Bahlil Lahadia, Sosok Calon Menteri Bekas Sopir Angkot

Dinar | Selasa, 22 Oktober 2019 17:12
Bahlil Lahadia, Sosok Calon Menteri Bekas Sopir Angkot

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Dia menjadi salah satu kandidat menteri Jokowi yang dipanggil ke Istana.

Dream – Bahli Lahadalia, mantan ketua umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), menambah panjang deretan nama tokoh yang diundang Joko Widodo ke Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019. Seperti para calon lain, Dahlil datang dengan mengenakan kemeja putih dan celana hitam.

Dikutip dari Merdeka.com, Bahlil mengungkapkan dihubungi pihak Istana pada Senin malam, 21 Oktober 2019. Dia belum mengetahui posisi yang akan ditempatinya dalam kabinet Jokowi-Maruf Amin.

Nama Bahlil mencuat kala mendapatkan pujian dari Presiden Jokowi dalam acara Buka Puasa Bersama HIPMI pada Mei 2019. Jokowi menilai putra Maluku ini sebagai pemuda yang cerdas dan pantas menjadi menteri.

" Adinda Bahlil ini kelihatannya cocok jadi menteri," kata Jokowi disambut tepuk tangan, para undangan di Ballroom Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Minggu (26/5).

2 dari 6 halaman

Orang Tua Bahlil Lahadia Hanya Kuli dan Pembantu

Bahlil lahir di keluarga yang kurang mampu. Kondisi ini menuntutnya untuk berpikir keras guna membantu kedua orang tuanya. Ayah Bahlil merupakan kuli bangunan dan ibunya pembantu rumah tangga.

Karena perekonomian terbatas, jiwa bisnis Bahlil tumbuh. Dia membantu orang tuanya dengan berjualan kue. Tak hanya jualan kue, pria kelahiran 1967 ini juga pernah menjadi kondektur dan sopir angkot.

Meskipun terlahir dari keluarga yang kurang mampu, Bahlil adalah aktivis. Anak kedua dari delapan bersaudara ini berhasil masuk ke Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura, Papua. Saat masa kuliah, Bahlil aktif berorganisasi. Dia bergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Dengan bekal organisasi itu, dia terpilih menjadi ketua senat. Dia juga sempat dipenjara.

" Saya semester tiga sudah jadi ketua senat. Jadi saya dipenjara beberapa kali, demo tahun 98, tahun 97 itu kan. Tapi dipenjara bukan karena maling, atau perkosaan orang, bukan. Sebagai ketua senat, memimpin pergerakan memang. Waktu itu saya eks66, waktu di Papua, kami adalah pelakunya," kata dia.

3 dari 6 halaman

Sukses Bisnis

Bahlil Lahadalia salah satu pengusaha muda yang sukses. Saat duduk di semester akhir kuliah. Bahlil bertekad bisa keluar dari kemiskinan dan kesulitan hidup yang menjeratnya. Dia akhirnya memberanikan diri untuk fokus berbisnis.

Dewi fortuna berpihak kepadanya. Kerja keras di dunia bisnis membuahkan hasil. Perusahaan yang dirintisnya, PT Rifa Capital, bisa mereguk sukses. Kini PT Rifa Capital menjelma menjadi holding dari 10 anak perusahaan antara lain PT Ganda Nusantara (shipping), PT Pandu Selaras (pertambangan emas), PT MAP Surveilance (pertambangan nikel).

Saat ini banyak jenis usaha yang telah digarap Bahlil, mulai dari sektor perkebunan, properti, transportasi, pertambangan, dan konstruksi.

Pada Februari 2015 lalu, Musyawarah nasional Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) ke-XV menetapkan Bahlil Lahadalia sebagai Ketua Umum HIPMI periode 2015-2018.

4 dari 6 halaman

Agus Gumiwang dan Juliari Batubara Merapat ke Istana

Dream - Agus Gumiwang Kartasasmita menjadi orang ketiga yang hadir di kompleks Istana Kepresidenan.

Politisi Golkar ini tiba di Istana sekitar pukul 10.00 WIB di hari kedua penyaringan calon menteri oleh Presiden Joko Widodo, Selasa 22 Oktober.

Mengenakan kemeja putih lengan panjang, Agus tampak berjalan dengan santai. Dia sempat melambaikan tangan namun tidak memberikan keterangan apapun.

Agus lalu langsung menuju area pindai keamanan. Untuk kemudian menuju ruang pertemuan dengan Jokowi.

Agus pernah menjabat sebagai Menteri Sosial di periode pertama pemerintahan Jokowi. Agus menggantikan Idrus Marham yang mundur karena terjerat kasus korupsi.

Beberapa saat setelah kedatangan Agus, politisi PDIP Juliari Batubara juga terlihat di Istana. 

 Juliari Batubara

Dia datang sekitar pukul 10.13 WIB, mengenakan kemeja putih lengan pendek. 

Sebelum Agus dan Juliari, terdapat dua orang yang telah tiba di Istana lebih dulu. Keduanya yaitu Sri Mulyani Indrawati dan Syahrul Yasin Limpo.

Sumber: Merdeka.com

5 dari 6 halaman

Politisi Nasdem Syahrul Yasin Limpo Menyusul ke Istana

Dream - Setelah Sri Mulyani, orang kedua yang merapa ke kompleks Istana Kepresiden yakni politisi Partai Nasdem, Syahrul Yasin Limpo. 

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan ini tiba di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa 22 Oktober 2019, sekitar pukul 09.30 WIB. 

Syahrul Yasin Limpo mengaku sudah menghubungi Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh untuk bertemu dengan Presiden Jokowi hari ini. 

" Saya sudah menghubungi Pak Surya Paloh, ada panggilan. Saya diminta pakai baju putih," jelasnya.

Memang, banyak pertanyaan muncul sejak Surya Paloh menyebut Partai Nasdem siap berada di luar pemerintah.

Tetapi, Syahrul Yasin Limpo kembali menegaskan posisi Partai Nasdem di koalisi Jokowi-Maruf Amin. " Sejak 2014 Partai Nasdem, partai yang selalu bersama Pak Jokowi dan siap," ujarnya lagi. 

Mengenai posisi menteri yang bakal diembannya nanti, apakah Syahrul Yasin Limpo akan menjabat Menteri Dalam Negeri terkait pengalamannya sebagai gubernur? Belum bisa dipastikan. (ism, sumber: Merdeka.com)

 

6 dari 6 halaman

Berkemeja Putih, Sri Mulyani Tiba di Istana

Dream - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembal memanggil para kandidat calon menteri Kabinet Kerja Jilid II periode 2019-2024. Pagi ini, Sri Mulyani membuka hari kedua pemanggil para calon menteri ke Istana. 

Sri Mulyani, yang juga Menteri Keuangan Kabinet Kerja Jilid I tiba di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, sekitar pukul 09.00 WIB, Selasa 22 Oktober 2019. 

Sri Mulyani tampak mengenakan busana putih hitam, seperti para tokoh yang dipanggil ke Istana kemarin.

Sri Mulyani merupakan tokoh wanita pertama yang menjalani pemanggilan calon menteri ke Istana, dan diprediksi merupakan salah satu menteri yang tak bakal diganti Jokowi. 

Kemarin, sejumlah nama datang ke Istana termasuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo. 

Berikut nama-nama tokoh yang menghadap Jokowi di hari pertama kemarin: 

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone
Join Dream.co.id