Berpangkat Irjen dengan Bintang Dua di Pundak, Segini Gaji Ferdy Sambo yang Jadi Tersangka Otak Pembunuhan Brigadir J

Dinar | Kamis, 11 Agustus 2022 11:13

Reporter : Okti Nur Alifia

Banyak orang bertanya-tanya, berapa gaji Ferdy Sambo sebagai salah satu Perwira Tinggi Polri? Berikut ini rinciannya.

Dream - Irjen Ferdy Sambo telah menjadi tersangka kasus pembunuhan Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat. Kini dia ditahan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Kapolri telah mencopor Ferdy Sambo dari jabatan Kepala Divisi Propam melalui Surat Telegram (ST) Nomor: STI/1628/VIII/KEP./2022. Dia dimutasi menjadi Pati Yanma alias Pelayanan Markas, sebelum akhirnya ditetapkan sebagai otak pembunuhan Brigadir J.

Sebagai Perwira Tinggi (Pati) Polri, Sambo juga pernah menangani beberapa kasus besar, salah satunya Bom Sarinah dan Kopi Sianida. Kariernya cukup cemerlang di dunia kepolisian, namun semua itu musnah setelah Sigit Prabowo juga mengumumkan dia menjadi tersangka ke empat dalam kasus Brigadir J.

Banyak orang bertanya-tanya, berapa gaji Ferdy Sambo sebagai salah satu Pati Polri dengan pangkat bintang dua? Berikut ini rinciannya.

Berpangkat Irjen dengan Bintang Dua di Pundak, Segini Gaji Ferdy Sambo yang Jadi Tersangka Otak Pembunuhan Brigadir J
Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Ferdy Sambo (Liputan6.com)
2 dari 5 halaman

Gaji Pokok

Berada di tingkat Pati Polri, tentunya Sambo mendapatkan beragam fasilitas negara dalam menjalankan misi tugasnya. Contohnya saja rumah dinasnya di Duren Sawit, Jakarta Timur, yang disorot menjadi tempat tewasnya Brigadir J. 

Selain itu dia juga memiliki beberapa ajudan dari kalangan polisi. Begitu pula sang istri yang mendapatkan ajudan serta sopir dari Polri.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2019 terdapat empat golongan polisi dengan penetapan gaji pokok yang berbeda-beda. Mulai dari Golongan I (Tantama), Golongan II (Bintara),  Golongan III (Perwira Pertama), Golongan IV (Perwira Menengah), Golongan IV (Perwira Tinggi).

Ferdy Sambo menempati Golongan IV sebagai Perwira Tinggi Polri dengan kisaran gaji pokoknya sebagai Irjen Pol berikut ini:

  • Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol): Rp3.290.500 - Rp5.407.400
  • Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol): Rp3.393.400 - Rp5.576.500
  • Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol): Rp 5.079.300 - Rp5.750.90
  • Jenderal Polisi: Rp5.238.200 - Rp5.930.800 
3 dari 5 halaman

Fasilitas Tunjangan

Selain mendapatkan gaji pokok, PNS juga mendapatkan sejumlah fasilitas tunjangan. Berdasarkan informasi dalam situs Puskeu.polri.go.id, tunjangan tersebut diantaranya tunjangan istri/suami, tunjangan anak, tunjangan pangan/beras, tunjangan umum, dan juga tunjangan jabatan struktural/fungsional. 

Adapula tunjangan lainnya yang didapatkan. Termasuk mendapat tunjangan khusus wilayah pulau-pulau kecil terluar atau wilayah perbatasan, pembulatan, serta tunjangan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21. 

Tunjangan kinerja (tukin) polisi ini diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 103 Tahun 2018 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai Di Lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia (NKRI). 

Ferdy Sambo menduduki kelas jabatan 17 dengan besaran tukin yang diterima sebesar Rp29.085.000. 

Jika ditotal maka pendapatan keseluruhan gaji pokok ditambah dengan tukin yang diterima oleh Ferdy Sambo sekitar Rp32 juta hingga Rp34 juta setiap bulannya.

4 dari 5 halaman

Irjen Ferdy Sambo Jadi Tersangka Pembunuhan Brigadir J

Dream - Irjen Ferdy Sambo menjadi tersangka kasus pembunuhan ajudannya, Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat. Status tersangka Ferdy Sambo diumumkan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Selasa 9 Agustus 2022.

" Tadi pagi dilaksanakan gelar perkara dan Timsus telah memutuskan untuk menetapkan sodara FS sebagai tersangka," kata Sigit di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta.

Namun, Jenderal Sigit belum menyebutkan pasal yang dijeratkan kepada Ferdy Sambo. " Terkait pasal apa yang disangkakan nanti akan dijelaskan secara khsus Kabareskrim dan beberapa hal yang disampaikan pak Irwasum," tambah dia.

5 dari 5 halaman

Brigadir J ditemukan meninggal dengan sejumlah luka tembak di Kompleks Perumahan Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat sore, 8 Juli 2022.

Sebelumnya, Polri telah menetapkan Bharada E, Brigadir RR, dan KM sebagai tersangka kasus tewasnya Brigadir J. Bharada E atau Richard Eliezer merupakan sopir Putri Candrawathi, sedangkan Brigadir RR atau Ricky Rizal merupakan ajudan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

Bharada E dijerat Pasal 338 Juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP Juncto Pasal 56 KUHP. Ancaman hukuman Pasal 338 KUHP maksimal 15 tahun kurungan penjara.

Sementara, Brigadir RR dijerat dengan Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP.

Terkait
Join Dream.co.id