Pertamina Target Salurkan Dana Pembinaan UMKM Rp580 M, Ini Cara Dapatnya

Dinar | Selasa, 8 September 2020 17:12
Pertamina Target Salurkan Dana Pembinaan UMKM Rp580 M, Ini Cara Dapatnya

Reporter : Syahid Latif

Pertamina telah menampung puluhan ribu mitra binaan yang akan mendapat bantuan pendampingan sampai akses pasar.

Dream - PT Pertamina (Persero) menargetkan penyaluran dana bergulir untuk mitra binaan senilai Rp580 miliar sepanjang 2020. Sejak 1993, perusahaan Migas terbesar Indonesia ini sudah membina lebih dari 63 ribu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Corporate Secretary PT Pertamina (Persero) Tajudin Noor mengatakan dana bergulir untuk UMKM tersebut memiliki peran penting di tengah Covid-19.

" Saya pikir ini menjadi penting di masa pandemik ini banyak UMKM yang kesulitan bertahan dan diharapkan dengan bantuan bisa memberikan napas baru untuk tetap hidup dan terus beroperasi dan suntikan modal bisa memperpanjang napas mereka," ujar Tajudin dalam konferensi pers virtual Pertamina SMEXPO 2020, Selasa, 8 September 2020.

Pertamina menargetkan bisa menampung menyalurkan bantuan dana binaan kepada sekitar 8000 UMKM di sepanjang tahun 2020. Khusus untuk mitra binaan baru, hingga Agustus 2020 perusahaan sudah menerima 1.141 mitra binaan baru.

" Ke depan diharapkan akan terus bertambah. Pembinaan ini lebih memfokuskan agar binaan bisa beradaptasi dengan New Normal," ungkap Tajudin.

 

2 dari 3 halaman

Biaya Administrasi Kecil

Terkait dana pembinaan, Tajudin menjelaskan jika mitra hanya dikenakan biaya administrasi sebesar 3 persen atau lebih rendah dibandingkan bunga bank. Biaya tersebut selanjutnya akan digunakan Pertamina untuk membantu mitra binaan lain sehingga bisa menjangkau lebih banyak UMKM>

" Biaya ini akan kami kembalikan lagi sebagai dana untuk pembinaan mitra lagi," ungkapnya.

Dana pembinaan sendiri telah dialokasikan Pertamina sebesar Rp40 miliar untuk kegiatan pelatihan serta pendampingan UMKM mulai dari manajemen, marketing, pembukuan hingga bantuan teknis.

Dia menambahkan perusahaan sudah banyak melakukan kerja sama terkait dengan bisnis Pertamina di sejumlah instansi. Terakhir. Pertamina mengganding Kementerian Dalam Negeri untuk memberdayakan Badan Usaha Milik Des (BUMDes) untuk menjadi pengusaha penyalur BBM untuk Pertamina Mini atau pertashop.

Pertamina juga mulai mengkampanyekan gerakan Pinky Movement sebagai gerakan sosial mengajak masyarakat beralih dari LPG subsisi menjadi LPG Non-subsidi.

 

3 dari 3 halaman

Cara Menjadi Mitra Binaan Pertamina

Tak hanya membina pengusaha kecil menghadapi New Normal, Tajudin menegaskan Pertamina juga akan membantu para UMKM mengakses pasar yang lebih luas. Salah satunya dilakukan denga menggelar pameran Pertamina SMEXPO 2020yang menjadi ajang unjuk produk sekaligus marketplace bagi mitra binaan.

Tak hanya menyasar konsumen lokal, pameran ini juga diharapkan bisa menjaring pasar luar negeri sehingga mendorong UMKM bisa melakukan ekspor.

Untuk membantu memperluas pasar ke luar negeri, Pertamina akan membantu menyediakan fasilitas penterjemah guna melancarkan komunikasi mitra binaan dengan pembeli mancanegara.

" Kemudian juga fasilitas jika mereka melakukan ekspor. kita sediakan agen atau badan yang bantu mereka. dokumen, kelengkapan, perizinan untuk melakukan ekpor dibantu," ujarnya.

Untuk bisa menjadi mitra binaan Pertamina, VP Corporate Communication Pertamina Fajriah Usman mengatakan pelaku UMKM bisa mengunjungi website Pertamina. Nantinya pemohon akan diminta mengirimkan pengajuan dan memenuh semua persyaratan yang diminta.

Terkait
Join Dream.co.id