Ibu Kota Pindah, Begini Nasib 4 Negara yang Sudah Melakukannya

Dinar | Selasa, 30 April 2019 15:15
Ibu Kota Pindah, Begini Nasib 4 Negara yang Sudah Melakukannya

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Negara-negara ini sudah memikirkan dan mengantisipasi arah perkembangan negara untuk masa depan.

Dream – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi lampu hijau untuk memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke kota lain di luar Jawa. Selain beban berat yang dipikul Jakarta, pemerintah berkaca dari negara-negara lain yang telah memindahkan ibu kota negara.

Beberapa contoh negara yang memutuskan memindah pusat pemerintahan itu misalnya Malaysia, Korea Selatan, Brasil, dan Kazakhstan.

“Banyak negara yang telah memikirkan dan mengantisipasi arah perkembangan negara mereka di masa mendatang dengan memindahkan ibu kota negara,” kata dia di akun Instagramnya, @jokowi, Selasa 30 April 2019.

 
 
 
View this post on Instagram

Selamat pagi. DKI Jakarta saat ini memikul dua beban sekaligus: sebagai pusat pemerintahan dan layanan publik, juga pusat bisnis. Apakah di masa depan kota ini masih mampu memikul beban itu? Banyak negara yang telah memikirkan dan mengantisipasi arah perkembangan negara mereka di masa mendatang dengan memindahkan ibu kota negara. Contohnya Malaysia, Korea Selatan, Brasil, Kazakhstan, dan lain-lain. Di Indonesia, gagasan memindahkan ibu kota juga sudah muncul sejak era Presiden Soekarno, dan selalu menjadi wacana di setiap era presiden, tidak pernah diputuskan dan dijalankan secara terencana dan matang. Kemarin di Kantor Presiden, saya menggelar rapat soal pemindahan ibu kota negara. Pembahasan ini tidak hanya mempertimbangkan manfaat jangka pendek semata, namun, terutama kebutuhan dan kepentingan negara dalam perjalanan menuju negara maju. Pemindahan ibu kota adalah sebuah proses yang tidak singkat dan berbiaya besar. Di antaranya mengenai pemilihan lokasi yang tepat, pertimbangan aspek geopolitik, geostrategis, serta kesiapan infrastruktur pendukung. Menurut Anda, di mana sebaiknya ibu kota negara Indonesia ditempatkan dan apa pertimbangannya?

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

2 dari 4 halaman

Mengapa?

Dikutip dari beragam sumber, Malaysia, Brasil, dan Kazakhstan sukses memindahkan ibu kota negara. Pada 1999, pemerintah Malaysia memindahkan pusat pemerintahan dari Kuala Lumpur ke Putrajaya. Kantor Perdana Menteri dipindah ke Putrajaya, sedangkan gedung parlemen dan pusat perekonomian tetap di Kuala Lumpur.

Dua tahun sebelumnya, tepatnya pada Desember 1997, keputusan yang sama sudah dilakukan Kazakhstan yang memindahkan ibu kota negara dari Almaty ke Astana. Pemerintah Kazakhstan menilai Almaty tak bisa dikembangkan lagi dan rawan bencana.

Alasan lainny adalah letak kota Almaty yang terlalu dekat dengan negara baru pecahan Uni Soviet yang lain dan ditakutkan bisa “ tertular” kalau ada perubahan politik di negara-negara itu.

 

3 dari 4 halaman

Brasil Sudah Sejak Lama Pindahkan Ibukota Negara

Jauh sebelum dua negara di Asia tadi, Brasil ternyata sudah terlebih dahulu memutuskan memindahkan pusat pemerintahannya.

Di tahun 1960, Presiden Brasil, Juscelino Kubitschek, memutuskan memindahkan ibu kota negara dari Rio de Janeiro ke Brasilia. Dia ingin merangsang pertanian, penyebaran penduduk, dan pendapatan. Usaha Kubitschek berhasil.

Bagaimana dengan Korea Selatan? Pemerintah Negeri Gingseng itu menyiapkan Sejong sebagai pusat administratif negara. Ada 18 dari 22 kementerian yang telah pindah ke Sejong.

4 dari 4 halaman

Ide Pindahkan Ibukota Ada Sejak Soekarno

Jokowi menyebut gagasan memindahkan ibu kota negara sudah muncul sejak zaman Presiden Soekarno. Pemindahan pusat pemerintahan juga selalu menjadi wacana.

Malah, dulu Soekarno melempar wacana untuk menjadikan Palangkaraya, Kalimantan Tengah, sebagai ibu kota negara anyar Indonesia.

Sayangnya, tak pernah ada keputusan dan dijalankan secara terencana dan matang.

“ Di Indonesia, gagasan memindahkan ibu kota juga sudah muncul sejak era Presiden Soekarno, dan selalu menjadi wacana di setiap era presiden, tidak pernah diputuskan dan dijalankan secara terencana dan matang,” tulis dia. (Sah)

(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary
Join Dream.co.id