Putra Soeharto Gugat Menkeu Karena Pencekalan, Ini Kata Kemenkeu

Dinar | Jumat, 18 September 2020 16:12
Putra Soeharto Gugat Menkeu Karena Pencekalan, Ini Kata Kemenkeu

Reporter : Syahid Latif

Kemenkeu membeberkan pencekalan dilakukan karena Bambang Trihatmojo dianggap masih mempunya utang ke Sekretariat Negara terkait SEA Games 1997

Dream - Putra mantan presiden Soeharto, Bambang Triatmodjo, menggugat Menteri Keuangan pencekalan keluar negeri. Gugatan itu terdaftar di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta dengan nomor 179/G/2020/PTUN.JKT.

Dalam gugatan yang dapat dilihat di situs resmi PTUN, Bambang menyampaikan keberatannya dengan perpanjangan pencegahan ke luar negeri yang diminta Kementerian Keuangan.

Gugatan suami dari Mayangsari itu dibenarkan Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo mengutip laporan Merdeka.com.

Menurut Yustinus, pencekalan dibuat karena Bambang dianggap masih memiliki utang ke pemerintah saat menjabat Ketua Konsorsium Mitra Penyelenggara SEA Games XIX Tahun 1997.

" Ya tentu saja pencekalan terkait dengan piutang negara yang belum di lunasi oleh beliau (Bambang) itu proses normal. Utang sendiri sesuai yang tertera di gugatan PTUN pada saat SEA Games tahun 97 (1997). Saat itu beliau menjabat Ketua Konsorsium," jelas Yustinus saat dihubungi jurnalis Merdeka.com, Jumat, 19 September 2020.

 

2 dari 4 halaman

Dianggap Masih Punya Utang

Yustinus menjelaskan, kasus utang Bambang merupakan pelimpahan dari Sekretariat Negara ke kementeriannya selaku pengelola piutang negara.

" Kemenkeu hanya menjalankan tugas penagihan utang negara selaku pengelola piutang," paparnya.

Namun Yustinus tak mengetahui nilai nominal utang yang disangkakan terhadap putra kedua mantan Presiden Soeharto tersebut.

" Untuk nominal dan seperti apanya lebih ke Sekretariat Negara yang tahu. Kami hanya melakukan penagihan untuk kewajiban pelunasan terhadap negara," terangnya.

Sesuai permintaan Kemenkeu, penerbitan pencekalan sendiri akan berakhir pada November mendatang. Hal ini merujuk pada ketentuan batas waktu maksimal pencekalan berlangsung sampai 6 bulan. Dengan catatan bisa diperpanjang apabila kewajiban membayar utang belum juga dipenuhi.

" Pencegahan ke luar negeri ini berlaku 6 bulan ke depan yang akan berakhir di November. Karena kami terbitkan pencekalan pada Mei lalu," tutupnya.

3 dari 4 halaman

Jarang Terlihat, Begini Mesranya Mayangsari dan Putra Soeharto

Dream - Selama ini kehidupan rumah tangga Mayangsari dengan putra almarhum mantan Presiden Soeharto, Bambang Trihatmojo. Namun kali ini, kehidupan mereka terungkap ke publik.

Adalah akun Instagram @lamiscorner yang mengunggah foto kemesraan keluarga Mayangsari dan Bambang itu. Akun itu mengunggah foto dan video perayaan sederhana ulang tahun pernikahan ke-18 mereka.

Dalam foto yang diunggah Sabtu 7 Juli 2018 itu terlihat Bambang yang mengenakan kaos merah tengah menyuapi Mayangsari, yang memakai kaos oranye kombinasi biru. Terlihat pula putri mereka dalam frame itu.

Keluarga Mayangsari© instagram @lamiscorner

Sementara, dalam video yang diunggah terlihat Bambang dan pelantun tembang Tiada Lagi itu menerima kejutan dari putrinya. Mereka menerima kue sebagai hadiah ulang tahun pernikahan mereka.

Sederhana memang perayaan tersebut. Namun penuh makna. Dalam foto dan video tersebut terlihat keluarga ini hidup dengan harmonis, meski pada awal pernikahan mereka dibumbui oleh drama pelabrakan oleh istri Bambang kala itu, Halimah, dan anaknya.

4 dari 4 halaman

Mayangsari Ungkap Rahasia Taklukkan Hati Bambang Trihatmodjo

Dream - Mayasangsari bagikan rahasia bisa menaklukan hati sang suami, Bambang Trihatmodjo, agar selalu disayang. Ternyata mudah, hanya  memanjakan Bambang dengan menu kesukaan.

Menu yang dibuat Mayangsari untuk Bambag diunggah ke Instagram. Dalam foto itu, tampak makanan dari sayur oseng kangkung, daging, cumi hitam, tempe, ayam, pete, sambal, dan masih gorengan dan lainnya yang tertata rapih di atas meja.

" Rahasia d sayang Suami.. Sentuh perutnya dgn cintaaa.. oyyoyyy Happy Friday.," tulis Mayangsari dikutip Dream dari akun instagramnya, Sabtu 27 Juni 2020.

Unggahan Mayangsari© Unggahan Mayangsari

Sontak unggahan wanita asal Purwokerto ini langsung ramai dikomentari warganet.

Unggahan Mayangsari© Unggahan Mayangsari

" Hahaha makan berapa org tuh daarl ngilerr,"  kata akun @bellasaphiraofficial.

" Mbakkuuu ya allah ngecesssss,"  kata akun @inul.d.

" Enaaaak bgt nyam nyam,"  tulis akun @meidysarengat_caroko.

Join Dream.co.id