Peringkat Jakarta di Daftar Kota Berbiaya Hidup Tertinggi Melorot

Dinar | Selasa, 22 Juni 2021 14:34

Reporter : Ahmad Baiquni

Jakarta menduduki peringkat 100 ke bawah.

Dream - Peringkat Jakarta mengalami penurunan dalam Daftar Kota Berbiaya Hidup Termahal Dunia. Hong Kong yang sempat menduduki peringkat teratas juga ikut tergeser di masa pandemi COvid-19 ini.

Temuan ini terungkap dari survei tahunan biaya hidup oleh firma konsultasi sumber daya manusia berbasis di New York, Amerika Serikat, Mercer. Dalam Mercer 2021 Living Cost, kota-kota di Asia mendominasi ranking biaya hidup termahal di dunia.

Survei ini disusun dengan beberapa indikator. Mulai dari fluktuasi nilai tukar mata uang, inflasi biaya barang dan jasa, stabilitas tarif akomodasi. Hasil survei ini dapat membantu para pemberi kerja menentukan paket kompensasi bagi karyawan saat bekerja di luar negeri.

" Apa yang kami lihat adalahperusahaan melakukan lebih banyak fleksibilitas untuk mengakomodasi situasi pribadi yang berbeda dari para karyawan," ujar Global Mobility Leader Mercer, Asia Pacific, Julia Radchenko.

 

Peringkat Jakarta di Daftar Kota Berbiaya Hidup Tertinggi Melorot
Tugu Monas
2 dari 3 halaman

Kerja Jarak Jauh Jadi Alternatif

Dia mengatakan banyak perusahaan saat ini lebih terbuka untuk pengaturan kerja jarak jauh internasional. Kondisi ini, kata dia, memungkinkan pemberi kerja melakukan peran yang sama dari jarak jauh.

" Pengaturan kerja jarak jauh internasional membawa serta kompleksitas lain seperti menentukan kompensasi yang tepat dan apakah pengaturan dapat sepenuhnya meniru pentingnya dan dampak memiliki seseorang di pasar tertentu," kata dia.

Pandemi Covid-19 terus menyebabkan gangguan pada mobilitas internasional. Kondisi ini mendorong perusahaan untuk mengevaluasi kembali cara mengelola pergerakan tenaga di dunia pascapandemi.

Penelitian mobilitas yang dilakukan Mercer menunjukkan setelah beberapa tahun upaya perusahaan memodernisasi strategi mobilitas, mereka mulai menerapkan bentuk-bentuk alternatif penugasan internasional. Juga pengaturan kerja lintas batas untuk mempertahankan operasi dan tenaga kerja mereka di luar negeri.

" Biaya hidup selalu menjadi faktor untuk perencanaan mobilitas internasional, tetapi pandemi telah menambahkan hal baru lapisan kompleksitas, serta implikasi jangka panjang terkait kesehatan dan keselamatan karyawan," kata Career President dan Head of Mercer Strategy, Ilya Bonic.

 

3 dari 3 halaman

10 Kota Termahal dan di Mana Jakarta?

Dalam survei ini, terdapat 10 kota masuk jajaran berbiaya hidup termahal. Kebanyakan adalah kota-kota di Asia. Sementara Jakarta dalam survei ini menempati urutan 104. Peringkat ini menurun dari survei tahun sebelumnya di peringkat 86.

Berikut 10 kota tersebut:

1. Ashgabat, Turkmenistan, naik dari peringkat 2 pada 2020,
2. Hong Kong, turun dari peringkat 1,
3. Beirut, Libanon, naik tinggi dari peringkat 43,
4. Tokyo, Jepang, turun dari peringkat 3,
5. Zurich, Switzerland, turun dari peringkat 4,
6. Shanghai, China, naik dari peringkat 7,
7. Singapura, turun dari peringkat 5,
8. Jenewa, Switzerland, naik dari peringkat 9,
9. Beijing, China, naik dari peringkat 10,
10. Bern, Switzerland, turun dari peringkat 8.

Join Dream.co.id