Produsen Gorilla Glass untuk iPhone 'Banting Setir' Bikin Pabrik Botol Vaksin

Dinar | Minggu, 21 November 2021 15:20

Reporter : Alfi Salima Puteri

Ternyata Corning telah berhasil memproduksi 500 juta botol kaca per tahun untuk mengirimkan vaksin Covid-19 dan obat lain ke AS dan luar negeri.

Dream - Pabrik kaca asal Amerika Serikat (AS) Corning sudah cukup dikenal karena memproduksi Gorilla Glass untuk iPhone. Kini Corning baru saja membuka pabrik pembuatan botol farmasi baru di Durham, Carolina Utara.

Ternyata Corning telah berhasil memproduksi 500 juta botol kaca per tahun untuk mengirimkan vaksin Covid-19 dan obat lain ke AS dan luar negeri.

Pabrik itu dikembangkan dalam waktu singkat berkat adanya pendanaan USD204 juta dari pemerintah federal sebagai bagian dari program yang mendanai pengembangan vaksin Covid, Operation Warp Speed.

Corning mengatakan vial yang diproduksinya telah digunakan untuk menempati 3 miliar dosis vaksin Covid-19 selama 18 bulan terakhir.

Corning juga meluncurkan produk baru yang disebut Velocity Vials, yang merupakan botol khusus yang dikatakan dapat mempercepat proses pembuatan vaksin. Produsen farmasi Catalent telah mulai mengisi Velocity Vials dengan vaksin Covid.

Produsen Gorilla Glass untuk iPhone Banting Setir Bikin Pabrik Botol Vaksin
Botol Vaksin
2 dari 3 halaman

“ Kami telah menemukan bahwa vial mereka, karena lapisannya, sebenarnya memiliki tingkat keluaran yang lebih cepat untuk kami pada peralatan yang kami gunakan,” kata Denis Johnson, wakil presiden dan manajer umum situs terbesar Catalent di Bloomington, Indiana.

“ Kami melihat peningkatan dua digit dalam tingkat throughput kami pada mesin kami, yang setara dengan lebih banyak dosis untuk pasien. Dan dalam pandemi, itu sangat penting,” jelasnya.

CEO Corning Wendell Weeks juga mengatakan perusahaan berencana untuk memperluas pabrik Carolina Utara sampai menjadi salah satu pabrik manufaktur kemasan farmasi terbesar di dunia dan ia mengharapkan untuk menumbuhkan porsi botol farmasi dari bisnis.

3 dari 3 halaman

" Hari ini kecil, maksud saya, dibandingkan dengan pendapatan kami senilai USD14 miliar yang akan kami miliki tahun ini, itu kecil. Tapi ini bukan tentang dua tahun ke depan, tiga tahun, ini benar-benar lebih dari itu, dan kami pikir ini adalah peluang miliaran dolar bagi kami. Kami cukup yakin akan hal itu,” kata Weeks.

 Botol vaksin© shutterstock.com

Menurut Grand View Research, pasar kemasan kaca farmasi diperkirakan akan meningkat senilai USD7,46 miliar pada tahun 2028 dari sebelumnya USD4,02 miliar pada tahun 2021.

Terkait
Join Dream.co.id