Pasang Iklan di Mobile Gaming Lebih Efektif, Ini Alasannya

Dinar | Kamis, 22 September 2022 17:46

Reporter : Alfi Salima Puteri

Peningkatan ini mulai terlihat sejak masa pandemi beberapa tahun lalu, di mana tiga dari lima pengiklan mulai memanfaatkan iklan dalam mobile game dalam dua tahun terakhir.

Dream -  Bagi Sahabat Dream yang memainkan game di smartphone ataupun tablet mungkin kerap melihat iklan yang tiba-tiba saja mucul. Meski terkadang terkesan mengganggu kenyamanan saat bermain game, ternyata pemasangan iklan di mobile game ini telah terbukti semakin efektif menurut para pengiklan.

Dalam laporan terbaru bertajuk Mobile Game Advertising  in 2022, Southeast Asia yang dirilis oleh InMobi pada Kamis, 22 September 2022, menyebutkan bahwa pemasangan iklan di mobile game telah terbukti semakin efektif, dengan meningkat tajam hingga dua kali lipat dari tahun lalu.

Laporan tersebut melakukan survei terhadap 200 pemimpin mobile marketing di Asia Tenggara. Peningkatan ini mulai terlihat sejak masa pandemi beberapa tahun lalu, di mana tiga dari lima pengiklan mulai memanfaatkan iklan dalam mobile game dalam dua tahun terakhir.

Setidaknya 80 persen responden mengaku telah memasang iklan selama setahun atau lebih, dengan 98 persen pengiklan melaporkan peningkatan pengeluaran mereka untuk mobile game.

Pasang Iklan di Mobile Gaming Lebih Efektif, Ini Alasannya
Foto: InMobi
2 dari 3 halaman

Menurut laporan tersebut, format iklan unik dalam iklan mobile game memungkinkan perhatian dan interaksi audiens yang lebih tinggi, sehingga menarik minat yang kuat dari pengiklan. Format iklan mobile game yang paling banyak dieksplorasi adalah video berhadiah, iklan playable, dan iklan interstisial.

Namun, iklan dalam game juga semakin populer karena pengiklan berusaha mengintegrasikan iklan ke dalam game dan membuat game lebih realistis.

Laporan ini juga membagikan wawasan tambahan tentang sikap pengiklan terhadap iklan mobile game, serta persepsi dan tujuan mereka untuk meluncurkan iklan gaming di masa mendatang.

3 dari 3 halaman

Lebih dari 39 persen responden memilih belanja iklan programmatic sebagai opsi belanja iklan (media buying) yang paling disukai di aplikasi mobile game.

 Mobile game.© pixabay.com

Selain itu, hampir 90 persen responden menganggap kesesuaian konten game dengan nilai-nilai brand sebagai faktor utama saat mengadopsi iklan mobile game.

Join Dream.co.id