Pemerintah Buka Peluang Investasi Eksplorasi Harta Karun Bawah Laut

Dinar | Kamis, 4 Maret 2021 15:14
Pemerintah Buka Peluang Investasi Eksplorasi Harta Karun Bawah Laut

Reporter : Ahmad Baiquni

Investasi usaha benda peninggalan sejarah dan purbakala juga dibuka tapi dengan syarat khusus.

Dream - Pemerintah membuka peluang investasi eksplorasi harta karun bawah laut maupun peninggalan berharga. Ketetapan ini juga termuat pada Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal, yang secara spesifik disebut dengan pengangkatan benda berharga asal muatan kapal tenggelam.

Perpres tersebut menetapkan enam bidang usaha yang tertutup untuk investasi. Tetapi, pengangkatan benda berharga di bawah laut tidak termasuk dalam kategori tersebut.

" Jadi, dari 20 bidang usaha, enam ditutup, 14 dibuka, tetapi bukan tanpa ada persyaratan. Kita buka tapi dengan syarat khusus," ujar Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalio, dalam konferensi pers usai pencabutan poin investasi industri miras, disiarkan channel BKPM TV.

Bahlil menjelaskan, salah satu dari 14 bidang usaha yang dibuka dengan syarat khusus tersebut yaitu pengangkatan berharga muatan kapal tenggelam. Di bidang ini, investasi dibolehkan namun harus memenuhi persyaratan.

" Jadi kalau mau cari harta karun di laut-laut bisalah kau turun. Nah, syarat izinnya datang sama kita. Kita akan kasih tahu gimana caranya agar kau bisa ambil itu, memenuhi itu untuk dapat izin," kata dia.

 

2 dari 2 halaman

Selain itu, investasi juga dibuka untuk peninggalan sejarah dan benda purbakala. Bahlil mengatakan bidang usaha ini bisa dibangun namun tetap harus memenuhi persyaratan.

" Jadi tidak langsung masuk OSS (Online Single Submission) kemudian izin didapatkan, enggak," kata dia.

Bahlil menegaskan harus ada syarat-syarat notifikasi yang terpenuhi. Dia meyakinkan syarat-syarat tidak mudah untuk dipenuhi mengingat benda peninggalan sejarah dan purbakala sangat bernilai.

" Karena ini barang kan bukan barang sembarang juga. Semakin bagus itu barang, semakin syaratnya juga bagus (ketat)," kata dia.

Terkait
Join Dream.co.id