Modal GoAds Rp80 Ribu, Omzet Penjual Bakmie di Cipondoh Naik 10,8 Kali Lipat

Dinar | Jumat, 17 September 2021 07:12

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Dia memanfaatkan fitur ini untuk memaksimalkan pendapatannya.

Dream – Tak hanya pengelola rumah makan besar, adaptasi teknologi juga harus sudah mulai dilakukan para pemilik bisnis kuliner kecil. Beragam kemudahan diberikan perusahaan pengelola platfrom untuk para pengusaha kecil ini mempromosikan bisnisnya. Keuntungan yang lebih baik menanti mereka yang sudah beradaptasi. 

Di sisi perusahaan platform, beragam kemudahan dan dukungan diberikan kepada para mitra. Salah satunya dilaukan platform GoFood yang mulai memperkenalkan iklan digital, GoAds. Dengan promosi yang lebih masif, hasil yang diperoleh juga lebih baik.

Pengalaman inilah yang dirasakan Junarto, seorang penjual bakmi yang memiliki restoran Bakmi Ayam Yamin Kingkong di Cipondoh, Tangerang. Diakuinya, layanan promosi ini telah membantu UMKM kuliner mendapatkan pelanggan baru karena bisa disesuaikan dengan kebiasaan pelanggan yang berbelanja di restorannya.

“ Saya memiliki usaha bakmi. Biasanya restoran kami ramai pada pagi dan sore hari,” kata Djunarto di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis GoFood, Kamis 16 September 2021.

Dia mengaku iseng beriklan selama lima hari di GoFood pada Agustus 2021. Kala itu, modal yang dikeluarkan sebanyak Rp80 ribu. Iklan ini ditampilkan sesuai dengan jam sibuk restoran. Strategi ini berbuah hasil yang manis.

“ Saat cek pada akhir periode iklan, pendapatan yang saya dapatkan mencapai 10,8 kali lipat dari modal yang dikeluarkan,” kata Djunarto.

Modal GoAds Rp80 Ribu, Omzet Penjual Bakmie di Cipondoh Naik 10,8 Kali Lipat
Penjualan Pengusaha Kuliner Ini Naik Berlipat-lipat Setelah Bergabung Dengan Gofood. (foto: Ilustrasi/Gofood)
2 dari 7 halaman

Laporan Transparan

Dia menyebut GoAds ini menyajikan laporan yang transparan. Pengusaha bisa mengetahui jumlah pelanggan yang mengeklik restorannya melalui iklan partner jempolan dan jumlah pelanggan yang akhirnya lanjut sampai pembayaran.

“ Selain itu, saya juga bisa melihat persentase pelanggan baru yang berbelanja di resto,” kata dia.

Untuk mengatur tampilan Iklan Partner Jempolan, Djunarto bisa mengakses shuffle card Ads manager di halaman depan aplikasi GoBiz, kemudian memilih budget sesuai kebutuhan, mengatur jadwal munculnya iklan, dan melakukan konfirmasi pengaturan Iklan Partner Jempolan. Lalu, iklan resto akan langsung muncul di kategori ‘Partner Jempolan’.

3 dari 7 halaman

Bantu 20 Ribu Mitra Bisnis Kuliner

Chief Commercial Officer Gojek, Antoine de Carbonnel, mengatakan platform tersebut menyediakan dua jenis GoAds, yaitu partner jempolan. Jenis iklan ini menyasar kepada pelanggan yang menjelajah kuliner di laman “ Eksplor”.

Layanan kedu adalah iklan kategori GoFood untuk tampil di kategori menu “ Aneka kuliner menarik – minuman, jajanan, aneka nasi, dan lain-lain” dan menu favorit seperti “ Terdekat,”, “ Terlaris”, dan “ Menu Sehat”.

Fitur tersebut juga menyajikan laporan biaya dan performa iklan, seperti actual klik, mitra usaha, hingga return of investment. Antoine mengatakan iklan ini diluncurkan sejak Juli 2020 dan telah membantu lebih dari 20 ribu mitra. Untuk biaya, pengusaha kuliner hanya membayar jika iklan diklik pelanggan.

“ Selain menghadirkan solusi iklan digital, GoFood terus mendorong permintaan pelanggan terhadap produk kuliner UMKM melalui berbagai inisiatif untuk semakin mendukung UMKM #BangkitBersama, seperti tile khusus #PesanDariUMKM yang memudahkan pelanggan mendukung UMKM kuliner di sekitar serta berkolaborasi dengan Tokopedia pada acara WIB (Waktu Indonesia Belanja) yang menghubungkan jutaan pelanggan GoFood dengan mitra usaha GoFood, termasuk UMKM,” tutup Antoine.

4 dari 7 halaman

Cara GoFood & Digitarasan Tingkatan Eksposur Resto di Aplikasi

Dream - Pada akhir program Digitarasa Batch 2, GoFood memberikan kesempatan bagi 15 usaha kuliner untuk memperluas jangkauan pasarnya ke jutaan pelanggan Gojek. Hal itu dituangkan lewat program Promo ‘Foodiskon: Resto Rekomendasi Chef Arnold’ di halaman utama GoFood.

Program promo yang akan berlangsung dari 9-23 Desember 2020 ini menawarkan potongan harga sebesar 30 persen. Kamu bisa mencoba berbagai pilihan kuliner dari para peserta Digitarasa.

Program ini diadakan untuk memanjakan pelanggan GoFood dengan memberikan pengalaman kuliner yang menyenangkan di rumah dalam menyambut momen tahun baru. Sekaligus mendukung para pelaku kuliner anak bangsa dalam memajukan industri makanan dan minuman Tanah Air.

 

 Cara GoFood & Digitarasan Tingkatan Eksposur Resto di Aplikasi© Dream

 

15 peserta Digitarasa Batch 2 adalah mereka yang terpilih setelah melalui proses seleksi ketat dari total 800 pendaftar. Para pendaftar berasal dari Jabodetabek, Bandung, Medan, Surabaya, dan Makassar.

Kemudian, pada September-November, para pelaku usaha kuliner anak bangsa ini mengikuti berbagai tahap pelatihan.

Mulai dari Bootcamp meliputi beberapa materi,seperti kiat sukses berbisnis kuliner dan bangkit dari kegagalan dari Chef Arnold Poernomo, entrepreneurship dan mengukur skala bisnis dari CEO Kopi Kenangan, Edward Tirtanata. Juga inovasi pengembangan usaha menggunakan teknologi dan tepat sasaran GoFood, dan para penggiat bisnis kuliner Tanah Air lainnya.

5 dari 7 halaman

Ada beberapa sesi saat pelatihan

Pelatihan juga termasuk sesi mentoring terkait pengelolaan bisnis kuliner yang dilakukan secara personal dan terfokus dan sesi Business Review untuk menilai kesiapan bisnis kuliner dalam melakukan ekspansi.

“ Selama 5 tahun menjadi growth partner para UMKM kuliner, GoFood sangat memahami tantangan yang dialami para pelaku UMKM kuliner dalam mengembangkan usaha termasuk dalam hal manajemen bisnis, pemasaran, dan permodalan. Di masa pandemi, GoFood juga telah meluncurkan berbagai inovasi dan beradaptasi, serta tumbuh bersama para mitra usahanya,"  ujar VP Corporate Affairs Food Ecosystem Gojek, Rosel Lavina, dalam konferensi pers virtual, Jumat, 11 Desember 2020.

" Berbekal pengalaman ini serta misi mendukung semakin banyak pengusaha kuliner agar mampu bertumbuh dan menjadi bagian dari ekosistem kuliner yang kuat di Indonesia, GoFood berbangga hati dapat terus memberikan dukungan lewat Digitarasa yang berbentuk pelatihan dan akses eksposur kepada pelanggan Gojek,” tegasnya.

6 dari 7 halaman

Diikuti antusias para peserta

 Digitarasa Batch 2© GoFood

“ Merayakan akhir dari pelatihan Digitarasa Batch 2, GoFood memberikan kesempatan eksklusif bagi pengusaha kuliner peserta Digitarasa untuk menyapa pelanggan, khususnya di Kota Jakarta, Bandung, Medan, dan Surabaya melalui program promosi GoFood atau ‘Promo Foodiskon: Resto Rekomendasi Chef Arnold’. Para pelanggan Gojek dapat mencoba dan menikmati pilihan kuliner andalan dari para startup kuliner yang telah kami kurasi ini dengan potongan harga spesial sampai dengan ?30%,?” lanjut Rosel.

Dalam acara diskusi dan penutupan program Digitarasa Batch 2, chef profesional yang juga merupakan CEO Digitarasa, Arnold Poernomo menyampaikan apresiasinya terhadap antusiasme peserta angkatan kedua yang tetap antusias mengikuti pelatihan secara online di masa pandemi ini.

“ Kami berbangga hati bisa menjadi bagian dari perjalanan para peserta dan mendukung kemajuan bisnis kuliner di Indonesia. Walaupun dihadapkan dengan kondisi yang menantang, kelima belas peserta ini membuktikan bahwa mereka tetap bersemangat menimba ilmu dan mampu terus berinovasi dan bertumbuh,” kata Chef Arnold.

 

7 dari 7 halaman

Nikmati Resto Rekomendasi Chef Arnold

Sebagai salah satu manfaat program bagi peserta, Digitarasa bersama GoFood mengurasi menu kuliner pilihan dari ?brand r?esto para peserta dengan menghadirkan Promo Foodiskon: Resto Rekomendasi Chef Arnold di halaman utama GoFood.

" Tentunya, menjadi bagian dari festival promo online ini merupakan kesempatan yang luar biasa karena ?brand ?mereka dapat lebih dekat dengan pelanggan serta terhubung dengan jutaan GoFoodies. Saya harap Digitarasa dapat berkontribusi untuk visibilitas merek dan keberlanjutan usaha mereka ke depannya,” lanjut Chef Arnold.

 Chef Arnold© GoFood

Untuk menikmati pilihan menu andalan peserta Digitarasa pengguna GoFood dapat mengakses halaman utama GoFood dan mengetuk ?banner Promo Foodiskon: Resto Rekomendasi Chef Arnold dan memilih puluhan produk kuliner yang telah dikurasi Digitarasa dan GoFood dari peserta Digitarasa tahun ini Program promosi ini akan berlangsung selama 2 minggu.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat langsung mengakses akun Instagram @digitarasa_id.

Join Dream.co.id