Pertamina Gelar SMEXPO 2020 Buat UMKM Binaan, Bidik Transaksi Rp7,5 Miliar

Dinar | Selasa, 8 September 2020 13:55
Pertamina Gelar SMEXPO 2020 Buat UMKM Binaan, Bidik Transaksi Rp7,5 Miliar

Reporter : Syahid Latif

SMEXPO 2020 akan berlangsung 9-11 September 2020 dengan menghadirkan 1.226 produk UMKM Binaan Pertamina.

Dream - Berbarengan dengan even belanja online 9.9, PT Pertamina (Persero) bakal menggelar pameran SMEXPO 2020 yang merupakan ajang virtual produk UMKM binaan perusahaan. Dengan menghadirkan 1.226 produk, event ini diharapkan bisa menarik transaksi hingga di atas Rp7,5 miliar.

" Pertamina berperan nyata dengan memberikan pelatihan dan juga menyediakan pasar digital untuk UMKM unggulan ini sehingga diharapkan mereka dapat terus meningkatakan kualitas produk," ujar Direktur Utama Pertamina, Nicke WIdyawati dalam konferensi pers virtual SMEXPO 2020, Selasa, 8 September 2020.

Pertamina SEMXPO 2020 rencananya akan digelar selama tiga hari mulai 9-11 September 2020.

Nicke menjelaskan, UMKM selama ini telah membuktikan ketahanannya menghadapi krisis yang pernah beberapa kali menghadang perekonomian dunia. Pada krisis moneter 1998 lalu, UMKM bahkan menjadi tulang punggu perekonomian Indonesia.

Diketahui UMKM saat ini bisa menyerap 95 persen tenaga kerja dengan investasi ditaksir 95 persen dari total permodalan yang berputar di INdonesia. Kontribusi UMKM terhadap PDB nasional juga cukup signifikan hingga 61 persen.

 

2 dari 3 halaman

Incar Transaksi Minimal Rp7,5 Miliar

Mengetahui potensi yang dimiliki UMKM, Pertamina selama ini rutin membina lebih dari 63 UMKM. Para pengusaha kecil ini mendapat bantuan permodalan lewat program kemitraan hingga Rp3,5 triliun sejak 1993 lalu.

" Ini ikhtiar kami membantu perekonomian nasional di tengah Covid-19 ini," ungkap orang nomor satu Pertamina itu.

Sementara itu Corporate Secretary Pertamina, Tajudin Noor menambahkan, Pertamian SMEXPO 2020 akan diikuti mitra binaan perusahaan yang bergerak di lima bidang yaitu fesyen, Food & Beverages, kerajinan, agribisnis, dan furnitur.

Event ini diharapkan bisa menarik 10 ribu pengunjung dengan 500 UMKM yang mengikuti pelatihan online.

" Target penjualan transaksi dari market place binaan Rp7,5 miliar, semoga bisa lebih besar," ungkap Tajudin.

Pertamina SMEXPO 2020© Pertamina

3 dari 3 halaman

Jadi Marketplace Mitra Binaan Pertamina

Selain sebagai event pameran,Pertamina SMEXPO 2020 yang menyuguhkan 1.226 jenis produk juga akan menjadi ajang marketplace bagi para UMKM. Event ini akan menyediakan layanan untuk bertransaksi secara langsung.

Selain itu pengunjung juga bisa mengikuti beragam kegiatan lainnya seperti coaching session, fashion show virtual, hingga pertunjukkan artis ternama. Untuk mengikuti perhelatan ini pun sangat mudah dan gratis alias tidak dipungut biaya.

Masyarakat dapat berpartisipasi pada acara Pertamina SMEXPO 2020 dengan melakukan registrasi secara gratis pada situs www.pertaminasmexpo.com. Setelah melakukan log in, masyarakat bisa langsung bertransaksi di booth virtual UMKM. Atau memilih marketplace section pada halaman utama situs.

Sebanyak 1226 produk milik 100 UMKM peserta PERTAMINA SMEXPO 2020 dapat dipilih masyarakat secara bebas. Setelah memilih produk yang diinginkan, pembeli akan diminta mengisi alamat pengiriman dan jenis ekspedisi yang tersedia. ”Selesaikan pembayaran dan tunggu barang sampai di rumah,” tuturnya.

Sebagai marketplace, Pertamina SMEXPO 2020 ini memang mengedepankan kemudahan dan keamanan berbelanja, termasuk dengan menyediakan beragam alternative pembayaran.

Selain melalui situs www.pertaminasmexpo.com, masyarakat juga dapat mengikuti keseruan acara melalui kanal Youtube Pertamina, BUMN, dan Gen UMKM. Untuk informasi terbaru, masyarakat dapat mengakses media sosial @pertamina dan @gen_umkm.

Terkait
Join Dream.co.id