Total Belanja Iklan Semester I-2022 Capai Rp135 T, Simak Para Top Pengiklannya

Dinar | Kamis, 11 Agustus 2022 17:48

Reporter : Okti Nur Alifia

Siapa yang paling mendominasi diantara TV dan digital?

Dream - Belanja iklan perusahaan di sejumlah media, televisi hingga digital semakin meningkat di 6 bulan pertama tahun 2022. Nielsen Ad Intel merujuk gross rate card melaporkan total belanja iklan pada semester I-2022 mencapai Rp135 Triliun atau naik sebesar 7 persen.

Gross rate card sendiri adalah penghitungan tanpa memasukkan diskon, promo, paket dan lainnya.

Media televisi masih mendominasi sebagai penerima belanja iklan terbanyak sebesar Rp107,5 triliun dengan porsi 79,2 persen dan pertumbuhan 8 persen. Disusul platform digital yang mengambil porsi sampai 15,2 persen dengan kenaikan lebih dari 6 persen. Total belanja iklan di media digital mencapai Rp20,5 triliun.

Merujuk pada sektornya, belanja iklan didominasi produk FMCG dan e-commerce dengan dua tipe saluran media berbeda. Sektor FMCG banyak beriklan di televisi sedangkan e-Commerce di saluran digital.

Direktur Eksekutif Nielsen Indonesia menyatakan alokasi belanja iklan yang mengalami pertumbuhan ini menunjukkan optimisme dari para pengiklan yang cukup tinggi di tengah transisi pandemi.

“ Khususnya untuk saluran televisi dan digital masih dipercaya menjadi kanal yang efektif untuk mempromosikan produknya ke publik,” kata Hellen Katherina, di Jakarta, Kamis, 11 Agustus 2022.

Total Belanja Iklan Semester I-2022 Capai Rp135 T, Simak Para Top Pengiklannya
Ilustrasi (Shutterstock.com)
2 dari 5 halaman

Top 5 Kategori Pengiklan

Secara umum ada top lima kategori yang menjadi kotributor belanja iklan tersebut dengan porsi mencapai 35 persen dari total angka belanja iklan. Kelima kategori tersebut adalah layanan online sebagai pembelanja iklan terbesar dengan alokasi Rp25,5 triliun atau 69 persen. 

Kedua, kategori Hair Care dengan pertumbuhan 20 persen dan total belanja iklan sebesar Rp6,9 triliun. Lalu, kategori Facial Care meskipun turun sebesar 7 persen dengan total belanja iklan 6,5 triliun. 

Kemudian, kategori Seasoning, Condiments yang sama-sama turun sebesar 2 persen dengan total belanja iklan 4,5 triliun. Kelima, ada kategori Goverment, Politic Organization yang naik signifikan sebesar 13 persen dengan total belanja iklan Rp4,4 triliun.

3 dari 5 halaman

Tiga Kategori dengan Kenaikan Tertinggi

Sementara itu masuk dalam top 20, tiga kategori mengalami kenaikan tertinggi. Ada kategori mineral water yang menempati peringkat 14 dengan kenaikan melesat sebesar 104 persen. Laundry cleanser & softener berada di urutan 9 dengan kenaikan 35 persen.

Kemudian kategori Vitamin, Tonic, Essence yang berhasil naik sebesar 25 persen yang berada di peringkat 12.

Penurunan tertinggi di top 20 terjadi pada dua kategori yakni Communication Equipment yang turun 28 persen, menempati peringkat 16. Dan Health Drink berada di peringkat 18 yang turun sebesar 20 persen.

Director Client Lead Nielsen Indonesia, Selly Putri mengatakan meningkat dan menurunnya dalam kategori tersebut juga berpengaruh dari situasi pandemi. 

4 dari 5 halaman

Top Pengiklan FMCG dan E-Commerce

Top pengiklan FMCG yang mengandalkan TV diantaranya Unilever, Valoran, Mayora, P&G, Wings, Indofood, Nestle, Lazada, dan Garena (Shopee).

Sementara itu top pengiklan e-commerce yang memenuhi platform digital adalah Valoran, Lazada, Blibli, Garena (Shopee) dan Nestle.

Adapula top 3 produk yang baru muncul diantaranya Sunsilk Soft&Smooth, SGM Family Yummi-Nutri, dan Sosoft.

" Untuk semester pertama tahun 2022 ini, bisa dikatakan bahwa pengiklan sudah mulai menunjukkan rasa percaya diri untuk kembali beriklan. Hal ini menunjukkan bahwa industri mulai pulih pasca pandemi," kata Helen.

 

5 dari 5 halaman

Meskipun begitu Helen mengatakan masih ada kehati-hatian bagi para pengiklan untuk meluncurkan produk baru dan juga para pengiklan mulai menggunakan strategi campaign yang lebih pendek untuk tema-tema tertentu.

Riset ini memonitor 15 stasiun televisi, 161 media cetak, 104 radio, 200 sites dan 3 social media, serta roadside di Jakarta.

Join Dream.co.id