Orang Terkaya Afrika Santuni 106 Ribu Wanita Miskin

Dinar | Selasa, 1 Oktober 2019 19:24
Orang Terkaya Afrika Santuni 106 Ribu Wanita Miskin

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Sumbangan senilai puluhan miliar rupiah diberikan kepada mereka yang berhak.

Dream – Seorang hartawan dari Afrika menyumbangkan puluhan miliar hartanya untuk 106 ribu perempuan miskin di Nigeria Utara. Miliarder baik hati itu adalah Aiko Dangote yang akan menyumbangkan uang US$3,06 juta (Rp43,56 miliar) melalui Aliko Dangote Foundation (ADF).

Sumbangan yang disalurkan sebelum akhir 2019 itu merupakan kelanjutan dari program pemberdayaan mikro yang bertujuan untuk menekan angka kelaparan melalui pemberdayaan perempuan.

Dikutip dari Forbes, Selasa 1 Oktober 2019, yayasan ADF mulai mengidentifikasi penerima manfaat yang memenuhi syarat. Para penerimanya berada di empat negara bagian Nigeria Utara yaitu Sokoto, Katsina, Kebbi, dan Zamfara.

Sekadar informasi ADF meluncurkan skema hibah mikro pada 2011 dengan dana abadi senilai US$30 juta (Rp427,09 miliar). Skema ini memberikan satu kali bantuan bagi penerima hibah. Nilainya sebesar US$30 (Rp427.095) dan penerima bantuan akan diberikan pelatihan yang bisa menghasilkan pendapatan.

“ Penerima manfaat dari program ini dipilih secara merata dari komunitas target dengan pertimbangan utama bagi wanita rentan yang rumah tangga mengalami masalah makanan, perempuan yang punya bayi atau anak balita, cacat, janda cerai, janda dengan banyak tanggungan, serta penduduk miskin di komunitas ini,” tulis yayasan.

Hingga kini, ada 334.500 wanita dan pemuda yang telah mendapatkan manfaat dari program ini di wilayah Nigeria, yaitu Kano, Jigawa, Kogi, Adamawa, Borno, Yobe, Lagos, dan Nasarawa. Bersama dengan pemerintah, program ini bertujuan untuk melengkapi upaya pemberdayaan ekonomi dan pengurangan kemiskinan.

2 dari 6 halaman

Tak Yakin Kaya, Miliarder Ini Tarik Uang Rp141 Miliar di Bank

Dream – Ada-ada saja kelakuan Alingo Dongate. Miliarder asal Nigeria ini berusaha meyakinkan diri menjadi orang yang kaya-raya dengan cara tak lazim, bahkan dipastikan membuat sobat misqueen minder. 

Dikutip dari Daily Sabah, Selasa 9 April 2019, Aliko Dangotemenarik duit cash senilai US$10 juta, atau sekitar Rp141,68 miliar, dari bank untuk meyakinkan dirinya benar-benar tajir.

 

 Tak Yakin Kaya, Miliarder Ini Tarik Uang Rp141 Miliar di Bank

 

Pria terkaya di Afrika ini berbagi cerita kocaknya di suatu forum di Panta Gading, beberapa hari yang lalu.

Sengan menarik uang itu, Dangote ingin melihat dengan mata kepala sendiri bahwa hartanya tak sebatas catatan. “ Ketika kamu muda, satu juta pertama itu sangat penting,” kata dia.

Taipan pengusaha manufaktur ini mengatakan, jutaan dolar berikutnya akan terasa biasa.

3 dari 6 halaman

Dipandangi Terus-Menerus

Setelah menarik uang ratusan miliar, Dangote menaruh lembaran uang di lantai mobil. Uang ini dipandanginya terus-menerus.

“ Saya memandanginya dan berpikir, ‘Sekarang saya percaya punya uang’,” kata dia.

Menurut Dangote, uang-uang itu disetor kembali ke bank keesokan harinya.

Sekadar informasi, Dangote punya beragam bisnis manufaktur, mulai dari semen sampai tepung terigu. Menurut Bloomberg, kekayaan Dangote tercatat senilai US$16,4 miliar (Rp232,64 triliun).

4 dari 6 halaman

Harta Turun Rp961 M, Miliarder Muslim Ini Tetap Tajir

Dream – Sahabat Dream, ada satu hal yang kamu ketahui dari benua Afrika. Ada seorang kaya-raya yang berasal dari Afrika. Dia juga merupakan seorang yang dermawan.

Namanya, Aliko Dangote. Pria bergelar haji ini memiliki harta sebesar US$12,1 miliar (Rp173,72 triliun). Walaupun hartanya merosot US$67 juta (Rp961,9 miliar), Dangote tetap menjadi orang terkaya di Afrika.

Pria kelahiran Kano, Nigeria, ini merupakan seorang Muslim. Pria berusia 61 tahun ini memegang gelar orang terkaya Afrika sejak 2013.

 

 Harta Turun Rp961 M, Miliarder Muslim Ini Tetap Tajir

 

Dangote ini merupakan pimpinan perusahana produsen semen terbesar di Afrika, Dangote Cement.

Ayah beranak tiga ini juga mendapatkan peringkat ke-66 di daftar “ Powerful People” dan tampil di daftar “ Most Powerful People in Business”. 

(ism, Sumber: Liputan6.com/Tommy KurniaForbesPulse)

5 dari 6 halaman

Miliarder Muda Diculik Saat Hendak Nge-gym

Dream - Mohammed Dewji, seorang miliarder muda di Afrika, diculik saat tengah berolahraga di pusat kebugaran eklusif sebuah hotel. Aksi penculikan ini berlangsung 11 Oktober 2018 di hotel Colosseum di Dar es Salaam sekitar jam 5.35 pagi.

Keluarga miliarder yang karib disapa Mo itu telah menawarkan hadiah senilai US$436 ribu, setara Rp7,07 miliar, untuk mereka yang bisa membawa pulang dengan selamat.

Dewji yang merupakan seorang pengusaha sekaligus mantan politisi itu diculik kawanan bersenjata saat tengah menjalani rutinitas nge-gym.

 

 Miliarder Muda Diculik Saat Hendak Nge-gym

 

Petugas kepolisian mengatakan, miliarder yang telah berkomitmen menyumbangkan separuh kekayaannya senilai US$1,5 miliar telah diculik sekelompok orang berkulit putih.

Penculikan warga Tanzania pertama yang masuk dalam daftar Forbes ini diduga dilakukan terencana.

" Pihak keluarga telah menawarkan tebusan miliaran untuk orang yang bisa memberikan informasi tentang keberadaan anak kami," ujar paman Dewji, Azim Dewji, dalam keterangan pers, dikutip dari laman Guardian, Selasa 16 Oktober 2018.

6 dari 6 halaman

Detik-detik Penculikan

Azim memastikan, setiap pemberi informasi tentang keberadaan putranya akan dirahasiakan.

Pengumuman juga dibuat oleh admin Twitter perusahaan Dewji, MeTL, yang menyatakan akan memberikan hadiah untuk masyarakat yang bisa menginformasikan keberadaan Dewji.

      View this post on Instagram

Usiogope changamoto za maisha, mwogope Mungu peke yake ndiye mwenye kutoa riziki kwa mtu. Nawaombea kwa Mungu muwe na Jumapili njema wapendwa. Mbarikiwe 🙏🏼

A post shared by Mohammed Dewji (@moodewji) on 

Dewji telah menikah dan memiliki tiga anak. Selama ini, dia memang dikenal selalu bepergian tanpa menggunakan jasa pengawalan meski negaranya rawan penculikan.

Keterangan polisi mengatakan, Dewji sempat digelandang pria bertopeng saat tiba di hotel mewah mengendarai Range Rover yang berpelat nomor Mo 1.

Lebih dari 20 orang telah ditahan terkait penculikan ini. Menteri Dalam Negeri Tanzania, Kangi Lugola mengatakan, "Polisi takkan beristirahat sampai penculik ditangkap."

Sumber: Theguardian

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone
Join Dream.co.id