Kurs Rupiah Melemah, Sri Mulyani Ungkap Pemicunya

Dinar | Selasa, 8 Mei 2018 15:45
Kurs Rupiah Melemah, Sri Mulyani Ungkap Pemicunya

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Dolar AS semakin menanjak di Rp14 ribu.

Dream – Kurs dollar AS terhadap rupiah tengah menguat. Kurs JISDOR Bank Indonesia (BI) mencatat dollar AS diperdagangkan di level Rp14.036. Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan pelemahan rupiah ini terjadi karena sentimen pasar terhadap kebijakan Amerika Serikat.

Mantan pejabat Bank Dunia itu mengatakan rupiah terdesak oleh sentimen kenaikan suku bunga acuan Amerika Serikat.

“ Dalam situasi di mana pasar saat ini sedang melakukan penyesuaian karena adanya perubahan di dalam kebijakan pemerintah Amerika Serikat. Setiap data dan kenaikan suku bunga yang terjadi di Amerika Serikat pasti menunjukkan dampak di seluruh dunia,” kata Sri Mulyani di Jakarta, dikutip dari Merdeka.com, Selasa 8 Mei 2018.

Menghadapi tekanan yang muncul, Menkeu memastikan akan terus menjaga dan memperkuat perekonomian Indonesia. Dengan begitu, sentimen pasar bisa bersifat netral terhadap Indonesia.

Sri Mulyani juga memastikan defisit Indonesia masih terjaga dengan baik. Jika dilihat dari neraca pembayaran dan ekspor, Indonesia masih memiliki kinerja yang baik.

“ Pertumbuhan ekonomi kita juga cukup bagus. Inflasi kita rendah,” kata mantan direktur pelaksana itu.

Sri Mulyani berkata pemerintah dan Bank Indonesia terus menjaga perekonomian agar tetap stabil.

“ Kami akan terus bersama-sama dengan Bank Indonesia dan seluruh kementerian akan menjaga kinerja dan pondasi di Indonesia,” kata dia.

(Sah)

 

Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi
Join Dream.co.id