Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Pemerintah Finalisasi Subsidi Kendaraan Listrik, Beli Motor Listrik `Ditalangi` Rp6,5 Juta

Pemerintah Finalisasi Subsidi Kendaraan Listrik, Beli Motor Listrik `Ditalangi` Rp6,5 Juta Mobil Listrik Wuling Air EV

Dream - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan pemerintah berencana mengalokasikan dana subsidi untuk pembelian kendaraan listrik berupa motor maupun mobil.

"Makanya ini segera kita luncurkan dengan subsidi,” katanya dalam acara Permata Bank Wealth Wisdom, Selasa, 29 November 2022, dikutip dari YouTube resmi Permata Bank.

Meski ketentuan besaran subsidi masih dalam tahap finalisasi, Luhut menyontohkan, motor listrik yang dibeli masyarakat ini nantinya akan mendapatkan subsidi di kisaran Rp 6,5 juta

Menurut Luhut, kebijakan subsidi mobil listrik ini juga diterapkan sejumlah negara tetangga di Asia. Thailand, lanjutnya, memberikan subsidi sekitar Rp7 juta. 

"Mobil juga kita kasih subsidi karena dia tidak akan membeli bensin lagi. Tetap akan lebih untung menggunakan sepeda motor listrik daripada sepeda motor fosil, begitu juga mobil," lanjutnya.

Luhut mengatakan, penggunaan kendaraan listrik juga akan berpengaruh pada kualitas udara yang menjadi lebih baik. Karena tak ada lagi baik dari mobil maupun motor.

luhut binsar pandjaitan

Lebih lanjut, kader Golkar ini mengatakan pemerintah sedang mempersiapkan adanya tukar mesin (konversi) sepeda motor dengan sepeda motor listrik.

 

Toyota Resmi Luncurkan Mobil Listrik Pertama di Indonesia, Harga Tembus Rp1 M

Dream - Satu lagi produsen otomotif memanaskan persaingan industri mobil listrik yang belakangan mulai banyak dilirik masyarakat. Setelah santer beredar kabarnya beberapa bualn lalu, PT PT Toyota Astra Motor akhirnya memperkenalkan Electric Vehicle (EV) pertamanya di Indonesia. 

Bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional, yang jatuh hari ini, Toyota meluncurkan All New Toyota bZ4X yang merupakan mobil listrik berbasis baterai. Senjata baru Toyota ini hadir untuk melengkapi teknologi elektrifitas di Indonesia. 

“ Sejalan dengan komitmen Mobility for All, kami melengkapi pilihan teknologi elektrifikasi yang sudah ada dengan All New bZ4X sebagai produk Battery EV Toyota pertama yang dipasarkan untuk pelanggan di Indonesia,” ungkap President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda, di Jakarta, Kamis, 10 November 2022, .

Hadirnya EV pertama Toyota ini sekaligus menunjukan komitmen perusahaan untuk mendukung misi pemerintah mencapai target Net Zero Emission di tahun 2060 serta Toyota Environmental Challenge 2050 yang berambisi mengurangi karbon dalam aspek bisnis. 


Meski bari di pasar Indonesia, Toyota sebetulnay sudah menghadirkan beragam produk elektrifikasi Sejak tahun 2009. Toyota dan Lexus saat ini sudah memiliki 14 pilihan produk elektrifikasi sudah mencatat penjualan di angka 7.021 unit di tahun ini. 

Khusus untuk amunisi barunya kali ini, All New Toyota bZ4X  telah dibekali dengan Lithium-ion Battery berkapasitas 71,4 kWh. Kapasitas tersebut membuat EV ini sanggup menempuh jarak hingga 500 km tanpa menghasilkan emisi sama sekali.


Baterai ini memiliki waktu pengisian daya 0 sampai 80 persen selama 9 sampai 10 jam (normal charging) dan 0 sampai 80 persen selama 30 menit dengan fast charging.

Toyota bZ4X dibekali motor listrik tunggal, dengan mampu menghembuskan daya hingga 201 tk, dan torsi maksimum sebesar 226 nm. 

Desain mobil All New Toyota bZ4X terlihat menarik dengan kapasitas 5 penumpang. Dengan ground clearance setinggi 210cm, EV Toyota ini cocok digunakan baik di dalam jarak dekat ataupun jarak jauh. 


Toyota bZ4X merupakan model pertama yang dikembangkan dengan menggunakan Platform e-TNGA. Untuk pasar Indonesia, model ini dijual hanya dengan pilihan sistem penggerak front wheel drive (FWD). Sedangkan untuk pilihan all wheel drive (AWD) tidak dibawa untuk saat ini.

Vice President Director PT TAM Henry Tanoto mengungkapkan Toyota bZ4X dilepas di pasar Indonesia dengan harga OTR Jakarta senilai Rp 1.190.000. Peminat bisa Perusahaan berharap mobil listrik ini sudah bisa diserahkan kepada konsumen yang sudah memesannya di akhir Desember tahun ini. 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Balai Lelang Ini Tawarkan Opsi Titip Jual, Ada Pilihan Motor Listrik

Balai Lelang Ini Tawarkan Opsi Titip Jual, Ada Pilihan Motor Listrik

Masyarakat juga bisa mengikuti lelang secara real time melalui fitur lelang mobil dan motor online yang tersedia di situs web.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.