Pemerintah Klaim Perekonomian Indonesia Membaik

Dinar | Jumat, 23 April 2021 18:12

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Ini dia indikator-indikatornya.

Dream – Pemerintah mengklaim perekonomian Indonesia sudah mulai membaik. Ada beberapa indikator yang menunjukkan perekonomian membaik.

“ Kalau dilihat, proyeksi sudah mengarah ke recovery,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam konferensi pers virtual, Jumat 23 April 2021.

Misalnya, kata dia, indeks keyakinan konsumen (IKK) yang naik dari 85,8 poin pada Februari 2021 ke 93,4 pada Maret 2021 dan penjualan ritel yang mulai menggeliat di tengah pandemi COVID-19.

Indikator lainnya adalah penjualan kendaraan bermotor yang meningkat, seperti penjualan mobil yang naik 28,2 persen secara yoy.

“ Indeks keyakinan konsumen dan penjualan kendaraan bermotor meningkat pada Maret 2021,” kata Airlangga.

Pemerintah Klaim Perekonomian Indonesia Membaik
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Menyebut Perekonomian Indonesia Mulai Membaik.
2 dari 2 halaman

Apa Lagi?

Selain itu, Airlangga mengatakan indikator lainnya adalah investasi dengan hasil indeks PMI berada di titik 53,2. Pengeluaran pemerintah pun meningkat, termasuk program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Menurut data, realisasi PEN sampai 16 April 2021, senilai Rp134,07 triliun. Angka ini 19,2 persen dari pagu senilai Rp699,43 triliun.

Airlangga menambahkan, indikator lainnya adalah neraca perdaganan yang positif selama tiga bulan. Hal ini ditandai dengan ekspor dan impor yang meningkat.

“ Dengan demikian, ekonomi bergerak,” kata dia.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Join Dream.co.id