`Pesawat Hantu` Bikin Panik Lalu Lintas Udara...

Dinar | Kamis, 26 Mei 2016 08:31
`Pesawat Hantu` Bikin Panik Lalu Lintas Udara...

Reporter : Puri Yuanita

Kejadian bermula ketika pesawat dengan nomor penerbangan DL8957 itu terbang tanpa dikendalikan oleh pilot saat melintas di wilayah udara Yunani. Ternyata...

Dream - Sebuah pesawat milik maskapai penerbangan Amerika Serikat, Delta Airlines, membuat panik otoritas lalu lintas udara Yunani.

Kejadian bermula ketika pesawat dengan nomor penerbangan DL8957 itu terbang tanpa dikendalikan oleh pilot, saat melintas di wilayah udara Yunani.

Pesawat yang terbang dalam kondisi seperti itu di dunia penerbangan disebut melakukan 'penerbangan hantu'.

Apalagi pesawat Delta Airlines rute Jerman-Kuwait itu melintas hanya beberapa jam setelah pesawat EgyptAir MS804 dilaporkan menghilang dari pantauan radar, sebelum akhirnya ditemukan jatuh di Laut Mediterania yang menewaskan 66 orang.

Akibatnya pengontrol lalu lintas udara Yunani panik. Kepanikan ini menyebar cepat dan membuat pengendali lalu lintas udara di seluruh dunia berada di siaga tinggi.

Petugas kontrol lalu lintas udara yang berbasis di Athena sudah berulang kali meminta identifikasi kepada pilot DL8957. Namun, permintaan itu tidak direspons.

Karena takut terjadi pembajakan, petugas kontrol lalu lintas udara Yunani akhirnya menghubungi Kementerian Pertahanan dan Otoritas Penerbangan Sipil.

Tanpa tahu apa yang sedang terjadi pada penerbangan DL8957, dua jet tempur F-16 dikirim untuk 'mencegat' pesawat hantu itu saat mendekati Santorini. Ini merupakan protokol militer standar yang berlaku di seluruh dunia, Mirror UK melaporkan.

" Sementara transit ke wilayah udara Yunani, awak pesawat penerbangan 8957, yang menjalankan operasi charter dari Hahn, Jerman ke Kuwait, tidak mampu membangun komunikasi radio dengan kontrol lalu lintas udara Yunani untuk waktu yang singkat," kata seorang juru bicara Delta Airlines kepada Daily Star.

" Ini terjadi selama hand-off di antara menara kontrol lalu lintas udara dan komunikasi akhirnya bisa dibangun kembali. Boeing 767-400ER tidak meninggalkan rute yang direncanakan dari penerbangan," imbuh pernyataan Delta Airlines yang dikutip news.com.au.

Ada dugaan awal bahwa pilot Delta DL8957 tertidur tapi pihak maskapai membantah hal itu. (ism) 

Terkait
Join Dream.co.id