Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Trik Dompet Tak Bobol Buat Belanja Harbolnas 12.12

Trik Dompet Tak Bobol Buat Belanja Harbolnas 12.12 Wah, Pesta Belanja 12.12 Sudah Mulai, Nih. (Foto: Shutterstock)

Dream - Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 sudah tiba. Banyak platform e-commerce bersaing menawarkan promo besar-besaran demi menarik minat belanja masyarakat Indonesia.

Survei Mastercard mencatat Harbolnas 12.12 ternyata jadi promo yang paling populer di Indonesia. Sebanyak 99 persen responden survei sepakat dengan hal ini.

Pada 2018, promo 12.12 berhasil mencatat transaksi senilai Rp6,8 triliun. Angkanya meningkat Rp2,1 triliun dari 2017 yang mencapai Rp4,7 triliun.

Tetapi, jangan sampai kamu dibuat kalap oleh promo ini. Untuk bisa berbelanja secara cerdas, ada tips dari Mastercard yang bisa kamu terapkan. 

Pertama, gunakan kartu agar lebih hemat. Saat berbelanja online, gunakanlah kartu debit atau kredit untuk menikmati tambahan potongan harga dan cashback.

Kedua, pastikan keamanan transaksi online dengan berbelanja di rumah. Jaringan Wi-Fi di rumah merupakan koneksi internet yang paling aman. Kamu juga bisa mencari penawaran terbaik secara tenang dengan kartu pembayaranmu.

Ketiga, maksimalkan reward perjalanan. Kamu bisa menggunakan kartu kredit untuk berbelanja kebutuhan traveling selama 12.12, mulai dari tiket pesawat sampai akomodasi. Kemudian, nikmati poin reward untuk transaksi selanjutnya.

Keempat, pesan makanan secara online. Selama 12.12, tak sedikit promo pemesanan makanan ditebar. Dengan layanan pesan antar, kamu tak perlu menunggu terlalu lama untuk menanti makanan.

Kelima, masukkan tagihan ke kartu. Gunakan kartu kredit dan debit untuk membayar berbagai tagihan rutin selama periode ini. Misalnya, membayar tagihan listrik dan telepon.

Dream - Festival belanja online yang menebar promo dan diskon tak hanya membuat dompet jadi kosong. Jika sudah tak bisa dikendalikan, kebiasaan belanja online ternyata bisa membuat seseorang kecanduan dan mengidap gangguan mental.

Dikutip dari World of Buzz, Jumat 15 November 2019, pakar menyebut kecanduan belanja online sebagai buying shopping disorder (BSD). Istilah ini memang terkenal sejak puluhan tahun yang lalu. Tapi, istilah BSD sesuai dengan perkembangan teknologi.

Dikatakan ada 1 dari 20 orang yang bisa terserang BSD. “Kondisi ini sudah terlalu lama tidak dikenali,” kata psikolog Hanover Medical School di Jerman, Muller.

Dari studi yang dilakukan kepada 122 pasien yang mencari pertolongan untuk menghentikan kecanduan belanja online ditemukan fakta ratusan pasien ini mengidap depresi dan tingkat kecemasan yang lebih tinggi.

Mereka beralasan maraknya toko online, aplikasi, dan layanan pengiriman barang telah memberikan “rasa”. Kemajuan internet telah membuat orang semakin mudah berbelanja.

 



“Maksud saya, lihatlah betapa gilanya pada hari-hari spesial, seperti 11.11 atau 11.12 di mana semua orang mengakses aplikasi kapan pun sepanjang hari dan membeli beberapa item sekaligus. Ini berarti anak yang lebih muda sekalipun menunjukkan tanda-tanda BSD,” kata dia.

Muller menegaskan bahwa BSD tidak bisa diklasifikasikan sebagain gangguan sendiri. Tapi dia termasuk ke dalam bagian yang disebut gangguan kontrol impulsif spesifik lainnya.

Para peneliti menjelaskan BSD bisa membuat keinginan untuk membeli barang-barang dan puas saat menghabiskan uang. Tapi, ini juga bisa membuat gangguan dalam pengendalian diri, tekanan ekstrem, masalah kejiwaan lainnya, kesulitan hubungan, serta kekacauan fisik dan utang.

“Kami berharap bahwa prevalensi belanja oline yang membuat kecanduan, akan mendorong penelitian di masa depan yang membahas karakterisitik fenomologis,fitur, dan konsep perawatan khusus,” kata Muller.

Sekadar informasi kajian ini dipublikasikan dalam jurnal Comprehensive Psychiatry.

7 Tips Cegah Dompet Bocor Saat Harbolnas

Dream - Promo 12.12 Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) akan segera datang. Pesta belanja online ini akan bertabur promo dan diskon.

Dikutip dari keterangan tertulis dari CupoNation, Rabu 11 Desember 2019, ada tujuh tips untuk mencegahmu dari godaan diskon yang bisa membuat dompetmu bocor alus.

Pertama, kamu memasang pengingat atau reminder. Dengan memasang pengingat, kamu takkan lupa untukmengikuti pesta diskon Harbolnas. Peluang untuk mendapatkan harga terbaik akan lebih besar.

Kedua, menggunakan fitur preview dan wishlist. Ada banyak fitur yang bisa dimanfaatkan demi memberikan kemudahan dalam berbelanja. Sebelum pesta belanja Harbolnas, tak ada salahnya kamu menggunakan fitur-fitur ini untuk me-review barang-barang yang ingin dibeli dan memasukkannya ke daftar keinginan.

 



Nah, daftar wishlist ini juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat daftar belanja biar nggak kalap dan fokus dalam membeli barang-barang yang dibutuhkan. Wishlist juga akan mempermudah kamu untuk memantau harga sebelum dan saat pesta belanja Harbolnas berlangsung.

Ketiga, memantau promo sejak tengah malam. Pada puncak Harbolnas, saat jam 00.00, kamu berpeluang mendapatkan penawaran terbaik yang jumlahnya terbatas. Oleh karena itu, disarankan untuk memasang pengingat pada pukul 00.00 malam tepat saat dimulainya pesta belanja online.

Pastikan Barang dengan Sistem Retur

Keempat, pastikan barang memiliki sistem retur. Opsi ini bisa mempermudah kamu untuk mengembalikan barang yang telah dibeli. Kekurangan membeli produk secara online adalah pembeli tak bisa mengecek langsung barang yang dipesan. Makanya, sistem retur bisa memberikan jaminan agar barang yang dipesan bisa diterima dalam kondisi sempurna.

Jika barang yang dibeli memiliki kekurangan atau tidak sesuai dengan harapan, sistem retur akan memberikanmu kesempatan untuk mengembalikan produk untuk diganti dengan produk lain atau jaminan uang kembali. Sistem retur juga dapat memberikan kesempatan untuk mengembalikan barang jika tiba-tiba pembeli berubah pikiran.

Beberapa situs yang dilengkapi dengan sistem retur diantaranya adalah Lazada, Shopee dan Tokopedia.

Batasi Transaksi di Nominal Tertentu

Kelima, yang kerap terlupa, batasi transaksi di nominal tertentu. Hal ini bertujuan untuk mengelola pengeluaran saat musim diskon. Batasi transaksi di kartu ATM dan online banking pada nominal tertentu.

Saat total transaksi mencapai limit yang telah ditentukan, kamu terpaksa harus menghentikan aktivitas belanja. Makanya, membatasi transaksi di nominal tertentu akan menyelamatkanmu untuk tak kalap saat berbelanja.

Keenam, cek kembali barang yang ingin dibeli sebelum melakukan pembayaran. Agar barang tak mubazir karena tergoda dengan harga miring, lebih baik periksa lagi barang belanjaan sebelum melakukan pembayaran.

Jika ada barang yang tidak terlalu perlu dibeli saat pesta belanja 12.12, kamu bisa mengesampingkan dulu untuk menghemat anggaran belanja, terutama jika membatasi transaksi di nominal tertentu. Hal ini bertujuan untuk membantumu untuk lebih cermat dalam berbelanja dan memastikan jika barang yang dibeli sesuai dengan kebutuhan.

Ketujuh, cermat dengan promo tambahan. Cermati promosi yang ditawarkan oleh sejumlah situs berhemat yang bekerja sama dengan platform favorit. Biasanya situs berhemat menawarkan kode promo ekslusif atau cashback yang bisa membantumu mendapatkan diskon tambahan dari total potongan harga saat check out.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Belanja Online Tak Salah Barang, Manfaatkan Fitur 'Ambil di Tempat'

Belanja Online Tak Salah Barang, Manfaatkan Fitur 'Ambil di Tempat'

Fitur belanja 'ambil di tempat' mempermudah konsumen memastikan kualitas barang secara langsung agar tidak salah beli.

Baca Selengkapnya
Bukti Orang RI Doyan Belanja Online, BI Ungkap Nilai Fantastis Transaksi e-Commerce Sebulan

Bukti Orang RI Doyan Belanja Online, BI Ungkap Nilai Fantastis Transaksi e-Commerce Sebulan

Transaksi belanja online pada Oktober 2023 tembus Rp42,2 triliun

Baca Selengkapnya
Cuan Jasa Kurir Pengirim Paket Tiap Periode Harbolnas

Cuan Jasa Kurir Pengirim Paket Tiap Periode Harbolnas

Ninja Xpress ungkap harbolnas jadi momen start-up yang cukup berdampak.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
50 Kata-Kata Lucu Jualan Online yang Bisa Bikin Produk Kamu Dilirik, Dicoba Saja Mungkin Beruntung

50 Kata-Kata Lucu Jualan Online yang Bisa Bikin Produk Kamu Dilirik, Dicoba Saja Mungkin Beruntung

Kata-kata lucu jualan online bisa sekaligus memberikan hiburan dan juga penawaran produk untuk banyak orang.

Baca Selengkapnya
4 Tips Hindari Perut Kembung, Perayaan Malam Tahun Baru Bakal Lebih Enjoy

4 Tips Hindari Perut Kembung, Perayaan Malam Tahun Baru Bakal Lebih Enjoy

Jangan sia-siakan malam tahun baru yang seru hanya karena perut tak nyaman akibat kembung, ikuti tips-tips ini.

Baca Selengkapnya
5 Tips Belanja Aman Agar Terhindar dari Kejahatan Phising

5 Tips Belanja Aman Agar Terhindar dari Kejahatan Phising

Simak lima cari berbelanja aman berikut ini agar kamu terhindar dari phising.

Baca Selengkapnya