, dalam arti disiplin. Dari kecil, gue dikasih uang jajan setengah dari teman-teman gue,” kata Putri kepada Raffi Ahmad, dikutip dari channel Youtube RANS Entertainment, Rabu 6 Februari 2019.

Di hadapan Raffi, Putri harus memutar otak untuk mendapatkan uang tambahan. Dia pernah menjual pembatas buku untuk mendapatkan tambahan uang jajan.

Hal ini dilakukan ketika dia ingin menyantap makanan yang sama dengan teman-temannya.

“ Tapi, ya, gue jualnya ke bokap gue, ke nyokap gue juga. Tapi, harus ada effort,” kata dia.

4 dari 7 halaman

Diajarkan Bisnis Sedari Kecil

Mendengar penuturan Putri, Raffi bertanya kepada dia. Ayah Rafathar Malik Ahmad ini bertanya apakah wanita berusia 22 tahun ini sudah diajarkan bisnis sedari kecil.

“ Jadi, lo diajarin dagang sejak kecil? Sudah diajarin bisnis?” tanya Raffi.

“ Bener,” jawab Putri.

Founder Creativepreneur Event Creator ini mengaku punya passion yang sama dengan sang ayah. Dia ingin menjadi seorang pengusaha seperti CT.

“ Sama kayak bokap gueGue ada di industri kreatif. Alhamdulillah banget ada di PT Creativepreneur Event Creator,” kata dia.

5 dari 7 halaman

Putri Miliarder Chairul Tanjung Ungkap Masa Susah Sang Ayah

Dream – Siapa yang tak mengenal nama Chairul Tanjung (CT)? Pria yang memiliki berbagai lini bisnis yang bernaung di bawah bendera CT Corp ini adalah salah satu miliarder terkaya di Indonesia. Kekayaan itu tentu saja tak diperoleh dengan mudah.

Laporan Daftar Orang Terkaya 2018 yang dikeluarkan Forbes belum lama ini menempatkan Chairul Tanjung di posisi ke-7 di Indonesia. CT, sapaan Chairul Tanjung, memiliki kekayaan sebesar Rp50,75 triliun. 

Kehidupan mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sebelum menjadi miliarder dipenuhi dengan kesusahan. Cerita masalah lalu Chairul Tanjung ini diungkap sang anak, Putri Indahsari Tanjung.

Dikutip dari akun Youtube Raditya Dika, Selasa 22 Januari 2019, Putri menjadi tamu untuk konten vlog Radit. Di video berjudul “ Bisnis dari 15 Tahun Ala Putri Tanjung,” Radit dan Putri berbincang-bincang banyak hal, mulai dari cerita bisnis Putri sampai kisah sang ayah.

Bicara tentang masa lalu sang ayah, Putri menyebut masa lalu CT terbilang susah. “ Eh, dulu bapak gue, tuh, susah, lho,” kata Putri kepada Radit.

Putri mengatakan tak ada toilet di rumah CT kala sang ayah masih kecil. Rumah keluarga sang ayah kecil sekali dan harus berbagi dengan delapan saudaranya. Sudah rumahnya kecil, kamar mandi pun tak ada.

“ Itu, tuh, kamar mandinya nggak ada di dalam rumah. Sharing bareng-bareng di luar, di kali,” kata dia.

6 dari 7 halaman

Kondisi CT pada masa lalu membuat anaknya bangga. Putri salut melihat perjuangan sang ayah hingga bisa meraih sukses.

“ Gue salut sama bapak gue,” kata dia.

Putri menyebut sang ayah merintis bukan karena gairah, melainkan tuntutan hidup. Sang ayah berbisnis agar bisa menghidupi orang tua dan keluarganya.

Putri membandingkan dirinya dengan sang ayah. Menurut dia, usahanya merintis bisnis tak sekeras sang ayah.

“ (Perjuangan) gue kayaknya nggak ada sedikitnya perjuangan dari bapak gue. Nggak segila itu, nggak sesusah itu,” kata Putri.(Sah)

7 dari 7 halaman

Kondisi CT pada masa lalu membuat anaknya bangga. Putri salut melihat perjuangan sang ayah hingga bisa meraih sukses.

“ Gue salut sama bapak gue,” kata dia.

Putri menyebut sang ayah merintis bukan karena gairah, melainkan tuntutan hidup. Sang ayah berbisnis agar bisa menghidupi orang tua dan keluarganya.

Putri membandingkan dirinya dengan sang ayah. Menurut dia, usahanya merintis bisnis tak sekeras sang ayah.

“ (Perjuangan) gue kayaknya nggak ada sedikitnya perjuangan dari bapak gue. Nggak segila itu, nggak sesusah itu,” kata Putri.(Sah)

Join Dream.co.id