Bank Syariah Indonesia Beri Dua Layanan untuk PLN

Dinar | Senin, 31 Mei 2021 15:12

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Apa saja layanan perbankan syariah yang diberikan untuk BUMN listrik itu?

Dream – PT Bank Syariah Indonesia (BSI) terus mengoptimalkan peran mereka untuk membantu pemulihan ekonomi nasional. Misalnya menjadi solusi layanan perbankan syariah satu atap untuk korporasi.

Salah satu korporasi yang memanfaatkan layanan ini adalah PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)/PLN.

Dikutip dari keterangan tertulis BSI, Senin 31 Mei 2021, Direktur Utama BSI, Hery Gunardi, mengharapkan, bank syriah ini bisa menjadi solusi layanan syariah bagi korporasi dan supply chain di PLN.

“ Keberadaan BSI ini mudah-mudahan dapat memberikan nilai tambah dan manfaat bagi PLN dan seluruh pegawainya melalui produk dan layanan digital yang dimiliki BSI,” kata Hery di Jakarta dalam penandatangan perjanjian kerja sama layanan cash management dan penerbit jaminan pengadaan barang/jasa di lingkungan PLN.

Dari sisi korporasi, BSI memberikan kemudahan dan layanan kepada nasabah yang bersinggungan dengan proyek-proyek yang memerlukan penjaminan. Ada juga layanan cash management yang mempermudah pengelolaan operasional keuangan.

BSI juga memberikan layanan trade finance sebagai penerbit jaminan pengadaan barang dan jasa. Ini berfungsi untuk verifikasi dan kontrol atas banl garansi vendor/kontraktor yang telah diterbitkan.

Sementara dari sisi kinerja, per Maret 2021 BSI mencatatkan aset mencapai Rp234,4 triliun dan laba sebesar Rp742 miliar yang ditopang pembiayaan sebesar Rp159 triliun, dan penghimpunan dana pihak ketiga sebesar Rp205,5 triliun.

“ Dengan catatan pertumbuhan positif ini, kami optimis mampu menjadi mitra strategis bagi PLN ke depannya,” kata dia.

Bank Syariah Indonesia Beri Dua Layanan untuk PLN
Bank Syariah Indonesia Memberikan Layanan Perbankan Syariah Kepada PLN. (Foto: Bank Syariah Indonesia)
2 dari 2 halaman

Diharapkan Bantu Perekonomian Nasional

Hery berharap kerja sama ini bisa membantu perekonomian nasional dan menjadi stimulus bagi stakeholder dan pelaku usaha untuk bangkit mengembangkan usahanya.

Direktur Keuangan PLN, Sinthya Roesli, menyampaikan bahwa dengan adanya sinergi kedua belah pihak semakin menguatkan dan mempermudah PLN dalam kontrol trading process yang melibatkan kontraktor, layanan keuangan terintegrasi dalam layanan syariah yang menyeluruh.

“ Tentu kerja sama ini menjadi komitmen kami untuk bersama membangun negeri melalui sinergi BUMN,” kata Shintya.

Sebagai informasi, BSI dan PLN telah menjalin kerja sama meliputi pembiayaan korporasi baik fasilitas capex maupun fasilitas dengan surat jaminan pemerintah, pengelolaan keuangan operasional PLN melalui layanan cash management, pengadaan penyedia jasa pembiayaan syariah program bantuan fasilitas kendaraan operasional (BFKO), layanan payroll, pembiayaan consumer yakni mitraguna, griya, oto, cicil emas dan gadai emas untuk pegawai PLN, serta kerja sama penerbit jaminan pengadaan barang/jasa untuk proyek PLN. 

Join Dream.co.id