Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ibu Kota Pindah, Begini Nasib 4 Negara yang Sudah Melakukannya

Ibu Kota Pindah, Begini Nasib 4 Negara yang Sudah Melakukannya Presiden Joko Widodo Melihat Keberhasilan Malaysia Dan Brasil Tentang Pemindahan Ibu Kota Negara.

Dream – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi lampu hijau untuk memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke kota lain di luar Jawa. Selain beban berat yang dipikul Jakarta, pemerintah berkaca dari negara-negara lain yang telah memindahkan ibu kota negara.

Beberapa contoh negara yang memutuskan memindah pusat pemerintahan itu misalnya Malaysia, Korea Selatan, Brasil, dan Kazakhstan.

“Banyak negara yang telah memikirkan dan mengantisipasi arah perkembangan negara mereka di masa mendatang dengan memindahkan ibu kota negara,” kata dia di akun Instagramnya, @jokowi, Selasa 30 April 2019.

 
 
 
View this post on Instagram

Selamat pagi. DKI Jakarta saat ini memikul dua beban sekaligus: sebagai pusat pemerintahan dan layanan publik, juga pusat bisnis. Apakah di masa depan kota ini masih mampu memikul beban itu? Banyak negara yang telah memikirkan dan mengantisipasi arah perkembangan negara mereka di masa mendatang dengan memindahkan ibu kota negara. Contohnya Malaysia, Korea Selatan, Brasil, Kazakhstan, dan lain-lain. Di Indonesia, gagasan memindahkan ibu kota juga sudah muncul sejak era Presiden Soekarno, dan selalu menjadi wacana di setiap era presiden, tidak pernah diputuskan dan dijalankan secara terencana dan matang. Kemarin di Kantor Presiden, saya menggelar rapat soal pemindahan ibu kota negara. Pembahasan ini tidak hanya mempertimbangkan manfaat jangka pendek semata, namun, terutama kebutuhan dan kepentingan negara dalam perjalanan menuju negara maju. Pemindahan ibu kota adalah sebuah proses yang tidak singkat dan berbiaya besar. Di antaranya mengenai pemilihan lokasi yang tepat, pertimbangan aspek geopolitik, geostrategis, serta kesiapan infrastruktur pendukung. Menurut Anda, di mana sebaiknya ibu kota negara Indonesia ditempatkan dan apa pertimbangannya?

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Mengapa?

Dikutip dari beragam sumber, Malaysia, Brasil, dan Kazakhstan sukses memindahkan ibu kota negara. Pada 1999, pemerintah Malaysia memindahkan pusat pemerintahan dari Kuala Lumpur ke Putrajaya. Kantor Perdana Menteri dipindah ke Putrajaya, sedangkan gedung parlemen dan pusat perekonomian tetap di Kuala Lumpur.

Dua tahun sebelumnya, tepatnya pada Desember 1997, keputusan yang sama sudah dilakukan Kazakhstan yang memindahkan ibu kota negara dari Almaty ke Astana. Pemerintah Kazakhstan menilai Almaty tak bisa dikembangkan lagi dan rawan bencana.

Alasan lainny adalah letak kota Almaty yang terlalu dekat dengan negara baru pecahan Uni Soviet yang lain dan ditakutkan bisa “tertular” kalau ada perubahan politik di negara-negara itu.

 

Brasil Sudah Sejak Lama Pindahkan Ibukota Negara

Jauh sebelum dua negara di Asia tadi, Brasil ternyata sudah terlebih dahulu memutuskan memindahkan pusat pemerintahannya.

Di tahun 1960, Presiden Brasil, Juscelino Kubitschek, memutuskan memindahkan ibu kota negara dari Rio de Janeiro ke Brasilia. Dia ingin merangsang pertanian, penyebaran penduduk, dan pendapatan. Usaha Kubitschek berhasil.

Bagaimana dengan Korea Selatan? Pemerintah Negeri Gingseng itu menyiapkan Sejong sebagai pusat administratif negara. Ada 18 dari 22 kementerian yang telah pindah ke Sejong.

Ide Pindahkan Ibukota Ada Sejak Soekarno

Jokowi menyebut gagasan memindahkan ibu kota negara sudah muncul sejak zaman Presiden Soekarno. Pemindahan pusat pemerintahan juga selalu menjadi wacana.

Malah, dulu Soekarno melempar wacana untuk menjadikan Palangkaraya, Kalimantan Tengah, sebagai ibu kota negara anyar Indonesia.

Sayangnya, tak pernah ada keputusan dan dijalankan secara terencana dan matang.

“Di Indonesia, gagasan memindahkan ibu kota juga sudah muncul sejak era Presiden Soekarno, dan selalu menjadi wacana di setiap era presiden, tidak pernah diputuskan dan dijalankan secara terencana dan matang,” tulis dia. (Sah)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Heboh Pengembala Kambing Jadi Tersangka Usai Lawan Pencuri hingga Tewas, Begini Nasibnya Sekarang

Heboh Pengembala Kambing Jadi Tersangka Usai Lawan Pencuri hingga Tewas, Begini Nasibnya Sekarang

Kejaksaan Negeri (Kejari) Serang menghentikan penuntutan kasusnya.

Baca Selengkapnya
Krisis Populasi di Negeri Ginseng, Presiden Korsel: Waktunya Hampir Habis

Krisis Populasi di Negeri Ginseng, Presiden Korsel: Waktunya Hampir Habis

Berturut-turut angka kematian melampaui angka kelahiran di negara yang ekonominya keempat terbesar di Asia tersebut.

Baca Selengkapnya
Heboh Peneliti Temukan Dunia yang Hilang, Ternyata Lokasinya di Indonesia

Heboh Peneliti Temukan Dunia yang Hilang, Ternyata Lokasinya di Indonesia

Sumba merupakan rumah bagi sebagian besar satwa yang telah punah sejak ribuan tahun lalu.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bungkus! Tebak Minuman Rasa Jeruk

Bungkus! Tebak Minuman Rasa Jeruk

Sahabat Dream, kira-kira kalian kalau dikasih tebakan minuman ini bisa gak menjawabnya dengan tepat?

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Ketika Diajak Buat Konten

NOTED KAK! Ketika Diajak Buat Konten

Pernah nggak sih kamu ngumpet karena takut diajak temen bikin konten? Kalau pernah, kamu tentu paham yang dirasakan rekan kita ini.

Baca Selengkapnya