Pegawai di Negara Ini Punya Jam Khusus untuk Menyusui

Dinar | Kamis, 18 Desember 2014 08:04
Pegawai di Negara Ini Punya Jam Khusus untuk Menyusui

Reporter : Syahid Latif

Pemerintah negara ini memang tengah menggenjot peran perempuan di sektor tenaga kerja.

Dream - Pemerintah Arab Saudi terus membenahi lingkungan kerja bagi pegawai perempuan baik di instansi pemerintah maupun swasta. Kali ini Departemen Tenaga Kerja Arab Saudi telah berjanji akan memberikan fasilitas jam khusus bagi ibu-ibu untuk menyusui anaknya.

Para ibu dijanjikan akan mendapat waktu menyusui selama satu jam sehari sepanjang dua tahun. Untuk bisa memperoleh jam khusus ini, para pegawai perempuan harus terlebih dahulu membuat kesepakatan dengan majikannya.

Selain memberi kemudahan bagi para ibu, pemerintah Saudi berharap langkah-langkah baru lainnya akan disiapkan guna memberdayakan perempuan serta memberikan hak dan kebebasan untuk bekerja di lingkungan yang aman dan aman.

Departemen Tenaga Kerja seperti dikutip Dream dari laman Arabnews, Kamis, 18 Desember 2014 juga akan memberikan fasilitas memadai untuk pekerja perempuan penyandang cacat. Langkah-langkah lainnya termasuk kebebasan bekerja dari rumah dan di gerai ritel seperti toko dan kios di mal tertutup, terutama yang menjual produk wanita.

“ Membiarkan perempuan untuk bekerja dari rumah akan mengurangi masalah transportasi dan menguntungkan keluarga mereka,” kata seorang pejabat Departemen Tenaga Kerja.

Kementerian menegaskan para pengusaha wajib mengikuti kuota program Nitaqat. Pemerintah Saudi memang berupaya keras merayu penduduknya untuk mulai bekerja di sektor swasta. Tingkat pengangguran di kalangan perempuan Saudi pada tahun 2013 berada di angka 34 persen, naik 2 persen dari tahun sebelumnya.

Statistik CDSI juga menunjukkan bahwa tingkat pengangguran di kalangan laki-laki berada di angka 6,2 persen. Menurut Kementerian Urusan Sipil, ada 1,2 juta orang Saudi yang bekerja di sektor publik dan wanita menyumbang 38,3 persen.

Terima Kritik Pedas, Nada Zaqiyyah: Ternyata Adik Kelas Aku Sendiri
Join Dream.co.id