Jokowi Instruksikan 2 Menteri Turun Tangan Atasi Kenaikan Harga Tiket Pesawat

Dinar | Kamis, 18 Agustus 2022 19:12

Reporter : Alfi Salima Puteri

Selain memerintahkan Menteri Perhubungan, Presiden Jokowi juga meminta agar BUMN Garuda Indonesia Tbk segera menambah armada pesawatnya agar bisa membantu menahan kenaikan harga tiket pesawat.

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mendengar keluhan di lapangan terkait mulai naiknya harga tiket maskapai penerbuatan. Segera setelah mendapat laporan tersebut, presiden langsung menghubungi Menteri Perhubungan untuk menyelesaikan persoalan tersebut. 

" Harga tiket pesawat melambung, sudah saya langsung reaksi, Pak Menteri Perhubungan (Budi Karya Sumadi) segera selesaikan," kata Jokowi dalam pidato sambutan membuka Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2022 di Istana Negara, Jakarta, dikutip dari Setkab.go.id, Kamis, 18 Agustus 2022.

Selain memerintahkan Menteri Perhubungan, Presiden Jokowi juga meminta agar BUMN Garuda Indonesia Tbk segera menambah armada pesawatnya agar bisa membantu menahan kenaikan harga tiket pesawat.

" Meski tidak mudah karena harga avtur internasional juga tinggi," ujarnya.

Jokowi menjelaskan instruksi yang diberikannya tersebut sebagai salah satu upaya cepat dari pemerintah dalam mengatasi kemungkinan terjadinya inflasi tinggi. 

Dengan kondisi perekonomian dunia yang belum stabil, presiden telah menginstruksikan seluruh kepala daerah untuk memantau ketat kondisi inflasi di daerahnya masing-masing. 

Presiden bahkan telah mengingatkan kepada negara untuk mengetahui dengan pasti angka inflasi di daerahnya masing-masing ketika suatu ketika ditanya olehnya. 

" Nanti saya ke daerah saya tanya, jangan gelagapan enggak mengerti posisi inflasi provinsinya berada di angka berapa," ujarnya. 

Jokowi Instruksikan 2 Menteri Turun Tangan Atasi Kenaikan Harga Tiket Pesawat
Presiden Jokowi Instruksikan Menhub Dan Menteri BUMN Untuk Mengatasi Harga Tiket Pesawat Yang Mulai Naik
2 dari 4 halaman

Inflasi Indonesia hingga Juli 2022 sebesar 4,94 persen (year on year/yoy). Jokowi menyatakan tak ingin kenaikan harga tiket pesawat turut membuat laju inflasi semakin melonjak dan dapat menggerus daya beli masyarakat di tengah fluktuasi harga komoditas energi.

Ia juga menyebutkan menyebutkan inflasi saat ini menjadi ancaman bagi negara-negara di dunia. Laju inflasi di negara lain jauh lebih tinggi daripada Indonesia, seperti Amerika Serikat yang sebesar 8,5 persen, kemudian Uni Eropa juga mencapai 8,9 persen. Bahkan, kata dia, terdapat negara yang inflasinya mencapai 79 persen.

Karena ancaman inflasi itu, Jokowi meminta jajaran kementerian atau lembaga terkait, pemerintah daerah, dan Bank Indonesia yang tergabung dalam Tim Pengendali Inflasi Pusat maupun Daerah untuk meningkatkan kerja sama dan performanya di tengah ketidakpastian ekonomi global saat ini.

Terkait kenaikan harga tiket pesawat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah meminta maskapai untuk menyediakan tiket pesawat dengan harga terjangkau demi menjaga konektifitas antar wilayah di Indonesia dan kontinuitas pelayanan jasa transportasi udara.

3 dari 4 halaman

Melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 142 Tahun 2022 yang diterbitkan pada 4 Agustus 2022 lalu, pemerintah mengizinkan maskapai untuk memungut tarif tambahan pesawat jet dengan porsi maksimal 15 persen dari tarif batas atas. Sementara pesawat propeller maksimal 25 persen dari tarif batas atas.

 Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.© dephub.go.id

Setelah kurang lebih dua tahun nggak bisa berpelancong akibat pandemi Covid-19, kini saatnya kita menyegarkan pikiran dan hati dengan menikmati indahnya kota atau negara lain.

Namun sayangnya harga tiket pesawat melambung tinggi, sampai-sampai  harga yang dijual tidak masuk akal sehingga para traveler pun mikir berkali-kali dalam menentukan destinasi kota atau negara.

Tapi jika jadwal traveling sudah ditentukan, kamu bisa berburu tiket pesawat murah dengan melakukan beberapa tips berikut ini. Jangan ragu untuk terapkan ini bersama anggota keluarga atau kerabat yang ingin traveling bareng agar bisa saling cek antara harga tiket pesawat satu dan lainnya.

4 dari 4 halaman

1. Gunakan Skyscanner

Bagi kamu yang suka traveling, pasti sudah tak asing lagi dengan situs online Skyscanner.

Skyscanner dapat membantu kamu menemukan harga tiket termurah dan tanggal yang dapat kamu pilih agar mendapatkan tiket pesawat dengan harga spesial.  

2. Pilih Terbang dari Bandara Lain 

Kamu bisa memilih terbang dari bandara lain agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Jika kamu berniat traveling untuk zona internasional, kamu dapat memilih terbang dari Malaysia atau Singapura untuk mendapatkan harga yang lebih bersahabat.

Kalau dari Indonesia, tandanya bisa memilih negara transit Malaysia atau Singapore sebelum ke negara destinasi. 

3. Pesan Tiket Lebih Awal 

Jika kamu ingin memiliki harga tiket pesawat yang lebih murah, kamu bisa mencoba membeli tiket lebih awal. Biasanya, saat mendekati tanggal keberangkatan, harga tiket akan lebih tinggi. 

4. Pesan Tiket Tidak Langsung

Saat ingin melakukan perjalanan jauh, kamu dapat mencoba trik tidak pesan tiket langsung.

Coba untuk memecahkan tiket dengan cara memilih tiket dari kota asal ke kota transit, baru dilanjutkan dari kota transit ke tujuan utamamu, biasanya harga tiket akan lebih murah. 

Join Dream.co.id