Nggak Harus Menunggu Tajir Dulu, Begini Kiat Wujudkan Hunian Idaman Milenial

Dinar | Selasa, 15 Oktober 2019 10:00
Nggak Harus Menunggu Tajir Dulu, Begini Kiat Wujudkan Hunian Idaman Milenial

Reporter : Iwan Tantomi

Kamu bisa kok mewujudkan mimpi punya rumah idaman tanpa menunggu tajir melintir dulu. Begini caranya!

Memiliki rumah sendiri adalah mimpi sebagian besar orang, nggak terkecuali para milenial. Namun, tingginya harga properti dan tanah kadang membuat beberapa anak muda minder duluan. Padahal, kamu bisa kok mewujudkan mimpi punya rumah idaman tanpa menunggu tajir melintir dulu. Begini caranya!

Rajin berhemat dari sekarang

Buat yang sudah punya impian tentang rumah idaman, mulailah untuk berhemat sejak dini. Pasalnya, harga rumah saat ini nggak murah, bahkan meningkat setiap tahunnya. Siapkan diri untuk membayar uang muka yang biasanya senilai 10-30 persen dari harga keseluruhan rumah dengan mulai menabung.

Saatnya mengubah gaya hidup jadi lebih hemat dan gunakan metode 50-30-20 untuk mengelola keuangan pribadimu. Manfaatkan 50 persen dari gaji bulanan untuk memenuhi kebutuhan pokok, 30persen untuk belanja pakaian atau hiburan, dan 20 persen sisanya untuk tabungan dan investasi.

Hindari telat bayar tagihan kartu kredit

Kebanyakan orang akan mencoba untuk mendapatkan pinjaman bank demi membeli hunian impian. Memiliki nilai kredit yang baik itu bisa jadi faktor penentu dalam memperoleh pinjaman KPR.
Lembaga pemberi pinjaman uang akan melihat nilai kredit untuk melihat bagaimana Sahabat Dream bertanggungjawab ketika berada dalam risiko pinjaman. Jika memiliki banyak tagihan dan tetap ingin meningkatkan nilai kredit, usahakan untuk membayar seluruh utang dan tagihan yang belum terselesaikan.

Jangan malas mencari dan cek validasi

Demi hunian idaman, jangan lupa untuk meninjau lokasinya. Ada banyak pertimbangan menyangkut lokasi rumah, mulai dari jarak dengan tempat kerja, akses jalan raya, adanya fasilitas umum seperti sekolah, pasar, atau tempat perbelanjaan. Selain itu, jangan lupa untuk menanyakan pengembang rumah jika memiliki sertifikat, izin yang legal, dan melihat rekam jejaknya agar nggak terjebak penipuan properti.

Pilih KPR terbaikmu

Beberapa bank menawarkan fasilitas Kredit Perumahan Rakyat (KPR) untuk mewujudkan impianmu membeli rumah. Biasanya program durasi cicilan yang diberikan lumayan panjang, mulai dari 20-30 tahun yang diberikan untuk Sahabat Dream berusia muda dan memiliki pemasukan menengah. Pilih tenor yang paling maksimal sehingga cicilan akan lebih ringan dan peluang mendapatka KPR yang lebih besar pun terbuka lebar.

Kamu bisa menjatuhkan pilihan pada KPR iB FIX CIMB Niaga, yang cocok dijadikan solusi ideal memiliki hunian idaman. Pembiayaan yang sesuai prinsip syariah dengan akad Murabahah ini punya banyak keuntungan yang bisa diperoleh nasabah. Mulai dari sesuai dengan prinsip syariah dan bebas riba, angsuran tetap selama jangka waktu pembiayaan, margin yang nggak terpengaruh kondisi pasar, hingga jangka waktu sampai 15 tahun.

Banyaknya kelebihan ini pun membuatmu lebih mudah mengatur cash flow keuangan di masa depan, menarik kan? Yuk, cek informasi selengkapnya di sini.

Terkait
Join Dream.co.id