Pernah Dicela Gembel, Pria Yatim Buktikan Bisa Sukses dan Jadi Pemilik Bus AKAP

Dinar | Jumat, 3 Desember 2021 10:47

Reporter : Alfi Salima Puteri

Kisah sukses pria yang pernah dihina keluarganya, bahkan sampai disebut gembel

Dream - Kerja keras dan tidak mudah menyerah. Dua sikap itulah yang modal utama Berlin Butar Butar sukses menjadi pemilik bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) seperti saat ini. 

Hinaan adalah bagian kecil dari kisah hidup milik Butar. Berkat usaha yang dirintis seorang diri, kini ia berhasil mengumpulkan uang hingga menjadi seorang juragan bus. Namun, hal itu tentu tak begitu saja terjadi. Banyak perjuangan dan jatuh bangun yang harus dialami Butar.

Kisah Berlin Butar Butar dibagikan melalui kanal YouTube Azis Herlambang Official, Jumat, 12 November 2021. 

Dari tanah kelahirannya di Medan, Butar pernah mengadu nasib di Palembang. Ia berangkat ke ibukota Sumatera Selatan itu karena iming-iming pekerjaan. Ternyata Butar justru mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan, lantaran tak mendapatkan akomodasi dengan baik.

“ Setelah sampai di Palembang kan sudah 3 hari, nah dia bilang kalau kerja sama aku harus tahu sendiri makanmu dan segalanya di mobil itu, katanya. Menangis aku di dalam hati," ungkapnya.

Perlakuan buruk tak hanya Butar terima dari orang lain, melainkan dari beberapa anggota keluarganya pun juga berlaku serupa. Suatu ketika Butar mengunjungi saudaranya. Namun,  Butar malah mendapat perkataan yang menyayat hati. 

Pernah Dicela Gembel, Pria Yatim Buktikan Bisa Sukses dan Jadi Pemilik Bus AKAP
YouTube Azis Herlambang Official / Merdeka.com
2 dari 3 halaman

Bertekad Ubah Diri Karena Celaan

" Saya datang ke rumahnya. Bawa oleh-oleh juga kan. Saya sapa abang saya, tapi kenapa gini ya, saya dibilang seperti gembel katanya," ungkap Butar.

Namun, hal itu justru menjadi bahan motivasi baginya untuk bangkit dan membuktikan diri. Rela berhenti merokok merupakan bentuk kecil dari pengorbanannya untuk sampai pada titik kesuksesan seperti saat ini.

" Lalu saya tanya, kenapa kamu bilang saya gembel? Iya lah katanya. Di situlah saya beli tiket sampai saya berhenti merokok, makanya bisa terkumpul uangnya," tuturnya.

 

3 dari 3 halaman

Cita-Cita Memiliki Kendaraan Terwujud

Mendapatkan celaan hingga perlakuan buruk justru tak menyurutkan tekadnya. Terbukti, cita-citanya sedari kecil kini mulai menjadi kenyataan.

" Karena saya ini orang susah, bapak nggak kenal, mamak nggak kenal, sekolah pun tidak ada. Pikiran saya gimana ini di Kota Jakarta, tapi saya bercita-cita kalau ada mobil (bus) gitu kan. Dari kecil pengen begitu," ujarnya.

Tahun ini tentu menjadi momen tak terlupakan bagi Butar. Dengan hasil jerih payahnya, tepat pada 18 Oktober lalu, ia baru saja membeli bus impiannya selama ini.

" Saya senang, ya Tuhan kok bisa seorang gembel bisa jadi seperti ini (pemilik bus). Saya suka terbayang-bayang sama usaha saya. Itu lah ya rejeki dari Tuhan, ada rejeki kita beli mobil ini. Saya beli, saya bongkar mesin, ini dulu beli bus Rp90 juta" ucap Butar penuh haru.

Join Dream.co.id