Penampilan Terlalu Menarik, Wanita Ini Malah Sulit Dapat Kerja

Dinar | Rabu, 22 Mei 2019 07:14
Penampilan Terlalu Menarik, Wanita Ini Malah Sulit Dapat Kerja

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Akhirnya, dia melakukan ini.

Dream – Irina Kova harus merintis bisnis ritel online. Wanita 33 tahun lulusan hukum di London, Inggris, ini harus berjualan pakaian karena kesulitan dapat pekerjaan karena penampilannya.

Dikutip dari Oddity Central, Rabu 22 Mei 2019, Irina bukanlah orang dengan kemampuan biasa-biasa saja. Selain lulusan hukum, CV yang dia bikin pun sungguh mengesankan.

Namun penampilan yang menarik itu justru menjadi penghamabat kariernya. Bagi kaum wanita, kecantikan Irana sangatlan 'intimidatif'.

Kepada The Sun, Irina mengatakan bahwa penampilan ini berdampak negatif kepada perekrut pria dan wanita. Plus, proses rekrutmennya.

Ada yang menyarankan Irina mewarnai rambutnya lebih gelap agar terlihat profesional. Setelah lolos wawancara, bosnya tak pernah menganggapnya serius.

“ Dia berkata, kamu tidak akan pernah dapat kerja jika berpenampilan seperti itu. Wanita itu benar. Saya mewarnai rambut agar lebih gelap. Saya mendapatkan banyak penawaran pekerjaan. Bahkan, saya mulai memakai kaca mata dan membuat lebih profesional,” kata Irina.

Tapi, salah satu mantan bosnya mengungkap hal lain.

2 dari 2 halaman

Apa Itu?

Irina mengatakan, salah satu mantan bosnya meminta Irina untuk tidak berpenampilan terlalu mencolok. Sang mantan bos juga memintanya untuk lebih rendah hati.

Wanita kelahiran Rusia ini bingung. Sebab, wajahnya memang sudah begitu sejak lahir.

“ Saya jarang pakai make up. Ketika punya bibir besar dan mata (yang besar pula), kamu menarik banyak perhatian,” kata dia.

Mantan bos itu menilai penampilan Irina sangat mewah. “ Jadi, saya memutuskan pergi,” kata dia.

Pebisnis muda itu mengatakan kaum adam tak pernah ingin merekrutnya. Mereka tak mau fokusnya terbelah dan lebih berminat merekrut perempuan yang sedikit menarik.

“ Para pria juga tak mau istrinya datang ke kantor dan berkata, ‘Lihat ada wanita ‘hot’ dan lajang yang duduk di sampingnya’,” kata dia.

Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary_mark
Join Dream.co.id