Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Kekinian BCA Lestarikan Budaya Wayang

Cara Kekinian BCA Lestarikan Budaya Wayang Foto: Ilustrasi/Shutterstock

Dream - Memperingati Hari Wayang Nasional yang jatuh setiap tanggal 7 November, PT Bank Central Asia, Tbk (BCA) menggelar event kekinian. Lewat program Wayang Youth Festival 2021, bank swasta beraset terbesar di Indonesia ini menantang generasi muda membuat komik strip dan seni drama dengan mengambil inspirasi dari dunia perwayangan. 

Program BCA yang digelar secara online ini menggandeng Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan Sampan Bujana Sentra. Mengusung tema wayang heroik, tahap pendaftaran akan dibuka sejak awal pekan ini hingga 28 November 2021 mendatang.

“Kami mengundang generasi muda mengikuti kompetisi membuat komik wayang dan seni drama tari wayang sekaligus kita ikut melestarikan wayang dengan cara kekinian,” ungkap Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, dalam acara seremoni virtual WYF 2021, Senin, 8 November 2021.

Dalam penyelenggaraannya nanti, panitia akan memberikan workshop untuk mengedukasi peserta terkait tema serta materi untuk mengikuti kompetisi. Kegiatan ini akan melibatkan sejumlah dewan juri yang merupakan pakar wayang, seni drama tari dan komik untuk menentukan hasil karya seni yang memiliki nilai tinggi.

BCA bersama dengan Sampan Bujana Sentra turut memperhatikan protokol kesehatan dalam mengadakan kegiatan perlombaan ini, khususnya bagi lomba seni drama tari wayang.

Berharap Tumbuh Cinta Budaya Indonesia

Seluruh kegiatan lomba baik pendaftaran maupun pengumpulan hasil dilakukan secara online untuk menghindari kontak langsung.

“Semoga dengan kegiatan ini anak-anak bangsa kita bisa lebih mengenal dan mencintai budayanya yang tidak dimiliki oleh bangsa lain serta patut dibanggakan kepada putra putri anak cucunya kelak nanti hingga budaya bangsa kita tidak pernah punah," ujar Uniek putri bungsu tokoh budaya, almarhum Sampan Hismanto.

"Dengan mencintai budaya kita membangun jati diri bangsa serta memperkokoh kekuatan bangsa,” jelasnya.

BCA berharap dapat meningkatkan pemahaman generasi muda atas nilai-nilai teladan yang terkandung dalam budaya kesenian wayang untuk kelestarian wayang di masa mendatang.

Berbagai kegiatan yang telah sukses dilaksanakan antara lain ‘Wayang for Student’ dan ‘Wayang Day’. Kegiatan tersebut pun berhasil diikuti oleh 14.000 peserta di berbagai kota dari tahun 2012-2019.

Kini Liburan Makin Mudah, Biayanya Bisa Dicicil

Dream – Sejak level PPKM di sejumlah wilayah Indonesia turun dan dibukanya perbatasan internasional di sejumlah negara asing, suasana liburan terasa semakin dekat. BCA, Mastercard, dan tiket.com, kompak merespons kondisi masyarakat yang sudah rindu liburan.

Mereka bekerja sama untuk meluncurkan kartu kredit yang menjawab segala kebutuhan konsumen dalam merencanakan liburan.

Telkomsel-BCA Digital Kolaborasi Genjot Inklusi Keuangan

“ Upaya mendukung pemulihan sektor pariwisata dan perekonomian telah menjadi salah satu fokus bagi BCA. Kolaborasi yang dihadirkan oleh BCA, tiket.com, Mastercard, menjadi bentuk dukungan kami bagi kebangkitan sektor pariwisata,” kata Direktur BCA, Santoso, dalam virtual media gathering pada Senin, 25 Oktober 2021.

Co-Founder dan Chief Marketing Officer (CMO) tiket.com, Gaery Undarsa, menambahkan, fokus kerjasama ini adalah mendorong angka transaksi dan kunjungan wisatawan sehingga pariwisata domestik dapat bangkit dan kembali berjaya. Selain itu, pekerja dari sektor informal juga dapat melestarikan kesejahteraan dan meningkatkan taraf hidup.

Country Manager Mastercard Indonesia, Navin Jain, mengatakan, konsumen Indonesia sedang mengalami perubahan pola pikir digital by default. Oleh sebab itu, semakin banyak masyarakat yang mengandalkan pembayaran nirsentuh serta perdagangan online untuk melengkapi kehidupan sehari-hari.

Untuk itulah, kartu kredit ini dirancang untuk memfasilitasi masyarakat yang bergaya hidup dinamis, aktif, trendi, serta mobilitas tinggi. Di samping itu, layanan ini mengutamakan pengalaman kenyamanan dan keamanan bertransaksi format contactless dan cashless di manapun nasabah berada.

Tebar Promo

Sekadar informasi, kartu kredit BCA, tiket.com, dan Mastercard ini dapat digunakan sebagai alat transaksi saat berwisata maupun dalam transaksi kegiatan sehari-hari.

Kartu pembayaran ini hadir dengan sejumlah keuntungan untuk setiap transaksi yang dilakukan nasabah seperti gratis iuran pertama, welcome bonus berupa e-voucher hingga Rp1 juta, hingga double tiket point khusus untuk pembelian tiket pesawat dan kamar hotel khusus di platform tiket.com.

Hore! Gadai Barang di Pegadaian Bisa dari Rumah, Begini Caranya

Santoso berharap, kolaborasi ini dapat memberikan kemudahan untuk mendukung travel lifestyle masyarakat Indonesia dan menjadi stimulus pemulihan berbagai sektor.

Laporan: Elyzabeth Yulivia

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Kemnaker: Talenta Muda Modal Wujudkan Indonesia Emas 2045

Kemnaker: Talenta Muda Modal Wujudkan Indonesia Emas 2045

Al Binaa Festival menjadi salah satu contoh bahwa pengembangan diri harus dilakukan sepanjang hayat, dimulai di bangku sekolah atau di usia muda.

Baca Selengkapnya
Bund, Yuk Asah Kreativitas Anak di Acara Coloring Competition Dream Day Ramadan Fest 2024

Bund, Yuk Asah Kreativitas Anak di Acara Coloring Competition Dream Day Ramadan Fest 2024

Kamu wajib tahu manfaat mewarnai buat si kecil biar bakat terpendamnya bisa tersalurkan dengan baik.

Baca Selengkapnya
Festival Mimpi Ibu 2023, Wujudkan Impian Ibu Lebih Berdaya di Hari Spesial

Festival Mimpi Ibu 2023, Wujudkan Impian Ibu Lebih Berdaya di Hari Spesial

Berlangsung sejak November 2023, acara ini sukses bangkitkan semangat para Ibu untuk berdaya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Panggung Cerita Nusantara Perkenalkan Budaya Kriya dan Wastra Tanah Air

Panggung Cerita Nusantara Perkenalkan Budaya Kriya dan Wastra Tanah Air

KemenKopUKM Gelar Panggung Bertajuk Cerita Nusantara, Kenalkan Budaya Kriya dan Wastra Tanah Air

Baca Selengkapnya
Bank Indonesia Buka Layanan Penukaran Uang Lebaran Maksimal Rp4 Juta, Begini Caranya

Bank Indonesia Buka Layanan Penukaran Uang Lebaran Maksimal Rp4 Juta, Begini Caranya

Simak cara dan lokasi menukar uang untuk lebaran 2024

Baca Selengkapnya
Mau Tukar Uang Lebaran di Jalur Mudik yang Disediakan BI? Ini Syaratnya

Mau Tukar Uang Lebaran di Jalur Mudik yang Disediakan BI? Ini Syaratnya

Bank Indonesia (BI) membuka layanan penukaran uang baru secara Go Show di beberapa titik rute jalur mudik.

Baca Selengkapnya
Cara Hitung Besaran THR Karyawan Tetap dan Baru

Cara Hitung Besaran THR Karyawan Tetap dan Baru

Ida menekankan bahwa pembayaran THR harus dilakukan paling lambat satu minggu atau 7 hari sebelum hari raya Lebaran.

Baca Selengkapnya
Bawaslu Kaji Dugaan Pelanggaran Kaesang Unggah Foto Kampanye di Masa Tenang

Bawaslu Kaji Dugaan Pelanggaran Kaesang Unggah Foto Kampanye di Masa Tenang

Bawaslu kaji dugaan pelanggaran Kaesang di masa tenang Pemilu 2024.

Baca Selengkapnya