Bukan Malas-malasan, Ini 5 Tips Tetap Semangat Kerja di Musim Hujan

Dinar | Minggu, 3 November 2019 14:01
Bukan Malas-malasan, Ini 5 Tips Tetap Semangat Kerja di Musim Hujan

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Musim hujan bukanlah penghalang untuk produktivitas kerjamu, Sahabat Dream.

Dream Musim penghujan akan segera menyapa. Dinginnya cuaca serta jalanan yang becek tak jarang mempengaruhi niat untuk beraktivitas. Terlebih lagi saat harus berangkat kerja di saat turun hujan. 

Cuaca yang dingin di musim hujan sering membuat orang menjadi malas-malasan. Di sisi lain, hujan juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan tubuhmu, misalnya gampang terserang flu. Ujung-ujungnya, produktivitas kerja berkurang.

Agar bisa tetap produktif saat berkerja, ada lima tips yang bisa kamu lakukan saat harus bekerja di saat musim hujan.

Hal pertama yang mesti dilakukan adalah menyediakan vitamin dan minum secara rutin. Jangan lupa juga makan buah-buahan yang kaya vitamin. Vitamin akan membuat kekebalan tubuhmu meningkat terhadap cuaca yang dingin.

Kedua, jangan lupa untuk meninggalkan olahraga. Kamu bisa melakukan sit up, push up, dan skipping. Kegiatan ini bagus untuk memperlancar aliran darah dan menjaga pasokan oksigen dalam darah.

Selanjutnya, membawa perlengkapan saat musim hujan. Jangan lupa memasukkan jas hujan atau payung ke dalam tas untuk berjaga-jaga saat turun hujan. Pastikan kamu memakai jaket atau sweater agar tidak kedinginan di kantor dan selama perjalanan pulang.

2 dari 5 halaman

Dua Tips Lain yang Lebih Menyenangkan

Keempat, perbanyak konsumsi air putih dan makanan sehat. Air putih dan makanan sehat bagus untuk tubuh. Kamu bisa tetap produktif kalau badan sehat.

 Dua Tips Lain yang Lebih Menyenangkan

Kelima, tidurlah yang cukup. Tidurlah selama 7-8 jam sehari. Waktu tidur yang cukup bisa membantumu mendapatkan mood yang baik. Selain itu, daya tahan tubuh, kreativitas, metabolisme, dan peredaran darah akan meningkat. 

3 dari 5 halaman

Tetap Produktif, Ini Tips Bekerja di Luar Saat Cuaca Panas

Dream – Belakangan ini, suhu panas melanda sejumlah daerah. Suhu panas ini berdampak langsung bagi Sahabat Dream yang bekerja di lapangan atau harus sering-sering keluar kantor.

Selain menurunkan produktivitas, cuaca panas juga bisa membuat seorang karyawan dehidrasi.

Dikutip dari CekAja, Rabu 23 Oktober 2019, ada enam tips yang bisa kamu ikuti agar tubuhmu tak kekurangan cairan dan produktivitas kerja tetap terjaga.

 

 Tetap Produktif, Ini Tips Bekerja di Luar Saat Cuaca Panas

 

Pertama, menambah porsi minum air putih. Saat matahari terik-teriknya, pilihan minuman yang terbaik bagi tubuh adalah air putih. Minuman ini akan menggantikan cairan tubuh yang terbuang melalui keringat.

Normalnya, seseorang minum air 8 gelas per hari. Saat cuaca panas, setidaknya kamu minum 10-13 liter per hari.

Ke dua, minum sebelum haus. Jangan pernah menunda minum air putih kapan pun kamu punya kesempatan. Tujuannya untuk menghindari dehidrasi. Jangan sampai menunggu kerongkongan kering.

Aktivitas yang padat memang membuat kamu seringkali lupa untuk minum air putih. Untuk menghindari hal tersebut, manfaatkan aplikasi atau fitur alarm di ponsel sebagai pengingat waktu minum air putih.

4 dari 5 halaman

Jangan Salah Kostum

Jangan Paksakan Tubuh

Ke tiga, jangan memaksakan tubuh beraktivitas di bawah terik matahari saat tubuhmu sedang tidak sehat. Perlu diperhatikan, cuaca panas memicu berbagai penyakit timbul.

Jangan lupa memeriksakan kondisi tubuh jika punya riwayat penyakit seperti kardiovaskular, diabetes, dan penyakit kronis lainnya. Konsultasikan juga ketahanan tubuh terhadap panas jika kamu mengkonsumsi obat-obatan khusus.

 Jangan Salah Kostum

Jangan Salah Kostum

Ke empat, pakailah pakaian yang tepat. pakaian dan celana dengan bahan yang nyaman untuk digunakan beraktivitas di bawah sinar matahari. Hindari juga warna-warna gelap yang menyerap panas.

Jangan lupa untuk kenakan aksesori tambahan jika dibutuhkan seperti topi, kacamata hitam, payung, dan tabir surya agar kulit tetap lembab.

5 dari 5 halaman

Konsumsi Buah

Konsumsi Buah-buahan

Ke lima, konsumsilah buah-buahan. Di tengah cuaca panas, sangat dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi. Misalnya, semangka dan belimbing.

Selain memberi variasi dari upaya mencegah dehidrasi lewat air putih, memakan buah-buahan bisa menambah asupan kalori yang menyumbang energi untuk mendukung aktivitas sepanjang hari.

 

 Konsumsi Buah

Cek Warna Urine

Ke enam, sering-sering mengecek warna urine. Meminum banyak air putih atau buah-buahan dengan kandungan air tinggi otomatis akan meningkatkan frekuensi buang air kecil kamu. Manfaatkan momentum di toilet tersebut untuk mengecek warna air seni alias urine kamu untuk memastikan kebutuhan cairan tercukupi atau tidak.

Jika warnanya jernih, tandanya kebutuhan cairan kamu tercukupi dengan baik. Sebaliknya, bila urin berwarna kuning pekat, kamu harus menambah asupan cairan saat itu juga.

4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian
Join Dream.co.id